9 Cara Mengenali Minat dan Bakat Sebelum Memilih Jurusan Kuliah

Pojok Kampus - Cara mengenali minat bakat sebelum pilih jurusan-01

Mengenal minat dan bakat kamu sebelum memilih jurusan kuliah sangat penting, lho! Yuk, cari tahu cara mengenalinya dengan membaca artikel berikut!

Seberapa penting sih mengetahui minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah? Penting banget! Banyak lho mahasiswa yang sudah masuk ke jurusan pilihannya, tapi malah menyesal karena merasa jurusan kuliah yang dipilih ternyata tidak sesuai dengan minat dan bakatnya.

Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat bakat akan membuatmu lebih bersemangat dan menikmati proses. Sehingga hasil yang dicapai pun akan lebih optimal daripada kamu memilih jurusan hanya karena terpaksa atau ikut-ikutan teman.

Emang gimana sih, cara mengetahui minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah? Simak 9 cara berikut, ya!

 

1. Ikut tes minat bakat

Ikut tes minat dan kemampuan di aplikasi Ruangguru akan mempermudah kamu dalam menentukan jurusan. Caranya pun gampang banget dan kamu bisa langsung melihat hasilnya.

Coba tes minat bakat di UTBK Center sekarang. Gimana caranya?

  1. Klik UTBK Center
  2. Pilih Tes Minat dan Bakat
  3. Pilih Tes Minat Kemampuan Umum

tes minat dan bakatCara akses tes minat dan kemampuan (kiri) dan hasilnya (kanan)

Tes minat bakat ini akan terdiri dari dua bagian, yaitu tes minat dan tes bakat. Tes minat akan dibagi ke dalam tiga bagian pertanyaan, yaitu aktivitas kesukaan, aktivitas dengan kemampuan, dan profesi yang kamu sukai. Hasil tes minat akan memperlihatkan ketertarikan kamu pada kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan minat kamu.

Sementara itu, tes bakat akan terdiri dari lima bagian pertanyaan, yaitu penalaran deduktif, induktif, aritmatika, spasial, dan reasoning. Hasil dari tes bakat akan memperlihatkan penjelasan setiap subtes penalaran yang telah kamu isi beserta 10 rekomendasi jurusan sesuai dengan hasil tes minat dan bakat kamu.

 

2. Punya hobi? Coba ketahui hobimu dengan baik

Apa sih hobi yang paling sering kamu lakukan dan paling bikin kamu happy? Jangan anggap hobi kamu ini sebagai hal yang sepele ya. Hobi bisa menjadi salah satu petunjuk mengenai apa minat dan bakat kamu sebetulnya. Misalnya, hobi kamu menulis atau menggambar. Nah, kamu bisa mencari tahu jurusan apa yang sesuai dengan hobi kamu ini.

 

3. Cari tahu apa yang paling kamu sukai

Mungkin nggak mudah bagi kamu untuk menentukan satu hal yang benar-benar kamu sukai. Adakalanya kamu menyukai beberapa hal sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Nah, jika kamu merasa begitu, cobalah untuk menyaring dan menemukan beberapa hal yang paling kamu sukai dan ingin lakukan setiap saat. Cara ini bisa membantu kamu dalam menemukan bakat terpendam yang ada di dalam dirimu.

minat dan bakat menggambar

Seseorang yang hobi menggambar (Sumber: thesprucecrafts.com)

 

4. Tulis semua hal yang kamu sukai

Setelah mengetahui beberapa hal yang paling kamu sukai, tuangkan minat kamu ini ke dalam tulisan. Dengan menuliskannya, kamu bisa lebih mudah mengenali dan memilih mana minat yang paling sesuai dengan dirimu.

Apa sih sebetulnya minat itu? Minat adalah dorongan atau keinginan yang ada diri seseorang terhadap objek tertentu. Minat ini biasanya timbul karena kamu memliki kemampuan yang dapat diaplikasikan di bidang tertentu. Misalnya kamu suka berbicara dengan orang lain atau bekerja bersama tim, maka kamu akan cocok untuk mengambil jurusan seperti Komunikasi, Public Relation, dan sebagainya.

 

5. Cari tahu sesuatu yang ingin kamu lakukan tapi belum terlaksana

Selain mengetahui minat atau hobi yang disukai, kamu juga bisa mengingat kembali hal-hal baru atau aktivitas apa saja yang sangat ingin kamu lakukan, namun belum terlaksana selama ini karena halangan tertentu. Bisa jadi aktivitas tersebut merupakan bakat tersembunyi yang selama ini belum muncul karena kurang motivasi atau keadaan lingkungan yang belum memungkinkan. Terkadang sesuatu yang menjadi tantangan bagi diri sendiri bisa menjadi bakat yang terpendam, lho.

