17 Contoh Teks Berita Singkat Berbagai Topik dengan Unsur 5W+1H | Bahasa Indonesia Kelas 8

Contoh Teks Berita Singkat

Pasti kamu sering mendengar berita setiap hari, kan? Yuk, lihat contoh teks berita singkat dalam berbagai tema, ciri-ciri, dan unsur 5W+1H nya yang bisa kamu jadikan referensi di artikel Bahasa Indonesia kelas 8 berikut ini.

 

“Setelah satu tahun tiga hari beristirahat, pada 4 Desember 2021 Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, meletus lagi. Letusan ini menghamburkan abu vulkanis, lava pijar yang cair, dan awan panas guguran.”

Hayoo, kira-kira tadi itu potongan dari teks apa, ya? Yap, bener banget, itu merupakan sedikit potongan dari teks berita. Berita pastinya mengandung teks yang berisi informasi kejadian di dunia ini yang berupa fakta. Biasanya, teks berita disajikan melalui media cetak atau disiarkan melalui televisi, radio, dan situs internet.

Pada masa sekarang ini, penting banget, nih, untuk kamu memahami tentang teks berita yang baik dan benar agar tidak mudah termakan hoaks. Yuk, simak beberapa contoh berita singkat dengan unsur 5W+1H dalam berbagai tema beserta pengertian, struktur, ciri-ciri, unsur, dan kaidah kebahasaannya.

Psst, ada pepatah mengatakan, seseorang yang menguasai berita, dialah yang akan menguasai dunia, lho!

 

Pengertian Teks Berita

Menurut KBBI, berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. Nah, dapat kita simpulkan bahwa teks berita adalah suatu teks yang menyampaikan kabar atau informasi kepada masyarakat tentang suatu peristiwa atau kejadian faktual dan aktual yang diinformasikan secara tertulis.

Apa, sih, maksudnya faktual dan aktual? Faktual berarti teks tersebut ditulis berdasarkan kenyataan, sementara aktual artinya kejadian tersebut baru saja terjadi.

Sudah paham ‘kan? Jadi, teks berita itu adalah teks yang berisi tentang segala kejadian atau peristiwa yang baru saja terjadi dan sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat.

Baca Juga: Pahami Pengertian Teks Berita, Unsur, Struktur & Kaidah Kebahasaannya

 

Ciri-Ciri Teks Berita

Ciri-ciri teks berita di antaranya sebagai berikut:

  1. 1. Bersifat objektif dan faktual, memberitakan sesuatu yang benar-benar terjadi, bukan opini atau gagasan penulis.
  2. 2. Menyajikan peristiwa yang sedang terjadi, tetapi bukan sesuatu yang umum terjadi setiap hari
  3. 3. Aktual, peristiwa yang diberitakan masih segar atau baru terjadi, bukan peristiwa lampau.
  4. 4. Data yang disajikan sesuai dengan peristiwa asli, tidak ada rekayasa
  5. 5. Bahasa yang disajikan menarik dan dapat memikat minat pembaca
  6. 6. Data yang diberitakan lengkap, khususnya data penting
  7. 7. Waktu dan tempat peristiwa jelas
  8. 8. Bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh pembaca
  9. 9. Alur peristiwa berurutan
  10. 10. Kalimat yang digunakan singkat, padat, dan jelas
  11. 11. Sumber berita valid dan bisa dipertanggungjawabkan
  12. 12. Judul berita bisa mewakili isi berita
  13. 13. Memuat unsur kata tanya 5W+1H atau ADiKSiMBa

 

Unsur-Unsur Teks Berita

Teks berita terdiri dari unsur 5W+1H, di antaranya what (apa), where (di mana), when (kapan), who (siapa), dan how (mengapa). Kamu juga bisa menyingkatnya dengan sebutan ADiKSiMBa. Nah, unsur-unsur teks berita ini wajib ada, agar informasi yang disampaikan jelas dan tidak menimbulkan kerancuan kepada pembaca.

unsur-unsur berita

Unsur-unsur teks berita mencakup 5W + 1H.

 

Struktur Teks Berita

Struktur teks berita terdiri dari judul, kepala berita, tubuh berita, dan ekor berita. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Judul Berita

Judul sangat penting dalam suatu berita karena berperan sebagai pemikat pembaca untuk membaca isi dari teks berita. Untuk itu, judul harus dibuat semenarik mungkin agar dapat memancing rasa penasaran pembaca.

2. Kepala Berita (Lead atau teras berita)

Kepala berita memiliki lingkup bahasan yang lebih besar. Artinya, ada banyak informasi yang disajikan pada bagian ini. Informasi penting dalam berita memuat unsur ADiKSiMBa. Umumnya pada bagian awal berita ini, penulis akan mengawali informasinya dengan menyajikan 4 unsur, yaitu “apa, di mana, kapan, dan siapa.”

3. Tubuh Berita (Body)

Bagian tubuh berita berisi penjelasan atau informasi yang disampaikan pada bagian kepala berita. Bagian ini adalah jawaban atas pertanyaan “mengapa dan bagaimana”. Umumnya, memuat latar belakang atau alasan suatu peristiwa bisa terjadi.

