15 Contoh Kata Pengantar berbagai Laporan dan Karya Tulis

Apa itu Kata Pengantar?

Artikel ini berisi penjelasan mengenai pengertian kata pengantar, bagian-bagian kata pengantar, dan contoh kata pengantar pada makalah, laporan, proposal, skripsi, karya ilmiah, dan sebagainya.

 

Bagi kamu yang sering membuat karya tulis, pasti sudah nggak asing lagi dengan kata pengantar yang merupakan salah satu bagian penting yang ada dalam karya tulis,  seperti karya ilmiah, proposal, dan skripsi.

Kata pengantar ini letaknya berada di bagian awal halaman setelah judul dan sampul. Lalu, apa, sih, kata pengantar itu? Yuk, simak artikel ini sampai selesai, ya!

 

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar adalah salah satu bagian awal atau pendahuluan dari sebuah karya tulis yang memuat beberapa bagian penting, seperti pembukaan, isi, dan penutup. Kamu tahu nggak kenapa kata pengantar terletak  di awal karya tulis? 

Selain memberi pengetahuan pada para pembaca mengenai hal-hal yang sudah dilalui oleh penulis saat melakukan proses penulisan, isi dari kata pengantar juga berupa ucapan rasa syukur dan terima kasih penulis kepada pihak-pihak yang telah membantu menyelesaikan karya ilmiah tersebut.

Struktur Kata Pengantar

 

Oh ya, kata pengantar juga ditulis di halaman sendiri, ya. Jadi, terpisah  dengan bagian lainnya. Hal ini bertujuan agar pembaca dapat memahami secara utuh maksud dari isi kata pengantar.

Nah, pada bagian penutup atau bagian akhir, umumnya penulis menuliskan harapannya untuk pembaca terkait sebuah kritik dan saran yang membangun guna penyempurnaan karya tulis yang akan dibuat selanjutnya. Selain itu, pada bagian sebelah kanan bawah tercantum tempat, tanggal, dan nama penyusun karya tulis tersebut. 

Hmm, jadi fungsi kata pengantar itu hanya berisi ucapan rasa syukur, terima kasih, dan harapan saja? Eits … tunggu dulu!

Baca Juga: Tips Cara Membuat Kata Pengantar, Lengkap!

 

Fungsi Kata Pengantar

Selain berfungsi sebagai pengantar ke pembahasan yang lebih rinci, yaitu bagian isi, kata pengantar juga berfungsi memberikan gambaran umum tentang karya yang ditulis sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.

Jadi, semakin menarik uraian yang ditulis oleh penulis, semakin besar kemungkinannya untuk menimbulkan rasa penasaran dari pembaca.

Unsur-unsur Kata Pengantar

 

Contoh Kata Pengantar

Nah, agar kamu lebih mudah untuk memahami kata pengantar, yuk simak contoh kata pengantar dari beberapa karya tulis ilmiah berikut ini.

 

1. Contoh Kata Pengantar Modul

Kata Pengantar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah saya haturkan  puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt.  atas karunia dan segala rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penyusun akhirnya dapat menyelesaikan modul yang dibuat ini.

Modul ini disusun untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan pelatihan dalam rangka sertifikasi guru profesional mata pelajaran Biologi. Sesuai dengan segmentasi peserta, modul ini disusun dengan kualifikasi yang tidak diragukan.

Teknik pembukaan yang diangkat secara terpadu dilakukan tanpa adanya pemilihan jenjang pendidikan. Langkah ini diambil dengan harapan dapat meminimalisasi adanya pengulangan topik dari sesuai jenjang pendidikan.

Pembahasan modul ini dimulai dengan memberi penjelasan terkait tujuan yang akan dicapai, sementara kelebihan yang dimiliki oleh modul ini dapat  dilihat dalam keterpaduan dengan ilmu pengetahuan alam.

