Contoh Expressing Appreciation dalam Percakapan | Bahasa Inggris Kelas 8

Bahasa Inggris_8.jpg

RG Squad, setiap orang yang yang telah melakukan kebaikan atau membantumu perlu diberi apresiasi, lho. Kenapa? Dengan memberikan apresiasi, mereka akan merasa senang dan akan bersedia membantumu lagi jika diperlukan. Nah, kamu perlu mengetahui cara mengekspresikan apresiasi (expressing appreciation) pada orang lain. Yuk, kita lihat sama-sama contohnya dalam percakapan sehari-hari!

Contoh I

John: You look sad. Do you want to talk about it? (Kamu terlihat murung. Kamu mau menceritakan hal apa yang membuatmu sedih?)

Nikki: I can’t find my phone. I forget where I put it. (Aku tidak bisa menemukan handphone-ku. Aku lupa menaruhnya di mana.)

John: I can help you find it. (Saya bisa bantu mencarinya.)

Nikki: Thank you for your willingness. You didn’t have to do it. (Terima kasih atas kesediaanmu. Kamu tidak perlu melakukannya)

John: Nah, that’s what friends are for. (Nah, itu gunanya teman.)

[10 minutes into the search..] [10 menit dalam pencarian…]

John: Here it is(Ini dia!)

Nikki: Oh my, John!  I cannot thank you enough(Oh, John! Aku tidak bisa cukup berterima kasih padamu.)

John: Don’t mention it(Bukan apa-apa.)

Nikki: No, really. I owe you big time(Serius, aku berhutang budi padamu.)

contoh expressing appreciation

Contoh II

Principle: First of all, I would like to express my deepest gratitude for coming to this meeting. Today, we will be talking about full-day school issue. (Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih yang mendalam karena sudah hadir ke rapat ini. Hari ini kita akan membahas isu tentang sekolah sehari penuh.)

Teacher 1: Despite its good attention, I think it would be too hard for our students. (Terlepas dari tujuan baiknya, menurut saya ini akan terlalu berat buat murid-murid kita.)

Teacher 2: I agree. Their age requires plenty time to play and socialize as well(Saya setuju. Usia mereka butuh banyak waktu untuk bermain dan sosialiasi juga.)

[The meeting continues for one hour.] [Rapat berlanjut selama satu jam.]

Principle: Okay, I have written everyone’s opinion. I truly appreciate your thoughts on this matter(Baiklah, saya sudah mencatat semua pendapat kalian. Saya sangat mengapresiasi pandangan kalian terhadap isu ini.)

Contoh III
[On the phone] [Percakapan di telepon]

Dad: Lisa, what time will you be back? (Lisa, jam berapa kamu akan pulang?)

Lisa: I think around 9. Thanks for asking. (Saya rasa sekitar pukul 9. Terima kasih sudah bertanya.)

Dad: Okay. I’ll be waiting with your dinner. (Baiklah. Ayah akan menunggu untuk makan malam denganmu.)

Lisa: Oh, Dad. Are there no limits to your kindness? Love you. (Oh, Ayah. Apa kebaikanmu tidak ada batasnya? Aku menyayangimu.)

Oke, RG Squad bisa menggunakan contoh percakapan di atas dalam kehidupan sehari-hari. Selain contoh di atas, kamu bisa menggunakan contoh expressing appreciation lainnya. Mau tahu apa saja? Pelajari bersama kakak tutor di Brain Academy yuk!

BA online - Brain Academy

Tedy Rizkha Heryansyah