4. Ekor Berita

Bagian ini mencantumkan informasi yang bersifat tambahan. Apabila bagian ini dihilangkan, tidak akan berpengaruh terhadap pokok berita.

jenis-jenis berita

Baca Juga: Membahas Teks Eksplanasi beserta Contohnya, Lengkap!

 

Contoh Teks Berita Singkat

Nah, untuk menambah referensi kamu dalam menulis teks berita, berikut contoh berita singkat yang mengandung unsur 5W + 1H.

 

1. Contoh Teks Berita tentang Varian COVID-19

WHO: Omicron Lebih Cepat Menular daripada Delta, Lemahkan Vaksin

Jakarta, CNN Indonesia — Penelitian data awal oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan Covid-19 varian Omicron lebih cepat menular ketimbang Delta dan dapat melemahkan vaksin yang ada saat ini.

“Berdasarkan data yang ada saat ini, Omicron kemungkinan bakal mengalahkan varian Delta di tempat di mana terjadi penularan antar-masyarakat,” demikian pernyataan WHO yang dikutip AFP, Minggu (12/12).

Merujuk pada data yang dihimpun WHO, saat ini Omicron sudah menyebar di 63 negara. Mereka melihat Omicron cepat menyebar di Afrika Selatan, di mana varian Delta tak mendominasi.

Namun, mereka juga mencatat penyebaran cepat Covid-19 varian Omicron di Inggris, yang kasusnya secara keseluruhan sebenarnya masih didominasi Delta.

Meski demikian, WHO menegaskan bahwa data yang ada saat ini masih kurang. Mereka pun belum dapat memastikan tingkat penularan Omicron tinggi karena lebih mudah menembus respons imun atau memang lebih cepat menular.

Selain itu, WHO juga menyatakan bahwa data awal menunjukkan Omicron menyebabkan “pengurangan efikasi vaksin terjadi infeksi dan penularan [Covid-19].”

Terlepas dari temuan tersebut, WHO menekankan bahwa infeksi virus corona varian Omicron sejauh ini hanya menyebabkan gejala ringan. Mereka masih mengumpulkan data untuk menentukan tingkat keparahan klinis Omicron.

Penelitian ini masih terus dilakukan setelah Afrika Selatan melaporkan temuan varian baru tersebut ke WHO pada 24 November lalu.

Sejak saat itu, banyak pakar memang menyebut Omicron lebih cepat menular dan kemungkinan dapat melemahkan vaksin yang sudah ada saat ini.

Kendati demikian, sejumlah produsen vaksin menyatakan bahwa suntikan mereka masih efektif melawan Omicron. Pfizer/BioNTech bahkan menyebut tiga dosis vaksin mereka efektif menangkal varian baru itu.

(Sumber:https://www.cnnindonesia.com/internasional/20211213002956-134-733121/who-omicron-lebih-cepat-menular-daripada-delta-lemahkan-vaksin)

kaidah kebahasaan teks berita

 

2. Contoh Teks Berita tentang Bencana Alam Gunung Meletus

[Update] – Warga Mengungsi Akibat Letusan Gunung Semeru Sebanyak 3.697 Jiwa

JAKARTA – Penanganan darurat pasca awan panas guguran Gunung Semeru masih berlangsung pada hari keempat. Bencana letusan tidak hanya berdampak pada jatuhnya korban jiwa dan kerusakan, tetapi juga warga yang mengungsi akibat rusaknya tempat tinggal akibat material vulkanik.

Data terkini Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana Dampak Awan Panas dan Guguran Gunung Semeru pada hari ini, Selasa (7/12), pukul 12.00 WIB, jumlah warga mengungsi mengalami peningkatan menjadi 3.697 jiwa. Warga yang mengungsi ini sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Lumajang, sedangkan di Kabupaten Malang hanya terdapat 24 jiwa.

Sebaran titik pengungsian di Kabupaten Lumajang berada di Kecamatan Pronojiwo dengan 9 titik berjumlah 382 jiwa, Kecamatan Candipuro 6 titik 1.136 jiwa, Kecamatan Pasirian 4 titik 563 jiwa, Kecamatan Lumajang 188 jiwa, Kecamatan Tempeh 290 jiwa, Kecamatan Sumberseko 67 jiwa, Kecamatan Sukodono 45 jiwa,

Data korban jiwa tercatat warga luka-luka 56 jiwa, hilang 17 jiwa dan meninggal dunia 34 jiwa, sedangkan jumlah populasi terdampak sebanyak 5.205 jiwa. Terkait dengan jumlah warga yang dinyatakan hilang dan luka, posko masih melakukan pemutakhiran data dan validasi.

Selain dampak korban jiwa, erupsi mengakibatkan 2.970 unit rumah terdampak. Pihak pemerintah daerah masih melakukan pemutakhiran jumlah rumah terdampak maupun tingkat kerusakan. Bangunan terdampak lainnya berupa fasilitas pendidikan 38 unit dan jembatan terputus (Gladak Perak) 1 unit.

Hari keempat pasca erupsi, Presiden Joko Widodo meninjau lokasi terdampak yang berada di Kabupaten Lumajang. Presiden tiba di Lapangan Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, pukul 10.21 WIB. Presiden Jokowi bertemu para penyintas, melihat dapur umum dan meninjau pos Kesehatan serta menyerahkan santunan kepada para ahli waris korban meninggal akibat erupsi.

