12 Contoh Surat Lamaran Kerja, Struktur & Tips Membuatnya | Bahasa Indonesia Kelas 12

Contoh Surat Lamaran Kerja

Yuk, belajar cara membuat surat lamaran kerja! Simak contoh surat lamaran kerja di artikel Bahasa Indonesia kelas 12 berikut ini sebagai referensi kamu dalam membuatnya!

--

Surat lamaran kerja adalah hal yang sangat penting dalam melamar suatu pekerjaan di sebuah instansi, lembaga, atau perusahaan. Tak hanya itu, ketika kamu hendak magang pun, kamu juga harus menulis surat lamaran kerja. Namun, sudahkah kamu tahu, apa itu surat lamaran kerja dan tips membuatnya? Simak materi ini untuk informasi perihal surat lamaran kerja!

 

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja sering disebut dengan istilah Cover Letter. Melalui surat lamaran kerja ini, seseorang akan memperkenalkan  diri secara singkat dan jelas melalui tulisan dengan maksud melamar pekerjaan. Tidak hanya itu, dalam keperluan magang pun surat lamaran kerja juga menjadi salah satu syarat seseorang diterima. Oleh karena itu, surat ini ditujukan kepada instansi khusus yang sedang  menyediakan perekrutan dan sumber daya manusia. 

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran kerja bersifat resmi dan ditulis menggunakan tata bahasa yang baik dan baku. Tak hanya itu, pelamar juga harus memperhatikan sistematika penulisan yang bersifat universal (telah disepakati bersama) dan menjadi standar di instansi atau perusahaan. Sebab itu, tidak jarang surat lamaran kerja ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Di samping itu, para pelamar juga harus mencantumkan maksud dan tujuan dengan singkat, padat, dan jelas pada surat lamaran kerja untuk memudahkan perekrut mengetahui inti surat.

 

Struktur Surat Lamaran Kerja

Lantas, apa saja struktur dari surat lamaran kerja? Pada umumnya, surat lamaran kerja terdiri dari pembuka, perkenalan dan data diri singkat, maksud dan tujuan surat dibuat, daftar lampiran berkas, dan penutup. Para pelamar harus memperhatikan dengan benar data diri singkat yang dicantumkan dan posisi pekerjaan yang hendak dilamar. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya salah tulis, salah ketik, atau salah kosakata. 

Isi dari data diri singkat yang sebaiknya dituliskan dalam surat lamaran kerja sebagai berikut.

  1. Nama

  2. Tempat dan tanggal lahir

  3. Alamat rumah

  4. Email

  5. Nomor yang bisa dihubungi

Sementara itu, data diri yang lebih rinci dapat dituliskan di Curriculum Vitae (CV). Biasanya, perekrut akan meminta pelamar untuk melampirkan CV bersamaan dengan surat lamaran kerja.

 

Struktur Surat Lamaran Kerja

 

Perbedaan CV dengan Surat Lamaran Kerja

Saat melamar suatu pekerjaan, seringkali perekrut meminta pelamar untuk melampirkan berkas lain bersamaan dengan surat lamaran kerja. . Salah satu berkas yang banyak diminta ialah  Curriculum Vitae (CV). Meski harus dilampirkan secara bersamaan, tahukah kamu bahwa surat lamaran kerja dan CV ini merupakan dua dokumen yang berbeda? Kalaupun sudah tau, tak jarang para pelamar kerja masih kebingungan membedakannya. Yuk! Perhatikan penjelasan berikut ini. 

Seperti yang kamu baca pada penjelasan sebelumnya, surat lamaran kerja merupakan salah satu bentuk komunikasi antara dua orang dalam proses melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja wajib ada untuk memperkenalkan diri sebelum perekrut membaca lebih rinci informasi  diri sang pelamar. Nah, informasi yang lebih detail ini bisa dimasukkan ke bagian curriculum vitae (CV).