Pembahasan yang disampaikan juga disertai bentuk soal yang beragam, tujuannya untuk mengukur tingkat yang dicapai dan kesuksesan dalam menjawab. 

Penyusun menyadari jika pembuatan modul ini masih memiliki banyak kekurangan, karena itu kritik dan saran sangat terbuka untuk diterima dengan sifat yang membangun. Diharapkan semoga modul ini bisa memberi manfaat dengan baik.

Jakarta, September 2022

Penulis

 

2. Contoh Kata Pengantar Modul

Kata Pengantar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Swt., yang dengan rahmat dan petunjuk-Nya, modul Lembar Kegiatan Siswa (LKS) mata pelajaran Sejarah ini dapat kami susun dan rampungkan.

Modul ini disusun sebagai panduan belajar untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam memahami mata pelajaran Sejarah. Dengan penuh kesadaran akan tanggung jawab dan tekad untuk memberikan kontribusi positif dalam proses pembelajaran, modul ini disusun dengan kualifikasi yang memadai.

Pembukaan modul ini dirancang terpadu, tanpa memandang jenjang pendidikan, dengan harapan dapat meminimalisasi pengulangan topik sekaligus memastikan relevansi materi dengan kebutuhan peserta didik.

Adapun pembahasan modul dimulai dengan penjelasan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Kelebihan modul ini dapat ditemukan dalam keterpaduannya dengan materi sejarah, serta dilengkapi dengan berbagai bentuk soal untuk mengukur pemahaman dan keterampilan siswa.

Kami sadar bahwa modul ini masih memiliki kekurangan, dan oleh karena itu, segala kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan. Semoga modul ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi proses pembelajaran.

 

3. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata Pengantar

Puji syukur kami haturkan  kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan karya ilmiah tentang “Dampak Penggunaan Gawai pada Anak Usia di Bawah Umur”.

Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut memberikan kontribusi dalam penyusunan karya ilmiah ini. Tentunya, tidak akan bisa maksimal jika tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Sebagai penyusun, kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan, baik dari penyusunan maupun tata bahasa penyampaian dalam karya ilmiah ini. Oleh karena itu, kami dengan rendah hati menerima saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki karya ilmiah ini.

Kami berharap semoga karya ilmiah yang kami susun ini memberikan manfaat dan juga inspirasi untuk pembaca.

Bandung, September 2022

Penulis

 

4. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Swt., yang dengan limpahan rahmat dan petunjuk-Nya, memungkinkan kami menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul “Bahaya Asap Rokok pada Bayi Berusia 0-24 Bulan”.

Kami juga ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan karya ilmiah ini. Dukungan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung, telah menjadi pendorong utama kelancaran penelitian ini.

Sebagai penyusun, kami sadar akan adanya kekurangan dalam karya ilmiah ini, baik dari segi penyajian data maupun aspek teknis lainnya. Oleh karena itu, kami dengan tulus menerima setiap saran dan kritik yang bersifat membangun dari pembaca, sebagai bahan perbaikan di masa mendatang.

Harapan kami, karya ilmiah ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bahaya asap rokok pada bayi berusia 0-24 bulan. Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat, meningkatkan kesadaran masyarakat, dan menjadi referensi yang berguna untuk pembaca.

Tangerang Selatan, Februari 2024

Penulis

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Cara Menulis Proposal Kegiatan

 

5. Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis haturkan  kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Pemanfaatan Sampah Sisa Makanan”. Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada.

  • Bapak Azka, M.E., selaku kepala sekolah SMA 1 Ruangguru  yang telah memberikan bimbingan, saran, ide, dan juga kesempatan untuk menggunakan fasilitas sekolah untuk menunjang pembuatan makalah.
  • Ibu Rais, M.E., selaku guru pembimbing kami, yang memberikan dorongan dan masukan kepada penulis.
  • Ibu Nana, M.E., selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, dan masukan kepada penulis.
  • Orang tua penulis yang banyak memberikan dukungan baik moril maupun materil.
  • Semua pihak yang tidak dapat penulis rinci satu per satu yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

 

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna dan masih terdapat beberapa kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.