Sementara itu, Gunung Semeru terpantau mengalami 2 kali gempa letusan dan durasi gempa 55 – 125 detik. Di samping itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menginformasikan terjadi 7 kali gempa guguran dengan durasi 50 – 120 detik. Terkait dengan rekomendasi PVMBG terhadap aktivitas vulkanik Gunung Semeru sebagai berikut.

Pertama, masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 1 km dari kawah atau puncak Gunung Semeru dan jarak 5 km arah bukaan kawah di sektor tenggara – selatan, serta mewaspadai awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Selanjutnya, radius dan jarak rekomendasi ini akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya.

Kedua, mengimbau masyarakat agar menjauhi atau tidak beraktivitas di area terdampak material awan panas karena saat ini suhunya masih tinggi.

Ketiga, masyarakat perlu mewaspadai potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan.

Keempat, masyarakat perlu mewaspadai ancaman lahar di alur sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru. Hal tersebut mengingat banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk.

(Sumber:https://bnpb.go.id/berita/-update-warga-mengungsi-akibat-letusan-gunung-semeru-sebanyak-3-697-jiwa)

Baca Juga: Mengenal Teks Eksposisi, Ciri, Pola Pengembangan, Struktur, dan Contohnya

 

3. Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

Sebanyak 16 Unit Damkar Padamkan Api yang Membakar Dua Rumah di Cipete Utara

Dua rumah di Cipete Utara, Jakarta Selatan, terbakar pada Rabu. Kebakaran ini sempat membuat lalu lintas di sekitar lokasi menjadi macet.

Dua rumah yang terbakar sekitar pukul 17.35 WIB tersebut berlokasi di kawasan perkampungan Jalan Haji Jian, Cilandak Utara, Jakarta Selatan, Sabtu (15/3/2014). “Itu lokasinya masuk perkampungan. Jadi, masuk Jalan Fatmawati Raya, kemudian masuk Jalan Cipete, dan masuk Jalan Haji Jian. Berdasarkan laporan, kebakaran berawal dari rumah di Jalan Haji Jian nomor 2B,” kata petugas Pemadam Kebakaran Sudin Jakarta Selatan, Dendi.

Enam belas unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Mobil-mobil itu menyebar dan berusaha menjangkau lokasi kebakaran dari segala penjuru mata angin, mencari jalan tercepat. Akibatnya, macet tak terelakkan. Mobil pemadam kebakaran yang tercepat tiba pukul 18.10 WIB. “Macet. Dari utara, barat, timur, kita kerahkan supaya mana yang lebih dulu sampai langsung bisa menangani. Jadinya macet di Cipete, di Pos Fatmawati, dan sekitarnya,” tutur Dendi.

Dendi menyatakan dua rumah yang terbakar itu berhasil dipadamkan dan sekarang sedang dilakukan pendinginan. Beruntung tak ada korban jiwa dari kebakaran ini. Penyebab kebakaran belum bisa dipastikan oleh petugas.

(Sumber: https://news.detik.com/berita/d-2526888/16-unit-damkar-padamkan-api-yang-bakar-2-rumah-di-cipete-utara)

 

4. Contoh Teks Berita tentang Banjir

Belasan Motor Mogok Akibat Nekat Terjang Banjir di Bandar Lampung

Lampung Geh, Bandar Lampung – Nekat melintasi banjir, belasan sepeda motor alami mati mesin (mogok) di Jalan Yos Sudarso, Way Lunik, Kota Bandar Lampung sekitar pukul 16.30 WIB, Rabu (3/8/2022).

Berdasarkan pantauan Lampung Geh, hujan deras mulai mengguyur Kota Bandar Lampung sekitar pukul 14.00 WIB. Akibatnya sejumlah daerah serta jalan umum mengalami kebanjiran. 

Saksi mata, Rendi mengatakan, banjir di Jalan Yos Sudarso itu memiliki ketinggian sekitar 60 cm. Banyak pengendara sepeda motor yang nekat menerjang banjir hingga mengalami mati mesin.

“Banyak yang trabas (menerobos), terus mogok termasuk saya di Jalan Yos Sudarso dekat Jembatan Way Lunik. Ketinggian air sekitar se paha atas orang dewasa,” ungkapnya kepada Lampung Geh. 

Rendi juga mengungkapkan wilayah tersebut memang merupakan daerah langganan banjir terlebih ketika hujan deras mengguyur cukup lama. 

“Betul, di sini memang langganan banjir. Tapi sepertinya ini yang paling parah,” jelasnya.

(Sumber: https://kumparan.com/lampunggeh/belasan-motor-mogok-akibat-nekat-terjang-banjir-di-bandar-lampung-1yagEJIwbD8/full)

 

5. Contoh Teks Berita tentang Badai Salju di Amerika

Badai Salju dan Angin Kencang Ancam 75 Juta Warga Amerika

Badai salju dan angin kencang dari timur-laut berpotensi mengganggu 75 juta warga Amerika Serikat, tepatnya berpotensi memutus suplai listrik berbagai wilayah, menimbulkan banjir wilayah pesisir dan merusak perjalanan.

Badai yang terbentuk di lepas pantai Carolina, AS Jumat malam ini kemungkinan akan menguat dengan cepat saat mulai naik ke Pantai Timur semalam hingga Sabtu.

