Memahami Contoh Konjungsi dalam Bahasa Inggris | Bahasa Inggris Kelas 11

Bahasa Inggris_9.jpg

Kalau diibaratkan seperti lem, konjungsi berfungsi menempelkan benda yang satu dengan benda yang lainnya. Dalam hal ini, perannya menjadi penghubung kata-kata. Nah, RG Squad tahukah contoh konjungsi apa saja yang bisa dipakai untuk menyatakan tujuan (conjunction of goals)? Yup, ada to, in order to, so as to, dan so that. Supaya lebih paham, kita cermati bersama penggunaan konjungsi dalam bahasa inggris di percakapan sehari-sehari ini, yuk!

apa itu konjungsi?

(Sumber: schoolsquestiontime.org)

Contoh Konjungsi I

Serena: Are you going to tennis practice? (Apa kamu akan pergi ke latihan tenis?)

Venus: Yup. I need to prepare for the upcoming match. (Ya. Aku harus bersiap menghadapi pertandingan mendatang.)

Serena: Let me grab my keys. I can drive you there. I have to go out anyway to buy some groceries. (Aku ambil kunci dulu. Aku bisa mengantarmu ke sana. Aku juga harus keluar untuk belanja.)

Venus: Thanks! (Terima kasih!)

 

Contoh Konjungsi II

Mom: Let’s go! We have to hurry in order not to miss the beginning of the show. (Ayo berangkat! Kita harus bergegas supaya tidak ketinggalan pembukaan pertunjukannya.)

Bryan: Okay, but do you see my glasses, Mom? I need them in order to see better. (Oke, tapi apa Ibu melihat kacamataku? Aku membutuhkannya supaya bisa melihat lebih jelas.)

Mom  I think you left it near TV. (Aku rasa kamu menaruhnya di dekat TV.)

Bryan: Got it. One more minute, Mom. I think I need to change my clothes in order to appear more presentable. (Dapat. Satu menit lagi, Bu. Kurasa aku perlu ganti pakaian supaya terlihat lebih pantas)

Mom: Make it quick! (Cepat ya!)

 

 

Contoh Konjungsi III

Teacher: Is there anybody here who likes to travel? (Ada yang senang berpergian di sini?)

Mary: Me, Sir. I enjoy travelling across Indonesia. (Saya, Pak. Saya senang berpergian keliling Indonesia.)

Teacher: Why is that? (Mengapa demikian?)

Mary: Our country is very mesmerizing. I have to see more of it so that I can appreciate it better. (Negara kita sangat memukau. Saya harus melihat lebih banyak agar bisa mengapresiasinya dengan lebih baik.)

Teacher: What about meeting new people? (Bagaimana dengan bertemu orang baru?)

Mary: That is also very exciting. I got to hear their story so that I know every culture is different. (Itu juga menyenangkan. Saya bisa mendengar cerita mereka sehingga saya tahu bahwa setiap budaya itu berbeda-beda.)

Nah, percakapan di atas sudah cukup untuk dijadikan contoh, bukan? Kalau belum cukup paham dengan konjungsi, kamu bisa tonton video ruangbelajar dan rasakan sensasi #BelajarJadiMudah!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Rabia Edra