Baca Juga: Perhatikan 7 Hal Ini Agar Curriculum Vitae (CV) Kamu Lolos Seleksi Program Beasiswa

Lantaran isinya yang lebih detail, CV akan memuat daftar riwayat hidup dari seorang pelamar. Pada umumnya, pelamar akan menuliskan riwayat pendidikan, riwayat pelatihan, organisasi, hingga riwayat pekerjaan yang pernah dilakoninya. Dengan adanya curriculum vitae (CV) ini, perekrut akan lebih mudah mengenali sang pelamar pekerjaan dan menjadi acuan pertanyaan saat proses wawancara.

 

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

Saat proses perekrutan pegawai, tidak hanya satu atau dua orang saja yang mengirimkan surat lamaran kerja. Bahkan, satu posisi yang dibuka di sebuah perusahaan bisa diperebutkan oleh puluhan hingga ratusan orang. Oleh karena itu, penting untuk menuliskan surat lamaran kerja yang baik agar perekrut tertarik dan memilihmu sebagai kandidat tahap rekrutmen selanjutnya. Yuk, ikuti tips berikut untuk menulis surat lamaran kerja yang oke!

 

1. Berikan kesan individual

Pastikan kamu menuliskan nama perusahaan dengan benar sesuai dengan tujuan. Sering kali, para pelamar akan keliru menuliskan nama perusahaan jika mengirimkan surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan. Jika ditujukan untuk seseorang di perusahaan tersebut, tulislah nama dan jabatannya secara spesifik.

 

2. Singkat dan padat

Menuliskan surat lamaran kerja sebaiknya singkat dan padat, tidak bertele-tele. Selain itu, kamu juga harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Sebaiknya, hindari penggunaan  kata-kata yang sulit dengan maksud agar pembaca atau perekrut terkesan dengan pilihan bahasamu.

---

Intermezo sebentur, kuy! Kenalan dulu sama aplikasi Ruangguru satu ini, yaitu Roboguru. Robot cerdas yang bisa bantu kamu menjawab materi pelajaran yang masih belum kamu pahami. Nggak percaya? Coba download aja!

New call-to-action

 

3. Jangan menulis lebih dari satu halaman

Surat lamaran kerja sebaiknya tidak lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan, puluhan, bahkan ratusan lamaran. Oleh karena itu, surat lamaran yang terlalu panjang tidak akan efektif.

 

4. Rapi dan bersih

Pastikan surat lamaran kerja tertulis rapi dan bersih. Hal ini dapat diantisipasi dengan menuliskannya di program komputer. Jika kamu menulisnya dengan tulisan tangan, jangan sampai ada coretan atau menggunakan Tipe-X. Selain itu, jangan sampai ada typo atau salah tik, ya!

 

5. Impresif atau mengesankan

Deskripsikan dirimu dengan baik dan menarik, tetapijangan terlalu arogan atau terlalu merendah. Melalui surat lamaran kerja, kamu bisa “menjual” diri kamu sehingga perekrut dapat tertarik.

Baca juga: Cara Membuat Job Application Letter (Cover Letter) dalam Bahasa Inggris

 

6. Sebutkan pengalaman atau prestasi yang pernah diraih

Jelaskan secara singkat pengalaman atau prestasi yang pernah kamu raih. Tentu saja harus dilakukan sesuai dengan kenyataan di lapangan, ya, karena tidak jarang perekrut terlebih dahulu mencari tahu kebenaran data-data yang kamu cantumkan dalam surat lamaran kerja. Dengan demikian, pelamar akan mempertimbangkan lamaran yang kamu kirimkan.

 

7. Tidak perlu mengirimkan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris jika kemampuan kurang mumpuni

Meski perekrut akan mempertimbangkan dan memberi poin tambahan, mengirimkan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris tanpa kemampuan yang mumpuni justru akan membebani kamu.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

 

Unsur Kebahasaan yang Digunakan dalam Surat Lamaran Kerja

Ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan dalam surat lamaran pekerjaan terkait dengan bahasa yang digunakan adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan bentuk surat yang standar
  2. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
  3. Menggunakan kata-kata yang sopan
  4. Menggunakan kata pengantar yang jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasaran
  5. Tulisan bersih, mudah dibaca, dan sesuai dengan kaidah ejaan
  6. Melengkapi bagian-bagian surat dengan norma bahasa surat (seperti penulisan unsur hal, tempat/tanggal, alamat, salam pembuka, isi surat, salam penutup, tanda tangan, dan nama terang)

