Contoh Formal Letter (Surat Resmi) Bahasa Inggris | Bahasa Inggris Kelas 11

contoh formal letter

Surat resmi atau formal letter dibagi ke dalam beberapa jenis. Bagaimana contohnya? Yuk kita bahas selengkapnya di artikel Bahasa Inggris kelas 11 ini!

--

Halo gengs, kalian masih ingat nggak cara membuat formal letter atau surat resmi dalam Bahasa Inggris yang sudah kita bahas sebelumnya? Biasanya, formal letter digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan resmi seperti undangan, surat komplain, dan lain sebagainya. Formal letter bisa ditulis oleh individu maupun instansi. Yang membedakannya dengan surat lain adalah bahasa yang digunakan. Sesuai namanya, bahasa formal letter tentu menggunakan bahasa formal atau resmi. Tidak hanya itu, formal letter biasanya juga disertai dengan kop surat atau letterhead apabila surat tersebut dikirimkan oleh perusahaan.

Nah, di kelas 11 ini, kamu udah harus bisa gengs untuk menulis formal letter dalam Bahasa Inggris. Maka dari itu, dalam artikel kali ini, kita akan fokus ngomongin contoh-contoh formal letter dalam berbagai jenis. Enough with the chit chat, yuk langsung kita bahas selengkapnya!

Baca Juga: Contoh Personal Letter Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya

 

Contoh Formal Letter (Surat Resmi) Berdasarkan Jenisnya

Sebelum masuk ke contoh formal letter, kita harus tau dulu nih, jenis-jenis formal letter ada apa aja. Formal letter itu dibagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan tujuan penulisannya. Ada apa aja ya?

 

Contoh Inquiry Letter

Inquiry letter atau surat permintaan ini sering dijumpai di dunia kerja. Jenis formal letter ini ditulis untuk menyatakan permintaan yang berasal dari calon pembeli. Informasi di dalamnya bisa berupa harga barang, kualitas barang, daftar barang, cara pembayaran, hingga cara pengiriman. Hal-hal tersebut tidak harus ada semua ya, guys. Informasi yang ada di suratnya akan bergantung kebutuhan si penulis. 

 

Sparkling Studio Limited

23 Pemuda Street, Jepara, Indonesia



December 25, 2021

 

Marketing manager

Lovely International Inc

Semanggi Pusat Street

Jakarta 11819

 

Dear Sir/Madam,

We have seen some of your excellent women’s skirt products exhibited at the Global Expo last week. As we are interested in your women’s skirt, would you please send us your latest catalogue, price list, and terms of payment?

We would be looking forward to hearing from you on this. Please share all the details on the products so that we can take it ahead. 

 

Your faithfully,

Kirana Larasati

Purchase manager

 

Dari contoh inquiry letter di atas, kita bisa tahu bahwa Sparkling Studio Limited tertarik dengan produk-produk rok wanita milik perusahaan Lovely International Inc. Melalui surat tersebut, mereka ingin mendapatkan informasi tentang detail produk, seperti katalog terbaru, daftar harga, dan cara pembayaran.

Baca Juga: Cara Membuat Job Application Letter (Cover Letter)

 

Contoh Complaint Letter

Jenis surat ini digunakan untuk menyampaikan komplain atau keluhan tentang suatu produk atau jasa yang tidak sesuai. Walaupun kadang dalam melakukan komplain dibarengi dengan perasaan kecewa, tapi kita harus tetap menggunakan kalimat yang sopan, yah. 

Kamu bisa menjelaskan keluhanmu secara detail agar pihak perusahaan mengerti apa yang kamu alami. Gunakan bahasa yang profesional agar memberikan kesan profesional juga. 

 

Bagas Ferdiansyah

Jalan Mampang Raya 19, Jakarta Selatan

bagas@email.com

 

December 21, 2020



Four Cellular

Customer Service

Jalan Ismail Marzuki 30, Jakarta Barat

 

Dear Customer Service,

On Friday, I bought Jphone 17 with serial number 087111KSK at Jbox in Bekasi Mall. 

Unfortunately, your product has not performed well because there is no service. I am very disappointed because the phone can not be used as it should be. I can not reach out to anyone through the call and the internet.

To resolve the problem, I would appreciate it if you would exchange this phone with another one. Enclosed is my warranty card. 

I look forward to your reply to my problem. Please contact me at 081-000-111 or send me an email at bagas@email.com

 

Best regards,

Bagas

 

Dalam complaint letter di atas, Bagas menuliskan keluhannya terhadap pelayanan provider Four. Dia meminta penjelasan terkait jaringan data internetnya yang sangat lambat, kapan masalah tersebut akan selesai, dan apa yang sebaiknya dia lakukan sembari menunggu perbaikan ini. Dari surat yang ditulisnya, Bagas menyampaikan perasaan kecewanya dengan menggunakan bahasa yang sopan dan resmi.

Baca Juga: Contoh Motivation Letter Beasiswa dan Cara Membuatnya

 

Contoh Sales Letter

Sales letter merupakan surat penjualan yang isinya berupa promosi tentang sebuah produk atau jasa. Tujuannya adalah untuk menarik pelanggan potensial. Biasanya, gaya penulisannya akan menunjukkan kelebihan produk atau jasa yang ditawarkan dan bagaimana bisa menguntungkan pelanggan. 

 

Peony Bloom, Ltd.

Stationery Company

21 Slamet Riyadi Street, Surakarta

 

November 15, 2022

 

Head of Company

Maju Terus Stationery

Teuku Umar Street. Bandar Lampung

 

Dear Mr. Jatmiko,

Our company named Peony Bloom, Ltd. engaged in the field of stationeries would like to offer you some of our new products for your office. Our products come from highly qualified and exclusive ingredients, and also best quality with a money-back guarantee. The products we offer to you are available in the appendix with a price list.

We hope you are interested in the products which we offer. If you want to buy our products, we will give you a 20% discount for your first purchase. For further information, you can contact us to 21 Slamet Riyadi Street, Surakarta or reach us by email: peonybloom@company.com. 

Thank you for your attention.

 

Sincerely,

Handoko Smith

 

Contoh di atas berisi tentang penawaran produk alat tulis kantor oleh Peony Bloom, Ltd. Perusahaan tersebut menawarkan produknya ke Maju Terus Stationery dengan mencantumkan kelebihan yang dimiliki, seperti bahan-bahan produk yang eksklusif dan berkualitas. Ia juga memberikan jaminan uang kembali apabila tidak sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, promosi juga dilakukan dengan pemberian diskon pada pembelian pertama.

Gimana gengs? Sudah semakin paham kan? Nah, sekarang giliran kamu yang bikin contoh formal letter atau surat resmi bahasa Inggris yah! Kalau kamu ingin melihat contoh-contoh formal letter janis lainnya, langsung aja ke ruangbelajar. Di sana, kamu juga akan mendapatkan materi-materi pembelajaran lainnya secara lengkap dan menyenangkan! 

New call-to-action

 

 

Profile

Adya Rosyada Yonas

I draw when I get bored.