Ini Dia Cara Menentukan Nilai Rata-Rata! | Matematika Kelas 5

cara mencari nilai rata-rata dan contohnya

Kali ini, Bona dan Cika akan menyiapkan 4 jus jeruk dengan takaran yang sama menggunakan nilai rata-rata. Penasaran? Yuk, ikuti ceritanya!

--

Siang itu, matahari bersinar dengan terik. Bona yang sedang belajar di dalam rumah bersama Cika, Dafa, dan Lulu, mengipasi wajahnya dengan buku karena gerah.

“Aduh, cuacanya panas banget! Cika, ambil minuman dingin, yuk!” kata Bona sambil beranjak dari tempatnya.

“Ayo!” sahut Cika, menyusul Bona.

Bona membuka kulkas dan mengambil 4 kotak isi jus jeruk. Kemudian, ia meletakkannya di atas meja makan.

Cika yang memperhatikannya langsung menyadari sesuatu. “Bon, kok 4 kotak jus jeruk ini isinya beda-beda?” 

Isinya gak sama karena volumenya berbeda. Berarti isi 4 kotak jus jeruk dengan volume yang berbeda ini harus dibagi menjadi 4 kotak jus jeruk dengan volume yang sama. Supaya pas untuk empat orang.”

contoh ilustrasi nilai rata-rata

“Tapi, gimana caranya mengetahui berapa volume untuk setiap kotak itu supaya isinya sama banyak?” tanya Cika bingung.

Hm, sebentar ya.” Bona mengambil tablet-nya di ruang tamu dan kembali ke samping Cika.

Baca juga: Ini Dia Cara Menentukan Nilai Tempat Bilangan Bulat & Bilangan Desimal!

Ia segera mencari informasi dari tablet-nya lalu berseru. “Ketemu! Ternyata kita bisa dapetin volume jus jeruk yang sama di setiap kotak, dengan merata-rata,” lanjutnya.

Merata-rata?”

“Jadi gini, tadi kan kita mau mengetahui ukuran volume setiap kotak agar volumenya sama. Nah, proses untuk membuat pengukuran dari ukuran yang berbeda menjadi pengukuran baru dengan ukuran yang sama disebut merata-rata. Hasil dari merata-rata itu bisa disebut sebagai nilai rata-rata,” jelas Bona.

“Oh, gitu ya! Terus cara menentukan nilai rata-rata itu gimana?”

Kayak gini!” Bona menunjukan layar tablet-nya pada Cika.

cara mencari nilai rata-rata

Wah! Jadi, volume jus jeruk dalam setiap kotak agar isinya sama adalah 400 ml, ya,” simpul Cika.

“Betul! Sekarang kita tuang jusnya, ya.”

Bona dan Cika membagi jus jeruk menjadi 4 kotak sama banyak sesuai dengan cara yang sudah mereka pelajari.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjumlahkan Pecahan dengan Metode KPK?

Oh iya, hasil rata-rata tadi kan bentuknya bilangan bulat. Nah, apa rata-rata itu emang harus selalu bilangan bulat?” tanya Cika ketika mereka sudah selesai menuang jus jeruknya.

Enggak kok, hasilnya juga bisa dalam bilangan desimal. Bahkan kalau ada sesuatu, misalnya benda, yang jumlahnya gak mungkin untuk dinyatakan dengan bilangan desimal, nilai rata-ratanya juga bisa dihitung. Contohnya seperti ini!” jawab Bona sambil menunjukkan layar tablet-nya.

contoh soal mencari nilai rata-rata

Oh, bener juga! Jumlah buku itu kan sebenarnya gak mungkin dinyatakan dalam bentuk desimal, tapi tetap bisa dicari rata-ratanya,” ujar Cika.

“Nah, karena kita udah paham apa itu nilai rata-rata dan cara menentukan nilai rata-rata, kita bawa jus jeruknya ke depan dan lanjut belajar lagi, yuk! Kasian Dafa sama Lulu nungguin dari tadi,” kata Bona sambil membawa 4 kotak jus jeruk dengan nampan.

“Oke!” sahut Cika.

Mereka pun kembali melanjutkan kegiatan belajarnya.

Wah, seru ya belajar menentukan nilai rata-rata bareng Bona dan Cika? Sekarang kerjakan soal ini, yuk! Jangan lupa tulis jawabanmu di kolom komentar!

Made berlari sebanyak 40 total putaran selama 5 minggu dan menempuh jumlah putaran yang sama setiap minggunya. Berapa banyak putaran yang dilalui Made setiap minggu?

Tentunya masih banyak loh materi kelas 5 yang bisa kamu pelajari dengan teman-teman lain! Daripada penasaran, ikuti Petualangan Dafa & Lulu di ruangbelajar, ya!

New call-to-action

Materi oleh: Eka Sobiatin

Disunting oleh: Usu Sri Malati

Profile

Erin Dharma Damayanti

Hai, Erin di sini! Selain senang jalan-jalan dan membaca komik, aku juga senang menulis. Baca tulisanku yang lain ya!