Cari tahu apa yang ingin kamu lakukan

Cari tahu apa yang ingin kamu lakukan (Sumber: forbes.com)

 

6. Amati caramu menyelesaikan aktivitas sehari-hari

Cara lain untuk menemukan minat dan bakat adalah dengan mengamati aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan selama ini. Kira-kira seberapa cepat dan nyaman kamu menyelesaikannya? Pada dasarnya, bakat adalah kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif cepat dibandingkan dengan orang lain, namun dengan hasil yang justru lebih baik.

Nah, jika ada aktivitas yang bisa kamu lakukan lebih baik dari orang lain, berarti memang itu adalah potensi bakat dirimu yang akan membuatmu merasa lebih nyaman saat melakukannya.

Contohnya, kamu menjadi orang yang selalu diandalkan di rumah untuk membetulkan sesuatu atau paling jago dalam menemukan resep-resep masakan baru. Ini bisa menjadi arahan atas bakat yang ada di dalam dirimu.

 

7. Gali passion dari rasa iri

Rasa iri tidak selalu buruk kok. Seorang Certified Career and Life Coach, Allison Tash mengatakan bahwa dirinya kadang mengidentifikasi rasa cemburu kliennya pada seseorang untuk menemukan passion atau apa yang mereka inginkan.

Allison juga mengusulkan untuk kita menemukan setidaknya tiga hingga lima orang yang membuat kita “iri”. Kemudian, gali lebih dalam untuk menemukan aspek apa dalam hidup mereka yang membuat kita juga ingin meraihnya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Drama Korea Sesuai Pilihan Jurusan Kuliah Kamu

Eits, tapi kamu harus dapat membedakan ya antara iri yang membangun atau hanya iri yang ingin menjatuhkan. So, kendalikan rasa iri untuk menemukan passion.

mengetahui role model kita

Role model (Sumber: everymum.ie)

 

8. Siapa role model-mu?

Cobalah untuk menemukan setidaknya tiga orang role model atau panutan dalam hidupmu. Kemudian, pikirkan secara spesifik mengenai masing-masing hal dari mereka yang membuat kamu terinspirasi.

Misalnya, karena pencapaiannya, kecerdasannya, inovasi yang dibuatnya, atau yang lainnya. Hal ini akan membantu kamu mengetahui nilai-nilai atau kelebihan yang kamu miliki, yang nantinya juga akan menjadi bagian dari apa minat kamu sebenarnya.

 

9. Tanyakan pada orang terdekat

Kadang orang terdekat lebih mengetahui diri kita dibandingkan diri kita sendiri. Coba deh tanyakan, apa yang membuatmu spesial di mata mereka? Bisa itu kepada sahabat, ataupun keluarga.

Setelah itu, evaluasi apakah kelebihan kamu tersebut memang sudah ada sejak dulu pada kepribadianmu atau masih terus berkembang. Cocokkan dengan jawaban pada poin sebelumnya untuk mengetahui secara pasti apa minat dan bakatmu.

Tes minat bakat

Tes minat bakat (Sumber: inc.com)

Nah, itu tadi 9 cara mengenali minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah. Yuk, coba lakukan 9 cara tadi supaya kamu bisa mengenali minat dan bakatmu lebih dalam lagi! Kalau kamu mau coba tes minat dan kemampuan Ruangguru, langsung download aplikasinya sekarang ya!

Bimbel Ruangguru

Referensi:

Rohmatun, Meily. Sudah Setua Ini Belum Tahu Apa Bakatmu? Cari Jawabannya Lewat 6 Cara Sederhana Ini. 13 Juli 2017. hipwee.com [daring]. Tautan: https://www.hipwee.com/sukses/sudah-setua-ini-belum-tahu-apa-bakatmu-cari-jawabannya-lewat-6-cara-sederhana-ini/ (Diakses: 7 Januari 2021)

Sumber foto:

Foto Seseorang yang hobi menggambar [daring]. Tautan: https://www.thesprucecrafts.com/painting-faq-for-beginners-2578792 (Diakses: 7 Januari 2021)

Foto Cari tahu apa yang ingin kamu lakukan [daring]. Tautan: https://www.forbes.com/sites/alisonescalante/2020/08/18/want-to-be-more-innovative-at-work-scientists-say-to-try-daydreaming/?sh=27a1bf1553d0 (Diakses: 7 Januari 2021)

Foto Role model [daring]. Tautan: https://www.everymum.ie/my-family/home-life/how-to-be-a-good-role-model-for-your-kids/ (Diakses: 7 Januari 2021)

Foto tes minat bakat [daring]. Tautan: https://www.inc.com/the-muse/find-your-passion-today-with-these-14-questions.html (Diakses: 7 Januari 2021)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D