10 Cara Mengajari Anak Mengaji Agar Tidak Mudah Bosan

Cara Mengajari Anak Mengaji

Bagaimana cara mengajari anak mengaji agar mereka tidak mudah bosan dan cepat paham? Mari simak beberapa tipsnya berikut ini!

Sebagai umat muslim, mengajari anak beribadah merupakan suatu kewajiban. Bukan hanya belajar sholat wajib dan sunnah, tapi anak-anak juga harus belajar mengaji dan memaknai masing-masing ayat yang Ia baca. Namun, mengajarkan hal baru kepada anak selalu mempunyai tantangan tersendiri bagi orang tua, termasuk dalam mengajarkan mengaji.

Nah, agar belajar mengaji menjadi kegiatan menyenangkan dan tidak membuat anak bosan. Anda perlu mengkreasikan cara dan media dalam pengajarannya. Yuk, coba beberapa tips berikut agar anak tidak bosan ketika belajar mengaji. 

 

1. Mendengarkan Lantunan Al-Quran

Kalau anak Anda belum bisa membaca Al-Quran dengan lancar, maka Anda bisa membantu dengan menyetel murottal atau mendengarkan lantunan Al-Quran. Ini dapat juga Anda lakukan dengan menggunakan beberapa media seperti video streaming, aplikasi, atau Al-Quran elektronik. 

Cara mengajari anak mengaji

(Sumber: Umma.id)

Saat anak terbiasa mendengarkan lantunan Al-Quran, Ia punya kecenderungan dalam hal meniru serta mengulanginya. Tanpa disadari, lantunan Al-Quran tersebut akan terekam di daya pikir anak dan lambat laun Ia bisa menghafalnya. Mengajak anak ke tadarus Al-Quran untuk mendengarkan serta menyimak langsung, juga bisa Anda coba dalam menerapkan cara ini. 

 

2. Menggunakan Timer

Agar anak belajar mengaji lebih seru, Anda bisa juga menggunakan timer sebagai alat bantu. Anda bisa menyiapkan timer dan mulai hitungan mundur bersamaan dengan anak mengaji. Cara ini bisa membuat anak menjadi lebih mahir dan pelajarannya juga jadi lebih menyenangkan loh. 

 

3. Membaca Berantai

Mengajari anak mengaji agar tidak bosan juga bisa dilakukan dengan Anda ikut mengaji. Jadi, cobalah cara mengaji berantai atau sambung-menyambung. Tidak hanya mengaji, cara ini juga bisa digunakan sebagai media untuk mengajak anak menghafal surat-surat, sehingga Ia dapat dengan cepat mengingat surat atau ayat Al-Quran. 

Baca Juga: 12 Cara Mengajari Anak Membaca yang Mudah dan Menyenangkan

Anda bisa memulai dengan membaca surat terlebih dahulu. Cukup baca beberapa ayat dan minta anak untuk menyambungnya, dan lanjutkan lagi oleh Anda. Belajar mengaji dengan cara ini juga bisa mendekatkan Anda dengan anak, serta melatih kekompakan keluarga. 

 

4. Menggunakan Media Lain

Tips mengajari anak mengaji

(Sumber: Indihome.co.id)

Mengajarkan anak mengaji tidak selalu harus dengan menggunakan buku iqra atau Al-Quran. Namun, Anda bisa mencoba media lain yang membuat anak lebih tertarik. Misalnya, Anda bisa memutar surat-surat Al-Quran melalui video youtube atau podcast sembari membaca Al-Quran. Cara ini bisa membantu anak melatih pelafalan dan pengucapannya.

 

5. Membuat Kuis Tebak Huruf

Cara yang satu ini dijamin membuat anak betah dan bersemangat belajar mengaji. Cobalah membuat kuis seru-seruan dengan anak yang temanya seputar Al-Quran. Pertama Anda bisa memulai kuis mengacak huruf hijaiyah, lalu minta anak untuk mengurutkannya. Selanjutnya, coba untuk mengajak anak menebak pelafalan huruf hijaiyah tersebut. Permainan ini dapat Anda kemas dengan berbagai bentuk, seperti buku kliping atau kartu.

 

6. Menghargai Usaha Anak

Menghargai usaha anak dalam proses belajar mengaji menjadi bagian terpenting, sebab ini bisa membuat anak lebih termotivasi dan mau belajar lagi. Anda bisa juga memberikan penghargaan kecil-kecilan, seperti ucapan semangat dan terima kasih, serta bisa juga dengan cara memberikan makanan favorit anak Anda. Cara ini membuat anak merasa dihargai dan semangat untuk terus belajar. 

Baca Juga: Mari Terapkan 23 Cara Mengajari Anak Berbicara yang Baik dan Benar!