Tangerang, September 2022

Penulis

 

6. Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar

Tiada kalimat yang pantas penulis ucapkan kecuali rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Dampak Pemanasan Global Terhadap Ekosistem”. Tidak lupa pula dukungan baik secara materil dan nonmateril yang diberikan kepada penulis dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, izinkan penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada:

  1. Bapak Fahri Abdillah, S.I.Kom., M.Pd., selaku kepala sekolah blog Ruangguru yang memberikan arahan dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas laboratorium.
  2. Ibu Hani Ammariah, S.Si., M.Pd, selaku guru pembimbing IPA Terapan yang memberikan dukungan dan saran kepada penulis.
  3. Ibu Shabrina Alfari, S.Hum., M.Pd selaku wali kelas penulis yang selalu memberikan motivasi dalam penyusunan makalah ini.

 

Penulis sadar bahwa makalah yang disusun ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, dengan rendah hati penulis memohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.

Jakarta, September 2022

Ratu Regina

 

7. Contoh Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar

Puji syukur diucapkan kehadirat Allah Swt.  atas segala rahmat-Nya sehingga makalah ini dapat tersusun sampai selesai. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih terhadap bantuan dari pihak yang telah berkontribusi dengan memberikan sumbangan baik pikiran maupun materi.

Penulis sangat berharap semoga makalah ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi pembaca. Bahkan kami berharap lebih jauh lagi agar makalah ini bisa pembaca praktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagi kami sebagai penyusun merasa bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini karena keterbatasan pengetahuan dan pengalaman kami. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah ini.

Cianjur, September 2022

Penulis

Sampai sini, semoga kamu makin paham dengan contoh-contoh Kata Pengatar, ya! Tapi, kalo masih ada materi yang belum kamu mengerti, kamu bisa lho tanyakan ke Roboguru. Melalui robot cerdas satu ini, kamu bisa menemukan jawaban dan memahami proses menjawab soal-soal yang sulit sekalipun.

Roboguru

 

8. Contoh Kata Pengantar Skripsi

Kata Pengantar

Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah Swt. atas ridho-Nya saya dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Adapun judul skripsi yang saya ajukan adalah “Analisis Kesalahan Morfologis Nomina Dalam Kata Imparfait”

Skripsi ini diajukan untuk memenuhi syarat kelulusan mata kuliah Skripsi di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Ruangguru. Tidak dapat disangkal bahwa butuh usaha yang keras dalam penyelesaian pengerjaan skripsi ini. Namun, karya ini tidak akan selesai tanpa orang-orang tercinta di sekeliling saya yang mendukung dan membantu. Terima kasih saya sampaikan kepada:

  • Dr. Ela Kustila , M.Pd., selaku Rektor Universitas Ruangguru.
  • Dr. Wisnu Adiutama, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Ruangguru.
  • Luthfy Damiri, M.Pd., selaku Dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan dan berbagai pengalaman kepada penulis.
  • Segenap Dosen Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra yang telah mendidik dan memberikan ilmu selama kuliah dan seluruh staf yang selalu sabar melayani segala administrasi selama proses penelitian ini.
  • Semua pihak yang telah membantu dan tidak dapat disebutkan satu per satu.

 

Semoga segala kebaikan dan pertolongan semuanya mendapat berkah dari Allah Swt. dan akhirnya saya menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kata sempurna, karena keterbatasan ilmu yang saya miliki. Untuk itu saya dengan kerendahan hati mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pihak demi membangun laporan penelitian ini.