Dilansir dari CNN Weather (29/1), peringatan badai salju sudah disuarakan Jumat malam dan diperluas untuk mencakup 10 juta orang di 10 negara bagian di wilayah pesisir New England hingga Virginia. Zona tersebut meliputi Portland, Maine; Boston dan Cape Cod, Massachusetts; bagian timur Long Island di New York; Kota Atlantik, New Jersey; dan Ocean City, Maryland.

Layanan Cuaca Nasional AS juga memprediksi kondisi pemadaman listrik akan membuat perjalanan sulit, bahkan tidak mungkin, karena salju ditambah angin berkecepatan 56 km/jam (35 mph) selama lebih dari tiga jam, membuat jarak pandang kurang dari 400 meter.

Bahkan, terdapat lebih dari 2.000 penerbangan AS telah dibatalkan Sabtu, menurut FlightAware.

“Hujan salju terberat kemungkinan akan jatuh melintasi petak yang membentang dari Pantai Timur Maryland hingga sebagian besar Maine, dengan ketebalan salju kemungkinan bisa mencapai 6-12 inci,” kata Pusat Prediksi Cuaca (WPC) Jumat pagi.

Jika badai tersebut mencapai Boston, maka kota itu bisa mencatat rekor hujan salju terparah dalam satu hari sebesar 23,6 inci, yang pernah terjadi pada 17 Februari 2003.

Badai tersebut diperkirakan akan mendorong terjadi hujan salju lebat dan angin kencang di seluruh bagian Timur Laut, tetapi dampak pasti di seluruh wilayah masih dipertanyakan.

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20220129171659-134-752867/badai-salju-dan-angin-kencang-ancam-75-juta-warga-amerika)

 

6. Contoh Teks Berita tentang Olahraga Tenis

BREAKING NEWS – Legenda Tenis Roger Federer Umumkan Pensiun

Roger Federer akan menyudahi karier panjangnya di dunia tenis.

Laver Cup 2022 yang akan berlangsung pada pekan depan, 23-25 September, akan menjadi turnamen terakhir Roger Federer.

Cedera menjadi alasan Federer menyudahi kiprahnya sebagai petenis profesional.

Federer menghadapi sejumlah masalah fisik dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah operasi pada lutut juga menghalanginya untuk tetap aktif bertanding.

“Saya sudah berusaha keras untuk kembali ke performa kompetitif,” kata Federer dalam video yang diunggah di akun media sosialnya.

“Tetapi saya juga sadar dengan kapasitas tubuh saya dan batasannya, pesannya kepada saya sudah jelas. Usia saya sudah 41 tahun.”

“Laver Cup 2022 akan menjadi turnamen ATP terakhir saya. Saya masih akan bermain tenis tentunya tetapi bukan di Grand Slam atau Tour.”

Petenis berkebangsaan Swiss tersebut meraih kesuksesan besar sepanjang 24 tahun karier profesionalnya.

(Sumber: https://www.bolasport.com/read/313480438/breaking-news-legenda-tenis-roger-federer-umumkan-pensiun)

 

7. Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan Beruntun

Detik-detik Kecelakaan Beruntun di Jalan Alternatif Cibubur

Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya Transyogi, Desa Nabrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Kecelakaan melibatkan satu truk dan dua mobil.

“Kendaraan yang terlibat dump truck Isuzu nopol B-9756-BYZ, Daihatsu Xenia nopol B-1516-FRP, dan Suzuki APV nopol B-1457-TOI,” kata Kanit Gakkum Satlantas Polres Bogor Ipda Angga Nugraha melalui keterangannya, Senin (19/9/2022).

Kecelakaan beruntun bermula saat kendaraan dump truck melaju dari arah Gunung Putri menuju Cileungsi. Truk mengalami gagal fungsi rem di jalan menurun.

“Kondisi jalan menurun, arus lalu lintas padat, setiba di tempat kejadian perkara (TKP) gagalnya fungsi rem, lalu truk menyerempet belakang sebelah kanan Daihatsu Xenia,” terangnya.

Kemudian truk bergerak ke depan menabrak bagian belakang kendaraan Suzuki APV. Kemudian truk berhenti setelah menabrak kendaraan tersebut.

Diketahui, kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Alternatif Cibubur, Cileungsi, Bogor. Kecelakaan menimbulkan kemacetan parah di lokasi kejadian.

“Informasinya ada kecelakaan, saya sudah tiga jam lebih di Jalan Alternatif Cibubur, macet,” ujar pengendara mobil, Nanda, saat dihubungi detikcom.

Nanda mengatakan berangkat dari rumah di Citra Indah, Cileungsi, Bogor, sekitar pukul 10.00 WIB. Hingga pukul 14.00 WIB, kendaraannya masih berada di Jalan Alternatif Cibubur.

“Ini baru sampai di Kota Wisata, di Legenda maju dikit,” ujar Nanda saat dihubungi pukul 13.56 WIB.

(Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6300216/detik-detik-kecelakaan-beruntun-di-jalan-alternatif-cibubur)

 

8. Contoh Teks Berita tentang Turnamen Moto GP

Kemenangan Perdana Quartararo di MotoGP 2022

MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve Portimao baru saja berakhir dan dimenangkan Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha MotoGP, Minggu (24/4/2022).