 

Cara Mengajari Anak Mengaji Iqro

Sebelum bisa membaca Al-Quran, anak-anak umumnya mulai belajar membaca iqra terlebih dahulu. Mengajari anak membaca iqra dapat Anda lakukan dengan cara berikut: 

 

7. Mengenalkan Huruf Hijaiyah dengan Menyenangkan

Anda bisa mengenalkan anak dengan huruf hijaiyah dengan cara-cara menyenangkan. Misalnya, dengan menggunakan gambar-gambar hijaiyah yang berwarna. Lalu, menempelkannya di dinding kamar atau ruang bermain, sehingga anak mudah mempelajarinya. 

 

8. Gunakan Istilah yang Unik Saat Belajar

Istilah unik yang bisa Anda gunakan di sini maksudnya adalah dengan mengganti bunyi huruf hijaiyah dengan kata benda atau kata kerja. Contohnya, huruf ba menjadi balon, huruf ta menjadi tali. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan perumpamaan sesuai deskripsi, misalnya huruf jim yang mirip dengan perut gendut. Dengan menggunakan istilah atau kata ganti pada setiap huruf ini bisa membantu anak lebih fokus dan mudah mengingat. Jika saat belajar mengaji anak lupa dengan huruf tersebut, maka Anda bisa mengingatkannya dengan istilah atau kata gantinya.

 

9. Ulangi Huruf Hijaiyah Setiap Hari

cara mengajari anak mengaji iqro

(Sumber: Jd.id)

Umumnya anak-anak perlu belajar sesuatu secara berulang. Oleh karena itu, Anda perlu mengulangi setiap huruf hijaiyah agar anak dapat membacanya dengan lancar. Anda bisa membuat jadwal khusus belajar iqra atau siasati waktu bermain anak untuk membaca huruf hijaiyah. 

Baca Juga: Cara Mengajari Anak Menulis dengan Cepat dan Mudah, Simak 10 Tipsnya!

 

10. Memanfaatkan Teknologi untuk Belajar Mengaji

Anda bisa menggunakan gadget sebagai media mengajarkan anak membaca iqra. Contohnya, dengan mengunduh aplikasi iqro digital yang mempunyai beragam ilustrasi, sehingga anak dapat belajar mengaji iqra dengan menyenangkan. Selain itu, kini juga sudah banyak sekali video edukasi di internet tentang huruf-huruf hijaiyah, yang disertai dengan ilustrasi serta music yang disukai anak-anak.

Jadi, itulah beragam tips atau cara mengajari anak belajar mengaji agar tidak bosan serta cara-cara belajar mengaji iqra. Selain memaksimalkan pendidikan agama, jangan lupa maksimalkan juga kemampuan akademiknya melalui Kursus Ruangguru for Kids. Kursus online ini bisa mengasah kemampuan membaca, menulis, berhitung, bahasa Inggris, bahkan sains pada anak-anak loh

Nah, tunggu apalagi? Yuk, coba trial class nya sekarang juga!

CTA IDN Blog Kursus Ruangguru

Referensi: 

Putri, A. (2022), ‘5 Cara Mudah Mengajarkan Anak Mengaji Iqra’, Popmama.com, 06 April 2022 [daring] Available at: https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/amelia-putri/cara-mengajarkan-anak-mengaji-iqro/5

Fiona, D. (2021), ‘8 Cara Mengajar Anak Mengaji Agar Tidak Bosan dan Lebih Seru’, Orami.co.id, 21 Juli 2021 [daring] Available at: https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengajar-anak-mengaji-agar-tidak-bosan

Ruangmom. (2022), ‘7 Cara Mengajar Anak Mengaji Agar Tidak Bosan dan Lebih Seru’, Ruangmom.com, 05 Juli 2022 [daring] Available at: https://www.ruangmom.com/cara-mengajar-anak-mengaji-agar-tidak-bosan.html

Ary, T. ‘4 Cara Belajar Mengaji yang Aman untuk Anak-anak Kita’, Id.theasianparent.com, [daring] Available at: https://id.theasianparent.com/mengajarkan-anak-mengaji

Sumber Gambar: 

Anak sedang Membaca Al-Quran [daring]. Available at: https://umma.id/article/share/id/1003/321058

Anak Belajar Mengaji dengan Aplikasi [daring]. Available at: https://indihome.co.id/blog/cara-belajar-membaca-al-quran-dan-keutamaan-baca-quran

Mengajari Anak Membaca Iqro [daring]. Available at: https://www.jd.id/news/insight/hobi-dan-gaya-hidup/belajar-ngaji-iqro-ini-cara-yang-cepat-dan-efektif-untuk-anak/

 

Nurul Habibah