Cara Menentukan & Membandingkan Kepadatan Populasi | Matematika Kelas 5

cara menentukan kepadatan populasi | matematika kelas 5

Setelah membaca koran tentang jumlah penduduk, Bunda Anisa bertanya kepada Dafa bagaimana cara menentukan provinsi yang penduduknya paling padat menggunakan kepadatan populasi. Penasaran? Yuk, baca artikelnya!

Di sore hari yang agak mendung, Dafa dan Bunda Anisa menghabiskan waktu bersama di ruang tamu. Dafa sedang belajar matematika, sementara Bunda Anisa sedang membaca koran.

Hmm, jumlah penduduk Indonesia naik lagi nih, terutama di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” gumam Bunda Anisa tiba-tiba.

Dafa langsung menengok ke arah bundanya. “Wah, berarti 3 provinsi itu penduduknya makin padat dong, Bun.”

“Iya. Tapi menurut Dafa, dari ketiga provinsi ini, provinsi mana yang paling padat, ya?” tanya Bunda Anisa sambil menunjukkan gambar data jumlah penduduk dari 3 provinsi itu.

kepadatan provinsi di Indonesia

“Dafa tau, Bun! Dafa baru aja selesai belajar ini! Untuk tau provinsi mana yang penduduknya paling padat, kita harus membandingkan kepadatan populasinya. Nah, untuk bisa membandingkannya, kita harus menentukan dulu kepadatan populasi masing-masing provinsinya,” jelas Dafa.

Kepadatan populasi?”

“Iya, Bunda! Kepadatan populasi adalah jumlah populasi atau jumlah orang yang tinggal per 1 km2-nya.”

“Tapi, gimana kita bisa tau kepadatan populasinya? Di peta itu kan jumlah penduduk dan luas wilayahnya sangat besar,  ya….”

“Tenang aja Bunda, kita tetap bisa menentukan kepadatan populasinya kok! Cara menentukan kepadatan populasi itu, kita tinggal membagi jumlah penduduk dengan luas wilayah di tiap provinsinya, seperti ini!” jelas Dafa sambil menunjukkan catatannya.

Baca Juga: Mengenal Pengukuran per Kuantitas Unit, Yuk!

kepadatan populasi

Nah, dapet deh Bun! Jadi, masing-masing kepadatan populasi di tiap provinsinya adalah Jawa Barat 1.362 orang/km2, Jawa Tengah 1.113 orang/km2 dan Jawa Timur 837 orang/km2,” lanjut Dafa menjelaskan.

“Wah! Dafa bener! Karena udah dapet kepadatan populasinya, berarti sekarang tinggal membandingkan masing-masing kepadatan populasi yang sudah dicari sebelumnya, ya?”

“Iya, Bunda. Caranya seperti ini!”

membandingkan kepadatan populasi

“Jadi, provinsi dengan penduduk paling padat adalah Jawa Barat, Bun,” simpul Dafa.

Wah, ternyata Dafa udah paham ya apa itu kepadatan populasi, cara menentukan kepadatan populasi, dan cara membandingkan kepadatan populasi. Hebat!” ujar Bunda Anisa dengan nada bangga.

Dafa tersenyum kecil. “Hehehe, kalo gitu aku belajar lagi ya, Bunda!”

Wah, seru ya belajar menentukan kepadatan populasi bareng Dafa dan Bunda Anisa! Biar tambah seru, yuk kerjakan soal di bawah ini dan tulis jawabanmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: Ini Dia Cara Menentukan Nilai Rata-Rata!

latihan soal membadingkan kepadatan populasi

Caranya mudah kan menentukan kepadatan populasi? Nah, selain materi ini, masih banyak loh materi yang bisa kamu pelajari dengan teman-teman lain! Daripada penasaran, ikuti Petualangan Dafa & Lulu di ruangbelajar, ya! Di sana, kamu bisa belajar sambil berpetualang seru. Jadi, belajar terasa makin asyik!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

Materi oleh: Eka Sobiatin

Disunting oleh: Usu Sri Malati

 

Erin Dharma Damayanti