Posisi kedua diisi oleh Johann Zarco dari Pramac Racing Ducati dan di belakangnya ada Aleix Espargaro dari Aprilia Racing.

Quartararo menjadi pebalap keempat yang memenangkan seri MotoGP, setelah Enea Bastianini, Miguel Oliveira, dan Aleix Espargaro. Selain itu, kemenangan di MotoGP Portugal 2022 menjadi kemenangan perdana Quartararo di MotoGP 2022.

Quartararo memulai balapan dari grid ke-5 dan langsung menempel ketat Joan Mir yang memiliki start bagus. Mir memang sempat memperlebar jarak dengan Quartararo, namun pebalap dengan nomor start 20 ini tidak menyerah.

Sampai di lap ke-4, Quartararo berhasil mengambil slip stream dari Mir dan menyalipnya di tikungan pertama. Mulai saat itu, Mir tidak mampu memperpendek gap waktu dengan Quartararo.

Bahkan Quartararo berhasil mencatatkan waktu tercepat, 1 menit 39,4 detik. Sampai akhir balapan pun Quartararo berhasil menjaga jarak waktu sampai lebih dari 5 detik.

Berkat tambahan 25 poin, Quartararo menjadi pemimpin klasemen dengan 69 poin. Sedangkan Zarco berhasil naik ke klasemen 5 dengan 51 poin dan Aleix Espargaro tetap di posisi ketiga klasemen dengan 66 pon.

(Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/24/201633915/kemenangan-perdana-quartararo-di-motogp-2022)

 

9. Contoh Teks Berita tentang Lumpur Lapindo

Mengenang 15 Tahun Lumpur Lapindo

Sudah 15 tahun tragedi semburan lumpur panas Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, berlalu. Namun sampai ini belum diketahui penyebab semburan gas disertai lumpur tersebut.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Kamis (7/10/2021), semburan itu berasal dari Sumur Bajarpanji 1 di Kecamatan Porong. Titik munculnya semburan berasal dari lokasi pengeboran gas milik PT Lapindo Brantas.

Awalnya semburan lumpur bercampur gas itu muncul pada waktu subuh di tengah persawahan desa. Warga dilaporkan keracunan akibat menghirup gas tersebut. Belakangan diketahui bahwa gas itu mengandung zat hidrogen sulfida.

Bencana ini pun memecahkan rekor sebagai sumber metana terbesar di Bumi. Fakta tersebut dijelaskan dalam artikel jurnal bertajuk Relevant Methane Emission to the Atmosphere from a Geological Gas Manifestation yang dirilis Scientific Report pada 18 Februari 2021.

Para peneliti menyebutkan bahwa semburan lumpur Lapindo memecahkan rekor sejarah gas metana tertinggi di Bumi yang menyumbang efek gas rumah kaca dan bencana hidrometeorologi di Indonesia.

Berdasarkan penelitian tersebut, emisi gas metan dari semburan lumpur Lapindo berimbas pada lonjakan suhu Bumi yang menyebabkan krisis iklim semakin buruk.

Seperti diketahui semburan lumpur panas itu kali pertama muncul di Dusun Balongnongo, Desa Ronokenongo dan Desa Jatirejo, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, pada 29 Mei 2006. Lumpur panas yang terus menyembur ini menggenangi permukiman, pertanian, dan perindustrian di tiga kecamatan di sekitarnya.

Lokasi pusat semburan hanya berjarak 150 meter dari sumur Banjar Panji-1 (BJP-1), yang merupakan sumur eksplorasi gas milik PT Lapindo Brantas.

Sampai saat ini belum diketahui dengan pasti penyebab munculnya semburan gas dan lumpur panas tersebut. Ada yang menyebut semburan muncul akibat pecahnya formasi sumur pengeboran. Sementara beberapa ahli mengatakan semburan lumpur panas itu disebabkan patahan, seperti terjadi di beberapa lokasi, salah satunya di Jawa Tengah, yaitu Bledug Kuwu.

(Sumber: https://www.solopos.com/mengenang-15-tahun-lumpur-lapindo-penyebabnya-misterius-1168979)

 

10. Contoh Teks Berita tentang Meninggalnya Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II Meninggal di Usia 96 Tahun

Ratu Elizabeth II, penguasa terlama dalam sejarah Inggris, meninggal dunia pada usia 96 tahun.

Dilansir dari Guardian, Pangeran Charles, 73, pewaris takhta sejak usia tiga tahun, sekarang menjadi raja, dan akan diumumkan secara resmi di Istana St James di London sesegera mungkin.

Dalam sebuah pernyataan, Istana Buckingham mengatakan: “Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini. Raja dan Permaisuri akan tetap berada di Balmoral malam ini dan akan kembali ke London besok.”

Bendera di gedung-gedung terkenal di Inggris diturunkan sebagai periode berkabung resmi diumumkan.

Sebagai Ratu Inggris dan 14 kerajaan lainnya, dan kepala Persemakmuran 54 negara, Elizabeth II dengan mudah menjadi kepala negara yang paling dikenal di dunia selama masa pemerintahan yang luar biasa panjang.

(Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2022/09/09/011352565/ratu-elizabeth-ii-meninggal-di-usia-96-tahun?page=all)

Baca Juga: Membahas Iklan: Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis, dan Contohnya

 

11. Contoh Teks Berita tentang Gempa Cianjur

[UPDATE] 268 Warga Meninggal Dunia Akibat Gempa Cianjur

CIANJUR – BNPB terus melakukan update korban bencana gempabumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat Senin (21/11) lalu.

Data sementara yang berhasil dihimpun hingga Selasa (22/11) pukul 17.00 WIB, terdapat ratusan jiwa meninggal dunia. Hal ini diungkap Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto saat memberikan keterangan pers di Kantor Bupati Cianjur.

“Korban meninggal dunia 268 jiwa, yang sudah teridentifikasi sebanyak 122 jenazah, masih ada korban hilang sejumlah 151 orang, kita akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh korban ditemukan,” ucap Suharyanto.

Kemudian data masyarakat yang mengungsi sejumlah 58.362 orang, luka-luka 1.083 orang, kerusakan infrastruktur seperti rumah rusak total berjumlah 22.198 unit.

“Pengungsi pada hari ini sudah mendapatkan fasilitas lebih baik, tenda besar telah didirikan baik dari BNPB, pemerintah, TNI/Polri dan bantuan lembaga lainnya,” lanjutnya.

“Dapur umum telah beroperasi, kalau masih ada yang kurang dan belum terlayani, lambat laun akan kami perbaiki,”.

Terkait banyaknya perbedaan data yang berkembang, Suharyanto berkata, pendataan masih terus dilakukan dan Posko telah didirikan, sehingga semua informasi tentang penanganan gempa Cianjur ini, secara resmi ialah yang dikeluarkan dari posko.

“Setiap sore akan ada update penanganan bencana dari Posko Tanggap Darurat yang ada di Kantor Bupati Cianjur,” imbuh Suharyanto

Merespon banyaknya kepedulian masyarakat untuk memberikan dukungan penanganan pascabencana, diharapkan semua berada dibawah pengelolaan posko.

“Bantuan kepada masyarakat terdampak baik yang datang dari pemerintah pusat, kementerian atau lembaga dan unsur swasta, semua akan dipusatkan di posko dan pendistribusiannya akan melalui posko,” jelas Suharyanto.

Meskipun dua rumah sakit di Kabupaten Cianjur ikut terdampak gempa, penanganan kesehatan tetap dapat dilakukan, tenda-tenda lapangan telah digelar di sekitar rumah sakit untuk dijadikan rumah sakit darurat.

“RSUD Cianjur dan Rumah Sakit Sayang sudah beroperasi dan ditambah tenda lapangan termasuk tambahan tenaga kesehatan,” imbuhnya.

“Sebagian dirujuk ke rumah sakit di luar Kabupaten Cianjur, 100 pasien telah dikirim ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung,” tutup Suharyanto.

Presiden Joko Widodo telah meninjau lokasi terdampak pada siang ini, beliau menyampaikan masyarakat yang rumahnya mengalami rusak berat akan mendapatksn bantuan 50 juta rupiah, rusak sedang 25 juta rupiah dan rusak ringan sebesar 10 juta rupiah.

(Sumber: https://bnpb.go.id/berita/-update-268-warga-meninggal-dunia-akibat-gempa-cianjur-)

 

12. Contoh Teks Berita tentang Hotel Kucing

Bikin Gemas, Hotel di Osaka Tawarkan Menginap Bersama Kucing

OhayoJepang – Pernah bermimpi menghabiskan malam hanya untuk melihat kucing? Jika iya, maka tempat ini bisa wujudkan impian kamu.

Ada sebuah tempat menginap yang baru buka di Osaka pada Desember 2019 lalu. Hotel bernama Neko Yokujo & Neko Hatago ini menarik perhatian banyak orang.

Tak heran, hotel ini memiliki konsep yang unik, yaitu sebagian dari biaya penginapan dialokasikan untuk operasional kafe kucing. Kafe ini menampung kucing-kucing yang ditelantarkan.

Biaya penginapannya berkisar 8.500 hingga 11.500 yen (belum termasuk pajak) per orang per malam. Harga ini sudah termasuk tiket masuk untuk kafe kucing yang ditelantarkan.

Konsep di balik fasilitas ini adalah sebuah hotel tempat para tamu dapat melihat kucing melalui jendela kaca tepat di samping tempat tidur.

Hotel ini dikelola bersama oleh Neco Republic Co. Ltd, yang mengelola tujuh kafe kucing di Jepang, dan Inovv Co. Ltd., pemilik Necorepa Fudosan, yang memperkenalkan properti “Ramah Kucing” bagi orang-orang yang ingin tinggal bersama kucing.

Sebuah unsur hiburan ditambahkan ke penginapan ini membawa sebuah pengalaman luar biasa kepada tiap tamu yang ingin singgah bermalam.

Penasaran tentang Neko Yokujo & Neko Hatago? Ayo kita lihat hal-hal yang membuat kamu ingin singgah dengan nyaman di tempat ini.

Jendela kaca memisahkan kafe kucing yang ditelantarkan dengan hotel bergaya asrama ini.

Kucing-kucing yang penasaran ini akan menuju ke arah kamar sehingga kamu bisa bermain-main dengan kucing-kucing ini dari balik kaca.