 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Nah, setelah kamu memahami pengertian, struktur, dan tips cara membuat surat lamaran kerja, berikut disajikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang bisa kamu jadikan referensi. Mulai dari surat lamaran kerja untuk fresh graduate, surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, surat lamaran kerja untuk mendaftar magang, sampai melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

 

1. Contoh surat lamaran kerja fresh graduate

Kepada Yth. Bapak/Ibu Pimpinan HRD 

(Nama perusahaan) 

di tempat 

 

Dengan hormat, 

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari (sumber informasi), dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai (posisi yang dilamar) di (nama perusahaan). 

Saya pria, berusia 24 tahun, lulusan S1 Akuntansi, Universitas (nama kampus dan tahun lulus) .Berikut data pribadi saya: 

Nama: ..................... 

Tempat, tanggal lahir: ........... 

Pendidikan terakhir: ............ 

Alamat: ................... 

Saat ini, saya dalam kondisi sehat jasmani maupun rohani. Saya juga aktif berorganisasi, memiliki kemampuan bahasa Inggris, baik aktif maupun pasif, dan bisa bekerja secara mandiri ataupun tim. 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan dokumen berikut: 

1. Daftar riwayat hidup; 

2. Fotocopy ijazah terakhir; 

3. Fotocopy transkrip nilai; 

4. Sertifikat pelatihan; dan

5. Pas foto terbaru. 

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

 

Hormat saya, 

(Nama pelamar)

 

2. Contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris

Attention to: Human Resources of  PT. Maju Mundur Kena

 

Dear Sir/Madam,

I’ve read your job vacancy at AMX.com and found that your company is looking for a new employee to fill the Content Writer position. Therefore, I would like to apply myself for the interesting role.

My name is Andri Tani, and I’m 24 years old. I’m a recent graduate from Universitas Ternama, majoring in Communication Studies.

My Specialization is journalism and I’m fond of research and writing. I also have the qualifications that were required by your company.

I’ve good motivation, I can work together with a new team, my communication skills are really good, and my English is excellent both written and spoken.

I’ve worked at two different companies that both dwell in the entertainment sector as Jr Content Writer. For 1 year, I’ve worked in FFG Media alongside many young aspiring writers, and also at WWBU where I was their headline writer for five months.

I am really confident that I’m a good match for this position. Herewith I enclose my documents:

1. Copy of bachelor degree certificate (S1);

2. Academic transcript;

3. Curriculum vitae (CV);

4. Recent photograph (size 4×6); and 

5. Recent writing portfolio

Thank you for your time and consideration. I wish that you would give me the chance for an interview so that I could showcase my abilities even further.

Sincerely,

Andri Tani

 

 

3. Contoh surat lamaran kerja magang

Hal: Lamaran Kerja Magang, Jr. Content Writer

 

Yth.  Bapak/Ibu Pimpinan PT. Maju Mundur Kena di Tempat,

Sebelumnya, izinkan saya untuk memperkenalkan diri.

Nama: Andri Tani

Tempat dan tanggal lahir: Jakarta, 28 Februari 1997

Status: mahasiswa

Jurusan dan universitas: S1 Ilmu Komunikasi, Universitas Ternama

Berdasarkan iklan lowongan kerja di media sosial XYZ, saya ingin mendaftarkan diri untuk posisi magang Jr Content Writer di PT. Maju Mundur Kena.

Sebelumnya, saya pernah bekerja sebagai freelance writer di perusahaan media BBM selama enam bulan. Saat ini saya juga aktif menulis beberapa artikel dan konten di blog resmi BEM FISIP Universitas Ternama. Tentunya, kedua pengalaman ini sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Selain itu, saya pun tertarik dengan program master mentorship yang akan dipandu secara langsung oleh para penulis aktif di PT. Maju Mundur Kena.

Saya yakin bahwa ilmu dan pengalaman yang sudah saya miliki dapat membentuk saya sebagai seorang Content Writer yang handal.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut adalah beberapa dokumen yang diajukan dalam iklan lowongan:

1. CV;

2. Portofolio penulisan;

3. Fotocopy kartu tanda mahasiswa (KTM);

4. Surat izin magang dari kampus; dan

5. Surat referensi dari media BBM.

Demikian surat lamaran kerja magang yang saya buat. Semoga Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai pegawai magang Jr. Content Writer baru di PT. Maju Mundur Kena. 

Saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

Andri Tani

 

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK

Bandung, 14 September 2015

Hal : Lamaran Pekerjaan

 

Yth. HRD Manager PT. Moge Laksana Maju

Jl. Kintamani Luhur No. 8, Bandung

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari harian surat kabar Pikiran Rakyat, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran ini, saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja di instansi yang Bapak/Ibu pimpin, guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini.

 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Aisyah Watanabe

Tempat/tanggal lahir : Bandung, 10 Mei 1991

Jenis kelamin : Perempuan

Pendidikan : SMK Perhotelan Pasundan III Bandung

Alamat : Jl. Pasundan Raya No. 7 RT/RW 001/003

Telepon : 08123896447887

 

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan di waktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:

  • pasfoto ukuran 3x4,
  • fotokopi KTP Bandung,
  • daftar riwayat hidup,
  • fotokopi ijazah terakhir,
  • fotokopi SKHUN,
  • fotokopi sertifikat kompetensi, dan
  • fotokopi sertifikat PKL.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujurjujurnya. Atas perhatian serta kerja sama dari Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Aisyah Watanabe

 

5. Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Yogyakarta, 20 Oktober 2008

Hal : Lamaran Calon PNS

Lampiran : 5 (lima) berkas

 

Yth. : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman

 

Yang bertanda tangan di bawah ini,

saya: Nama : Budi Sugiharto

Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 17 Juni 1983

Alamat : Jalan Malioboro Nomor 21 Yogyakarta

Ijazah, jurusan : SMK Bidang Kealian Bisnis dan Manajemen Program Keahlian Akuntansi tahun 2007

 

Dengan ini mengajukan lamaran menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

1. daftar riwayat hidup,

2.  fotokopi ijazah SMK,

3.  surat keterangan catatan kepolisian dari polri,

4.  surat pernyataan kesehatan dari dokter,

5.  surat pernyataan tidak berkedudukan sebagai PNS/CPNS,

6.  kartu kuning, dan

7.  pas foto ukuran 3 x 4 sebanyak 5 lembar.

Atas kebijaksanaan Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Budi Sugiharto

 

6. Contoh surat lamaran kerja sebagai content writer

Yth. Manager Personalia

PT. Maju Mundur Kena, Jakarta Selatan

 

Dengan hormat,

Sesuai dengan iklan lowongan pekerjaan dari media sosial XYZ dan situs web GGS, saya bermaksud  mengajukan diri untuk bergabung ke dalam departemen marketing sebagai Content Writer di PT. Maju Mundur Kena. Adapun data diri saya sebagai berikut.

Nama: Andri Tani, S. Sos.

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 28 Februari 1997

Umur: 24 tahun

Pendidikan terakhir: Universitas Ternama (S1)

Telepon: 0811666xxx

Email: andritani@namaemail.com

Saya dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Selain itu, saya juga lancar berbahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulis. Predikat lulusan pada ilmu yang saya pelajari sangat memuaskan, terlebih dalam bidang content writing yang sangat mumpuni.

Saya terbiasa bekerja dengan target dan telah memiliki pengalaman kerja selama dua tahun sebagai Content Writer di PT. Sejahtera.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan :

1. Curriculum Vitae (CV) terbaru; 

2. Fotocopy ijazah S1;

3. Fotocopy transkrip nilai;

4. Fotocopy sertifikat kursus/pelatihan;

5. Pas foto terbaru;

6. Portofolio penulisan; dan 

7. Sertifikat penghargaan.

Saya harap surat lamaran berikut lampiran berkas-berkas tersebut dapat memudahkan dan memberikan ruang  bagi saya untuk diterima ke tapab seleksi berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

 

Salam hangat,

Andri Tani

 

7. Contoh surat lamaran kerja sebagai Staf Keuangan

Jakarta, 4 November 2008

Yth. Pimpinan Personalia PT JAYA SENTOSA

di Jakarta

 

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

nama : Firdaus;

tempat, tanggal lahir : Jakarta, 29 Agustus 1980;

jenis kelamin : laki-laki;

agama : Islam;

pendidikan/jurusan : S-1 Akuntansi;

alamat : Jalan Kramat Jati Nomor 25, Jakarta;

nomor telepon/hp : 08123456789.