Belitung, September 2022

Penulis

 

9. Contoh Kata Pengantar Tesis

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan kepada Allah Swt. yang dengan rahmat dan petunjuk-Nya, saya berhasil menyelesaikan penyusunan tesis ini. Tesis ini berjudul “Kebudayaan Nusantara pada Masa Pemerintahan Tribuwana Wijayatunggadewi: Sebuah Tinjauan Budaya era Kerajaan Majapahit”.

Tesis ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Sejarah dari Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Jurusan Sejarah. Proses penelitian ini merupakan suatu perjalanan yang penuh tantangan dan dedikasi, dan tesis ini tidak dapat terselesaikan tanpa dukungan dan bantuan dari berbagai pihak.

Terima kasih kepada:

  1. Prof. Dr. Bambang Widyantoro, selaku Rektor Universitas Indonesia.
  2. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, selaku Dekan Fakultas Ilmu Budaya.
  3. Dr. Siti Maryam, M.Hum., selaku Dosen pembimbing yang memberikan bimbingan, dorongan, dan wawasan yang sangat berharga selama penulisan tesis ini.
  4. Semua Dosen Jurusan Sejarah yang telah berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam perkuliahan.
  5. Teman-teman sejawat yang turut memberikan inspirasi dan dukungan selama perjalanan penelitian.

 

Segala sumbangan dan dukungan dari pihak-pihak di atas sungguh berarti bagi kelancaran penulisan tesis ini. Meski demikian, penulis menyadari bahwa tesis ini masih memiliki keterbatasan dan kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun dari para pembaca sangat diharapkan guna perbaikan di masa depan.

Semoga hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman dan pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang kebudayaan Nusantara pada masa pemerintahan Tribuwana Wijayatunggadewi di era Kerajaan Majapahit.

Depok, Desember 2023

Penulis 

 

10. Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian


Kata Pengantar

Tiada kata yang mewakili perasaan saya saat ini kecuali rasa syukur. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada Tuhan atas rahmat-Nya, saya dapat menyusun proposal ini dengan baik. Meski mendapatkan kendala, tapi saya bisa melaluinya sehingga laporan penelitian berjudul “Karakteristik Masyarakat di Kampung Durian Runtuh” ini dapat terselesaikan tepat waktu.

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Saya ucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang tak lelah menerima ajakan diskusi. Kemudian kepada para warga Kampung Jodipan yang bersedia saya wawancarai. tanpa kesediaan mereka, saya tidak akan mendapatkan data yang lengkap untuk menyusun laporan ini.

Selain itu saya sangat berterima kasih kepada orang tua, sahabat, dan teman-teman. Mereka telah memberikan dukungan serta doa sehingga saya memiliki kekuatan lebih untuk mengumpulkan data dan melakukan analisis.

Laporan penelitian ini sangat berkesan untuk saya secara personal. Alasan saya memilih topik ini karena melihat bahwa masyarakat Kampung Durian Runtuh mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh masyarakat lain yaitu nilai khas inilah yang ingin saya teliti. Sampai pada akhirnya, tahun lalu saya memutuskan untuk melakukan penelitian.

Saya menyadari bahwa proposal ini masih banyak kekurangan. Sebagai penulis, saya berharap pembaca bisa memberikan kritik agar tulisan selanjutnya jauh lebih baik. Di sisi lain, saya berharap pembaca menemukan pengetahuan baru dari laporan penelitian ini. Walaupun tulisan ini tidak sepenuhnya bagus, saya berharap ada manfaat yang bisa diperoleh oleh pembaca. Demikian sepatah dua patah kata dari saya. Terima kasih. 

 Selamat membaca!

 Bandung, September 2022

Penulis

 

11. Contoh Kata Pengantar Proposal


Kata Pengantar

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal penelitian yang berjudul “Analisis Akuntansi Pajak Penghasilan Pasal 21 Atas Karyawan Pada PT Angin Ribut” tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan proposal penelitian ini adalah untuk mempelajari cara pembuatan skripsi pada Universitas Angkasa Raya dan untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi.

