Cara Menentukan Nilai Bilangan Bulat Besar | Matematika Kelas 4

cara-menentukan-nilai-bilangan-bulat-cara-contoh-soal

Kak Alya memberi tebak-tebakan ke Lulu tentang cara menentukan nilai bilangan bulat besar menggunakan tabel nilai tempat. Kira-kira, Lulu bisa menjawabnya gak, ya? Yuk, kita simak di artikel Matematika kelas 4 berikut!

--

Sore itu, Kak Alya yang baru pulang dari latihan basket sedang bersantai sambil menonton TV. Kemudian, Lulu datang menghampirinya.

“Kak, aku bosen, nih,” ujar Lulu dengan nada manja.

“Aduh, kakak lagi nonton!” jawab Kak Alya.

“Kak, kita main tebak-tebakan, yuk!” bujuk Lulu.

Kak Alya yang mulai terbujuk berhenti menonton TV. “Ya sudah, ayo!” 

“Coba Kak Alya yang kasih tebak-tebakannya, aku pasti bisa jawab!”

Oke! Dengerin baik-baik, ya. Aku adalah suatu bilangan bulat besar. Aku terdiri dari 20 kumpulan 1 triliun dan 2.500 kumpulan 100 juta. Berapakah nilai aku?” 

“Waduh, berapa, ya? 250 triliun bukan?” Lulu bingung.

“Jawabannya masih kurang tepat, Lu!”

“Yah. Cara jawabnya gimana sih, Kak?”

“Untuk menentukan nilai bilangan bulat besar, kita bisa menggunakan tabel nilai tempat.

contoh-soal-menentukan-nilai-bilangan-bulat

Baca Juga: Bilangan Bulat Itu Apa, Sih? Yuk, Cari Tahu!

“Ah, jadi 20 kumpulan 1 triliun dan 2.500 kumpulan 100 juta adalah 20.250.000.000.000, ya!” ucap Lulu. 

“Iya, bener sekali! Oh iya, selain untuk menentukan nilai dari kumpulan bilangan seperti tadi, tabel nilai tempat juga bisa membantu kita untuk menentukan nilai 10 kali, 100 kali, bahkan 1.000 kali, ataupun nilai 1/10 dari suatu bilangan bulat besar, loh!”

“Wah, gimana caranya?”

Gini, pada tabel nilai tempat, nilai yang berada di sebelah kiri bernilai 10 kali lebih besar dari nilai di sebelah kanannya. Sehingga, kalau suatu bilangan kita kalikan dengan 10, nilai tempatnya akan naik satu tingkat lebih besar atau angka-angkanya bergeser 1 kali ke kiri,” jelas Kak Alya. 

“Oh, gitu. Terus, kalau dikalikan dengan 1/10 gimana, Kak?” 

“Nah, sebaliknya kalau suatu bilangan kita kalikan dengan 1/10, nilai tempatnya akan turun satu tingkat lebih kecil atau angka-angkanya bergeser 1 kali ke kanan,” lanjut Kak Alya.

Baca Juga: Jangan Lupa Belajar Bilangan Cacah Besar & Contohnya, Ya!

Ah, jadi banyaknya pergeseran angka ini bergantung pada banyaknya angka 0 di bilangan pengalinya, sementara arah pergeseran kiri atau kanan bergantung pada bentuk bilangan pengalinya, ya,” Lulu menyimpulkan.

“Iya! Kakak punya contohnya, nih. Coba kamu liat, deh!” ujar Kak Alya.

contoh-menentukan-nilai-bilangan-bulat-cara-soal

 

“Wah, iya ya! Semakin besar pengalinya, maka semakin besar juga nilai bilangan besarnya dan sebaliknya!”

“Nah, berarti sekarang kamu udah tau cara menentukan bilangan bulat besar dari sekumpulan bilangan dan menentukan nilai 10 kali, 100 kali, 1.000 kali, dan 1/10 dari bilangan bulat besar menggunakan tabel nilai tempat!” ujar Kak Alya bangga.

“Sekarang, aku yang kasih tebak-tebakan untuk kamu di rumah. Lihat soalnya baik-baik, ya!” ucap Lulu.

contoh-soal-menentukan-nilai-bilangan-bulat-cara

Baca Juga: Bingung Cara Mengurutkan Pecahan Biasa dan Campuran? Ini Caranya!

Itulah cerita kehidupan Lulu bersama Kakaknya. Kalau kalian penasaran dengan cerita kehidupan Dafa dan teman-teman lainnya, kalian bisa menonton kehidupan mereka di ruangbelajar. Yuk, kita belajar bersama Dafa, Lulu dan teman-temannya!

New call-to-action

Materi oleh: Hana Wibawanty

Disunting oleh: Agung Aksara

Profile

Salsabila Perdita Putri