 

Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi pegawai di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan jabatan sebagai staf keuangan.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan :

1. fotokopi ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisasi masingmasing 1 (satu) lembar;

2. pasfoto ukuran 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar;

3. fotokopi Kartu Pencari Kerja (AK. I) yang telah dilegalisasi sebanyak 1 (satu) lembar;

4. surat keterangan kesehatan;

5. surat keterangan kelakuan baik.

 

Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan saya kiranya Bapak/ Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Firdaus

 

8. Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Supervisor Alat Berat

Balikpapan, 20 November 2015

Yth. Direktur CV Multimedia Utama

Jalan D.I. Panjaitan 57, Balikpapan

 

Dengan hormat,

Menanggapi iklan pada harian Kaltim Post tanggal 15 November 2015 tentang penerimaan pegawai baru, dengan ini saya mengajukan lamaran untuk jabatan supervisor alat berat.

 

Adapun kualifikasi diri saya:

nama : Suroyo Sinambela, S.T.;

tempat, tanggal lahir : Tulungagung, 31 Oktober 1981;

pendidikan : S-1 Teknik Mesin;

alamat : Jalan Meratus Nomor 276, Balikpapan.

 

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

1. fotokopi ijazah,

2. daftar riwayat hidup, dan

3. surat keterangan catatan kriminal.

Besar harapan saya atas terkabulnya lamaran ini.

 

Hormat saya

 

Suroyo Sinambela, S.T.

 

9. Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Staf Administrasi

Hal: Lamaran Pekerjaan

Banyumas, 15 November 2013

Yth. Pimpinan PT BAHTERA

Jalan Pramuka No. 1 Banyumas

 

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan kerja pada situs https:// bursakerjabanyumasblogspot.com pada tanggal 12 November 2013 bahwa PT SEJAHTERA membutuhkan staf administrasi, bersama ini saya bermaksud melamar pekerjaan tersebut.

 

Adapun keterangan mengenai diri saya adalah sebagai berikut:

Nama : Anggraita Mustika

Tempat/tanggal lahir : Banyumas, 29 Agustus 1995

Usia : 18 Tahun

Pendidikan terakhir : SMK

Alamat : Mandirancan RT 02 RW 03 Kec. Kebasen Kab. Banyumas

 

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

1. daftar riwayat hidup,

2.  fotokopi ijazah terakhir beserta transkip nilai,

3.  fotokopi KTP,

4.  fotokopi SKCK,

5.  fotokopi surat keterangan dokter, dan

6.  pasfoto terbaru ukuran 4×6 cm.

 

Demikian surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat saya

 

Anggraita Mustika

 

10. Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Guru Honor

Medan, 1 Maret 2013

Hal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Kepala Sekolah Islam Al-Ulum Terpadu Medan

di tempat

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya membuat permohonan lamaran pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun data pribadi saya sebagai berikut.

Nama : Mesriana, S.Pd.

Tempat/Tanggal lahir : Sidomulyo, 05 Desember 1989

Agama : Islam

Pendidikan Terakhir : S-1 Sarjana Pendidikan Bahasa Indonesia

Alamat : Jalan Pancing, Gang Pertama Nomor 48, Medan

Nomor HP : 081396984240/085260684889

 

Berdasarkan keterangan di atas, saya bermaksud melamar pekerjaan untuk menjadi guru honor di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin sekarang ini. Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan:

1. fotokopi KTP 1 lembar;

2. pasfoto 3 x 4 sebanyak 1 lembar;

3. akta VI 1 lembar;

4. ijazah 1 lembar;

5. transkrip nilai 1 lembar;

6. daftar riwayat hidup 1 lembar.

 

Demikian surat lamaran ini saya buat sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Mesriana, S.Pd.