(Sumber: https://ohayojepang.kompas.com/read/1802/bikin-gemas-hotel-di-osaka-tawarkan-menginap-bersama-kucing)

 

13. Contoh Teks Berita tentang PHK

Induk Google Disebut akan PHK 10.000 Karyawan Tahun Depan

KOMPAS.com – Industri teknologi masih mengalami turbulensi. Badai PHK konon masih berlanjut hingga 2023 nanti.

Kali ini giliran perusahaan induk Google, Alphabet, yang disebut-sebut akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran secara global tahun depan.

Menurut laporan outlet media Financial Express, Alphabet konon bakal mem-PHK sekitar 10.000 karyawannya. Bila dihitung, angka tersebut setara 6 persen dari total tenaga kerja global Alphabet yang mencapai 187.000 karyawan pada 2022 ini.

Saat ini, kabarnya, manajer tim sudah diminta untuk mengevaluasi performa bawahannya. Anggota tim yang dianggap menunjukkan performa di bawah rata-rata kemungkinan akan di-PHK tahun depan.
Induk Google ini tidak memberikan komentar apapun soal isu PHK massal ini. Pun, belum jelas apakah PHK akan dilakukan di seluruh divisi perusahaan atau di vertikal tertentu saja.

PHK massal induk Google ini konon terjadi karena jumlah karyawan Alphabet yang terlalu “gemuk”.

Alphabet disebut mengalami lonjakan perekrutan pada beberapa kuartal terakhir. Salah satu penyebabnya karena pertumbuhan positif yang dicapai perusahaan selama pandemi.

Para analis pasar menyebut bahwa Alphabet mungkin terlalu banyak menambah karyawannya. Perusahaan induk Google ini dilaporkan telah menambah jumlah karyawannya sekitar 20 persen setiap tahunnya sejak 2017.

Sebagai gambaran, Alphabet tercatat memiliki total pekerja sekitar 156.500 orang tahun lalu, sebelum akhirnya membengkak menjadi 187.000 pada 2022.

Tak hanya itu, manajer investasi Christopher Hohn, menyebutkan bahwa karyawan Google umumnya dibayar lebih tinggi dibandingkan standar industri teknologi. Adapun gaji tahunan rata-rata karyawan Alphabet disebut sekitar 295.884 dollar AS (setara Rp 4,6 miliar) per orang.

(Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2022/11/25/08000037/induk-google-disebut-bakal-phk-10.000-karyawan-tahun-depan)

 

14. Contoh Teks Berita tentang Kebakaran Mabes Polri

Gedung Mabes Polri Kembali Terbakar, 15 Unit Mobil Damkar Dikerahkan

Jakarta, CNN Indonesia — Ruangan Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri kembali terbakar pada Kamis (24/11) sekitar pukul 22.15 WIB.

Kebakaran kembali terjadi setelah sebelumnya dinyatakan padam sekitar pukul 21.00 WIB. Sebanyak lima belas unit mobil pemadam kebakaran dan 65 personel dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.

“Iya balik lagi. Sudah 15 unit Damkar, personel kita 65 orang,” ujar petugas Call Center Damkar Jaksel Suparno, saat dikonfirmasi.

Suparno mengatakan berdasarkan informasi awal diduga titik awal api berasal dari baterai yang meledak usai terkena gesekan.

“Awal yang informasinya pergantian pekerjaan baterai di panel listrik. Tadi sempat nyala api, tadi aman pakai APAR. Ini barusan datang lagi, nyala lagi, asapnya tebal sekarang ini,” jelasnya.

Kendati demikian ia mengatakan sampai saat ini petugas di lapangan masih mencari titik utama sumber api tersebut.

“Cuma baru ketahuan asapnya doang belum ketemu titik apinya. Iya (tidak terlihat), mungkin di kabel,” tuturnya.

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221124232009-20-878413/gedung-mabes-polri-kembali-terbakar-15-unit-mobil-damkar-dikerahkan) 

 

15. Contoh Teks Berita tentang Badai di Arab Saudi

Arab Saudi Diterjang Badai, Sekolah Ditutup Sementara

Riyadh – Badai menerjang Arab Saudi barat, termasuk kota pesisir Jeddah pada Kamis (24/11). Akibat bencana itu, dua orang tewas hingga sekolah terpaksa ditutup.

“Dua kematian telah dicatat sejauh ini, dan kami meminta semua orang untuk tidak keluar kecuali jika diperlukan,” kata pemerintah daerah Mekkah di Twitter-nya, seperti dilansir AFP, Jumat (25/11/2022).

Wilayah Mekah meliputi Jeddah, kota terbesar kedua di kerajaan yang berpenduduk sekitar empat juta orang. Sedangkan kota Mekah, kota paling suci dalam Islam tempat jutaan orang menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahun.

Jalan yang menghubungkan keduanya, yang digunakan banyak peziarah untuk mencapai Mekah, ditutup pada Kamis setelah hujan mulai turun. Namun saat ini jalan tersebut sudah dibuka kembali.

Saluran Al-Ekhbariya yang berafiliasi dengan negara menunjukkan rekaman jamaah di Masjidil Haram di Mekah mengitari Ka’bah di bawah hujan lebat. Di Jeddah, gambar yang diposting ke media sosial menunjukkan lalu lintas menggeram dan sebagian kendaraan terendam air.