Pada kesempatan ini, penulis hendak menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril maupun materiil sehingga proposal penelitian ini dapat selesai. Ucapan terima kasih ini penulis tujukan kepada:

  1. Bapak Rahmat Jaelani, S.E, Msi, Akt selaku Dosen yang telah mendidik dan memberikan bimbingan selama masa perkuliahan.
  2. Pimpinan PT Angin Ribut, Bapak Bhaskoro, S.E. dan seluruh staf perusahaan atas kesempatan dan bantuan yang diberikan kepada penulis dalam melakukan penelitian dan memperoleh informasi yang diperlukan selama penulisan proposal penelitian ini.
  3. Ayah, Bunda, dan adikku yang telah memberikan doa, dorongan, dan semangat selama penyusunan skripsi ini.
  4. Teman seperjuanganku yang satu bimbingan penelitian proposal, Amanda Putri Manopo yang telah berjuang bersama-sama penulis dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.

 

Meskipun telah berusaha menyelesaikan proposal penelitian ini sebaik mungkin, penulis menyadari bahwa proposal penelitian ini masih ada kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca guna menyempurnakan segala kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini.

Akhir kata, penulis berharap semoga proposal penelitian ini berguna bagi para pembaca dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Bandung, September 2022

Penulis

Baca Juga: Yuk, Lihat 6 Contoh Proposal Berdasarkan Sistematika Penulisannya

 

12. Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Kata Pengantar

Kami ucapkan puji syukur serta nikmat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang melimpah sehingga kami bisa menyelesaikan kegiatan magang di PT Atlanta Mega Bintang Jakarta.

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah praktik kerja bisnis di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Bintang Gemerlap. 

Tujuan dibuatnya laporan magang ini, yaitu untuk melaporkan segala sesuatu yang ada kaitannya dengan dunia kerja di PT Atlanta Mega Bintang Jakarta.

Dalam penyusunan laporan magang ini, tentu tak lepas dari pengarahan dan bimbingan dari berbagai pihak. Maka penulis ucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Pihak-pihak yang terkait di antaranya sebagai berikut.

  • Seluruh dosen penulis di Fakultas Ekonomi yang sudah memberikan banyak informasi.
  • Bapak Robet selaku Direktur PT Atlanta Mega Bintang.
  • Bapak Bagas selaku pembimbing penulis di PT Atlanta Mega Bintang.
  • Karyawan dan karyawati PT Atlanta Mega Bintang yang dengan tulus memberi arahan pada penulis selama penulis magang di perusahaan tersebut.
  • Orang tua dan teman-teman penulis, terima kasih banyak atas dukungannya.

 

Karena kebaikan semua pihak yang telah penulis sebutkan tadi maka penulis bisa menyelesaikan laporan magang ini dengan sebaik-baiknya. Laporan magang ini memang masih jauh dari kesempurnaan, tetapi penulis sudah berusaha sebaik mungkin. Sekali lagi terima kasih. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Jakarta, September 2022

Penulis

 

13. Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan banyak nikmat sehingga kami dapat menyusun laporan praktikum biologi ini dengan baik. Laporan ini berisi tentang uraian hasil riset mengenai “Kandungan Listrik pada Buah Jeruk”’.

Laporan ini kami susun secara cepat dengan bantuan dan dukungan berbagai pihak diantaranya; Ibu Nurul, M.Sc selaku dosen mata kuliah Biologi Murni, Bapak Juna, M.Sc selaku kepala lab Biologi Murni dan Kak Harith selaku asisten lab. Oleh karena itu kami sampaikan terima kasih atas waktu, tenaga dan pikirannya yang telah diberikan.

Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari bahwa hasil laporan praktikum ini masih jauh dari kata sempurna.

Sehingga kami selaku penyusun sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca sekalian. Akhir kata Semoga laporan praktikum ini dapat memberikan manfaat untuk kelompok kami khususnya, dan masyarakat Indonesia umumnya.