 

11. Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai Staf Manager Teknik

Semarang, 12 November 2008

Hal : Lamaran kerja

Lampiran : satu bendel

 

Yth. Pemasang Iklan

di Harian Suara Merdeka

d.a. PO BOX 2234 SMG

 

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan di harian Suara Merdeka, hari Senin tanggal 10 November 2009, dengan ini saya,

nama : Ulia Handayani;

tempat, tanggal lahir : Semarang, 24 April 1983;

alamat : Jalan Beruang Dalam VII/27 Semarang;

pendidikan terakhir : Strata 1 Jurusan Teknik Kimia.

 

mengajukan lamaran kerja ke perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk bisa ditempatkan pada staf manajer teknik.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan:

1. fotokopi ijazah terakhir;

2.  pasfoto ukuran 4×6;

3.  daftar riwayat hidup;

4.  SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian);

5.  fotokopi KTP;

6.  fotokopi sertifikat pelatihan bahasa Inggris; dan

7.  fotokopi sertifikat pelatihan komputer.

 

Demikian surat lamaran kerja ini dibuat, atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan ucapan terima kasih.

 

Hormat saya,

 

Ulia Handayani

 

12. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Jakarta, 9 April 2022

Perihal: Lamaran

Kepada

Bpk/Ibu Staff Personalia Bank Ruangraya 

 

Saya yang bertanda tangan berikut ini:

Nama : Widya Novriyanti 

Tempat/Tanggal Lahir : Sleman, 29 Mei 1993 

Pendidikan Terakhir : S-1 Akuntansi

Status : Single

Alamat : Jl. Berkat Sedekah No. 1, Jakarta

No.telp/email : 08129876543 / widyanovriyanti@gmail.com

 

Melalui surat lamaran ini berniat mengajukan permohonan kerja berdasarkan informasi yang termuat dalam website resmi Bank Ruangraya, untuk mengisi posisi sebagai teller.

 

Sebagai bahan pertimbangan, terlampir:

  • Daftar Riwayat Hidup FC KTP (1 lembar)
  • FC ijazah dan transkrip nilai legalisir (1 lembar)
  • FC SKCK (1 lembar)
  • Surat Keterangan Sehat (1 lembar)
  • Surat pengalaman kerja (1 lembar)
  • Pas foto berwarna 4×6 close up & full body (@4 lembar)

Dengan pengalaman kerja di bank sebelumnya, saya berharap agar bisa menjadi pertimbangan guna mengisi posisi yang dibutuhkan. Demikian surat lamaran ini dibuat dan bisa menjadi pertimbangan. Atas perhatian dan kesempatannya saya sampaikan terima kasih.

 

Hormat Saya,

 

Widya Novriyanti 

--

Sekarang, kamu sudah tahu kan apa itu surat lamaran kerja, macam-macam contoh surat lamaran kerja, dan cara membuatnya? Meski masih sekolah, kamu bisa memanfaatkan materi ini untuk diterapkan di masa depan nanti saat kamu akan melamar pekerjaan. Kamu juga bisa lho, belajar materi lain di ruangbelajar bersama Ruangguru. Semangat belajar!

ruangbelajar

Referensi:

Suryaman, Maman. 2018. Bahasa Indonesia Kelas XII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Edisi Revisi).

Keduanya Harus Dilampirkan, Ini Beda Surat Lamaran Kerja dan CV [daring] Tautan: https://www.popbela.com/career/working-life/niken-ari/apa-itu-surat-lamaran-kerja/3 diakses pada 25 Maret 2022.

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja [daring]. Tautan: https://karir.itb.ac.id/articles/detail/4 diakses pada 25 Maret 2022.

20 Contoh Surat Lamaran Kerja dan Template Gratisnya [daring]. Tautan: https://glints.com/id/lowongan/contoh-surat-lamaran-kerja/#.Yj1yXOdBztQ diakses pada 25 Maret 2022.

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate dan Berpengalaman [daring]. Tautan: https://money.kompas.com/read/2021/08/08/141804626/contoh-surat-lamaran-kerja-untuk-fresh-graduate-dan-berpengalaman?page=all diakses pada 25 Maret 2022.

Artikel ini telah diperbarui pada 20 September 2022.

Profile

Dinda Silviana Dewi