Cara Menghitung Luas dan Volume Tabung | Matematika Kelas 6

Leo Bisma Nov 23, 2021 • 6 min read


Cara Menghitung Luas dan Volume Tabung | Matematika Kelas 6

Di petualangan kali ini, Kanguru, Guntur, dan Ayahnya sedang berbelanja, namun harus menghitung jumlah barang yang dibeli dengan rumus bangun ruang tabung. Penasaran kisah lengkapnya? Yuk, baca ceritanya di bawah ini.

--

Minggu pagi ini, Guntur dan Kanguru sedang asik bermain game di ruang tamu. Kanguru memang sering kali mengunjungi Guntur untuk sekedar bermain bersama. Tiba-tiba, ayah Guntur datang menghampiri mereka.

“Guntur, Kanguru, yuk ikut Ayah berbelanja. Kita harus membeli beberapa kaleng cat anti bocor untuk memoles bagian dalam kolam ikan di luar rumah.”

Mendengar ajakan ayah, Guntur dan Kanguru mengiyakan. Kemudian, mereka bertiga berangkat menuju toko bangunan yang tak jauh dari rumah.

Di sana, mereka mencari rak bagian cat dan menemukan barang yang mereka cari.

"Kita mau beli berapa kaleng cat, Yah?" tanya Guntur.

"Hmm, berapa ya? Kalau dari yang ditulis di petunjuk kaleng cat ini, setiap 1 liter cat diperkirakan dapat digunakan untuk memoles bidang seluas 12 m2. Kira-kira, bisa nggak ya kita menghitung hal tersebut?"

Guntur dan Ayah membeli cat

Guntur lalu bergumam, “Hmmm, bagaimana, ya?” Ia menoleh ke arah Kanguru dengan raut wajah kebingungan.

Melihat ekspresi kebingungan Guntur, Kanguru langsung menjawab, “tentu saja bisa. Coba deh, kolam ikan di rumah kamu, bentuknya kayak apa, Tur?" 

"Mmm... bentuknya menyerupai tabung, Kanguru." jawab Guntur.

"Nah, kita bisa menghitung banyaknya jumlah kaleng cat dengan mencari tahu terlebih dahulu luas permukaan bangunnya. Karena kolam ikan berbentuk tabung, jadi, kita hitung saja menggunakan rumus luas permukaan tabung."

“Keren, gimana tuh cara menghitungnya?” tanya Guntur pada Kanguru.

Rumus luas permukaan tabung

“Untuk menghitung luas permukaan tabung, kita bisa menjumlahkan seluruh sisinya, yaitu Luas Selimut Tabung + Luas Alas Tabung + Luas Tutup Tabung. Atau rumusnya 2 x π x r x (r + t). Tapi karena yang akan kita cat adalah sebuah kolam ikan, sudah pasti tidak ada bagian sisi penutupnya. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan rumus Luas Permukaan Tabung tanpa Tutup, dengan menjumlahkan  Luas Selimut Tabung + Luas Alas Tabung atau rumusnya  (2 x π x r x t)  + (π  x r2).”

“Apakah Ayah ingat berapa panjang diameter serta kedalaman dari kolam ikan dirumah?”, tanya balik Kanguru.

“Ingat dong, diameternya sepanjang 5,6 m, yang berarti jari-jarinya sepanjang setengah dari diameter, yakni 2,8 m. Kemudian, kedalamannya, 1 m.” Jawab Ayah. 

“Oke Ayah, yuk Kanguru, kita coba hitung, ya!” Seru Guntur.

Baca juga: Latihan Soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD Kelas 6

Cara menghitung luas permukaan tabung

“Sudah ketemu ini jawabannya, total luas permukaan kolam ikan kita sebesar 42,24 m2.

“Benar sekali! Sekarang kita sudah tau berapa luas bidang yang harus kita cat. Nah, berdasarkan petunjuk dari kaleng catnya, bahwa kita bisa memoles bidang seluas 12 m2 dengan 1 liter cat. Perhitungannya berarti  42,24 m2/12 m2 = 3,52. Kita berarti memerlukan sebanyak 3,52 liter cat untuk memoles dinding bagian dalam dan dasar kolam ikan,” jelas Guntur. 

Kanguru pun menimpali, “karena kita butuh  3,52 liter, sementara setiap kaleng ternyata berisi 1 liter cat, maka  3,52 liter dibagi 1 liter, berarti kita membutuhkan 3,52 kaleng atau jika dibulatkan menjadi 4 kaleng cat”.

“Wah, pintar kalian. Oke, kalau begitu kita beli. Nanti Ayah minta bantuan Guntur dan Kanguru juga ya untuk memoles kolam ikannya dengan cat.”

“Boleh banget dong!”, balas Guntur dan Kanguru dengan kompak.

Sifat-sifat tabung

Baca juga: Cara Menghitung Luas dan Volume Limas 

Ketika sampai di rumah, Guntur bertanya, “kira-kira, kolam ikan seluas ini jika diisi hingga penuh, bisa menampung berapa banyak air ya, Ayah?”.

Sambil tersenyum, Ayah menjawab “wah, penasaran, ya? Bagaimana kalau Guntur dan Kanguru coba temukan bagaimana cara menghitungnya?” 

Guntur lalu mengangkat alis sambil sedikit merenung.

Rumus volume tabung

Seketika, Guntur menyaut, “betul juga! Kita bisa menghitung volume dari sebuah tabung dengan rumus π x r2 x t.  Benar begitu, bukan Kanguru?”.

Kanguru membalas dengan mantap, “betul sekali, Guntur!” 

“Yuk, kita hitung berapa liter air yang bisa ditampung kolam ikan ini, ya!” seru Guntur.

Baca juga: Volume dan Luas Permukaan Bola

Cara menghitung volume tabung

“Wah, banyak juga ya air yang bisa ditampung, kapasitas maksimalnya mencapai 24.640 liter!” Seru Guntur.

“Betul Guntur, Ayah juga jadi bangga melihat Guntur semangat mencari tahu dan memecahkan masalah yang ingin kamu temukan jawabannya, semangat terus belajarnya ya, Guntur”. Balas Ayah.

Nah, gimana nih, seru ya ternyata kalau kita bisa menemukan manfaat dari pelajaran matematika yang kita pelajari di sekolah, untuk memecahkan masalah yang kita hadapi di dunia nyata. 

Tentunya, masih banyak lho materi belajar lain seputar bangun ruang yang bisa kamu pelajari di ruangbelajar. Selain belajarnya menyenangkan, ada banyak latihan soal yang bisa kamu kerjakan untuk mengasah pemahamanmu terkait materi yang dipelajari. Yuk, belajar bareng di Ruangguru!

New Call-to-action

Profile

Leo Bisma

Suka nonton film, liat bulan kalau malam, dan membaca semua kecuali pikiran. Oh ya, suka menulis juga di Ruangguru

Beri Komentar