Surabaya, September 2022

Penyusun

Baca Juga: Bagaimana sih Cara Menyusun Laporan Penelitian?

 

14. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan)

Kata Pengantar

Kami mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan petunjuk-Nya yang melimpah, sehingga kami berhasil menyelesaikan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Sekolah Rogu dengan penuh antusiasme dan pengalaman berharga.

Laporan ini kami susun sebagai bagian dari tugas mata kuliah Praktik Kerja Lapangan dalam program studi Sosiologi di Universitas Hayam Wuruk. Laporan ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai pengalaman kami selama menjalani praktik kerja di Sekolah Rogu, khususnya dalam konteks pengajaran mata pelajaran Sosiologi.

Kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada:

  1. Pihak Sekolah Rogu, terutama kepada Kepala Sekolah dan seluruh staf pendidik yang telah memberikan kesempatan dan dukungan selama kami menjalani PKL di sekolah tersebut.
  2. Bapak/Ibu Guru Sosiologi di Sekolah Rogu yang telah menjadi pembimbing kami selama masa praktik, memberikan arahan, dan berbagi pengalaman yang berharga.
  3. Semua siswa Sekolah Rogu yang dengan ramah menerima kehadiran kami dan memberikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.
  4. Dosen pembimbing di Universitas Ilmu Pengetahuan Sosial yang memberikan panduan dan dukungan dalam melaksanakan PKL ini.

 

Tentu saja, tidak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada teman-teman yang selalu memberikan semangat dan inspirasi selama menjalani praktik. Laporan ini mungkin masih memiliki kekurangan, namun kami berharap dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kontribusi dan pengalaman kami di Sekolah Rogu.

Kritik, saran, dan masukan dari semua pihak akan sangat kami hargai guna perbaikan di masa yang akan datang. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat dan menjadi bahan refleksi bagi pengembangan kegiatan Praktik Kerja Lapangan di masa mendatang.

Jakarta, Oktober 2023

Penulis

 

15. Contoh Kata Pengantar Buku Fiksi (Novel)

Kata Pengantar

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat, petunjuk, dan karunia-Nya. Dengan penuh kebahagiaan, saya mempersembahkan novel ini berjudul “Renjana” kepada pembaca setia.

“Renjana” bukan hanya sekadar kumpulan kata dan kalimat, melainkan sebuah perjalanan emosional dan petualangan batin yang kami rangkai dalam setiap halaman. Melalui karakter-karakter yang hidup dalam cerita ini, saya berusaha menghadirkan nuansa kehidupan yang mungkin familiar namun juga penuh dengan misteri.

Novel ini tidak lepas dari dukungan dan inspirasi berbagai pihak. Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada keluarga, teman-teman, dan semua yang terlibat dalam pembuatan novel ini. Setiap dorongan dan dukungan kalian menjadi sinar yang menerangi langkah-langkah kami.

Sebagai penulis, saya sadar bahwa setiap karya memiliki keunikan dan kelemahannya sendiri. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat kami harapkan untuk perbaikan di masa depan. Kami berharap “Renjana” bisa menjadi teman setia pembaca, mengajak merenung, tertawa, dan terkadang menangis bersama cerita yang kami hadirkan.

Semoga “Renjana” dapat memberikan warna baru dalam perjalanan membaca Anda, dan saya berharap bahwa setiap halaman akan membawa nuansa yang mendalam di hati Anda.

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk menjelajahi “Renjana”.

Jakarta, Januari 2024

Penulis

Mudah banget kan pembahasan kali ini? Mau belajar tentang kata pengantar dan melihat contoh-contohnya lebih banyak lagi dengan bantuan visual? Yuk, langsung buka ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

 

Artikel ini pertama kali dipublikasikan pada 19 September 2022, kemudian diperbarui pada 23 Januari 2024 oleh Laras Sekar Seruni

Nurul Hidayah