Bandara Internasional King Abdulaziz kota mengatakan bahwa ‘karena kondisi cuaca, keberangkatan beberapa penerbangan telah ditunda’ dan mendesak penumpang untuk menghubungi operator untuk jadwal terbaru.

Badan Pers Saudi resmi melaporkan sebelum fajar bahwa sekolah-sekolah di kota itu akan ditutup sementara karena hujan diperkirakan akan berlanjut sepanjang hari. Sekolah juga ditutup di kota terdekat Rabigh dan Khulais.

“Untuk menjaga keselamatan siswa laki-laki dan perempuan,” kata SPA.

Kerajaan berada di tengah ujian akhir, namun sekolah-sekolah telah ditutup secara nasional pada Rabu (23/11) setelah Raja Salman mengumumkan hari libur menyusul kemenangan mengejutkan Arab Saudi dari Argentina di Piala Dunia.

Hujan badai musim dingin dan banjir terjadi hampir setiap tahun di Jeddah, di mana penduduk telah lama mengeluhkan buruknya infrastruktur. Banjir menewaskan 123 orang di kota itu pada 2009 dan 10 orang lagi dua tahun kemudian.

(Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-6425427/arab-saudi-diterjang-badai-2-orang-tewas-dan-sekolah-ditutup-sementara)

 

16. Contoh Teks Berita tentang Pasien Covid-19

Menkes: 75 Persen Pasien Covid Gejala Sedang-Berat Belum Booster

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit (RS) mengalami kenaikan. Sebanyak 75 persen di antaranya belum mendapat suntikan vaksin ketiga alias booster. Budi mengatakan pasien yang belum booster tersebut rata-rata mendapat gejala sedang sampai berat.

“Kita sedang naik kasus di rumah sakit. Itu yang masuk kasus ke RS dan sedang-berat itu 75 persen belum dibooster,” kata Budi kepada wartawan, Kamis (24/11).

Selain itu, Budi juga mengungkapkan bawah 84 persen dari pasien Covid-19 yang meninggal dunia juga belum menerima suntikan booster. Oleh sebab itu, dia mewanti-wanti agar seluruh masyarakat segera melakukan suntik booster.

Budi membeberkan bahwa baru 66 juta dari 204 juta target sasaran yang mendapat booster.

“Jadi buat masyarakat tolong diingatkan agar cepat-cepat booster,” ucapnya.

Selain itu, Budi juga mengimbau agar tenaga kesehatan (nakes) dan warga lanjut usia (lansia) segera melakukan booster kedua.

“Dan jangan lupa boosternya pakai Indovac karena itu sudah terbukti sangat ampuh, tidak kalah dari produksi luar negeri,” ucap dia.

Diketahui, selama dua hari terakhir, kasus Covid-19 harian di Indonesia kembali menyentuh angka 7.000. Pada tanggal 22 November, kasus mencapai 7.644. Sehari setelahnya mencapai 7.221 kasus.

Terbaru, Kemenkes telah memberikan izin vaksinasi dosis keempat atau booster kedua bagi warga berusia di atas 60 tahun di Indonesia atau lansia.

Ketetapan itu tertuang dalam Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.02/C/5565/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster ke-2 Bagi Kelompok Lanjut Usia yang diteken oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu pada 22 November 2022.

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221124154018-20-878214/menkes-75-persen-pasien-covid-gejala-sedang-berat-belum-booster)

 

17. Contoh Teks Berita tentang Dampak Gempa

Kerusakan Situs Gunung Padang Akibat Gempa Cianjur

Jakarta – Gunung Padang yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, mengalami kerusakan. Gunung Padang turut terdampak gempa bumi. Dilansir detikJabar, Sabtu (26/11/2022), Koordinator Juru Pelihara Situs Gunung Padang, Nanang Sukmana, menjelaskan kerusakan Gunung Padang di bagian tourist information center (TIC), plafon TIC roboh akibat gempa.

“Jadi yang rusak kantor TIC, itu pun hanya plafonnya yang jatuh. Kalau situs utamanya aman, tidak ada kerusakan apa pun,” ucap Nanang, Sabtu (26/11/2022).

Menurutnya, aktivitas wisata di Gunung Padang saat ini masih berjalan. Wisatawan dari luar daerah pun masih banyak yang berdatangan untuk melihat kemegahan struktur bangunan peninggalan leluhur itu.

“Yang berkunjung masih banyak, terutama rombongan pelajar. Tapi tidak sebanyak sebelumnya, karena Cianjur masih berduka pascagempa,” jelasnya.

Gunung Padang merupakan situs megalitikum yang dibangun pada 5200 sebelum Masehi (SM). Situs dengan luas 291.800 meter persegi itu berlokasi di Kampung Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Gunung Padang juga ternyata mengarah ke Gunung Gede Pangrango di sebelah utara. Bahkan perhitungan arahnya sangat tepat, dimana Gunung Gede sebenarnya tidak persis berada di nol derajat arah utara, dan Gunung Padang sengaja dirahakan sesuai garis lurus dengan Gunung Gede Pangrango.

Situs Gunung Padang dibuat menggunakan bebatuan kekar kolom (coloumnar joint) dengan bentuk persegi lima memanjang disusun dan bukan terbentuk secara alami.

(Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6427885/begini-kerusakan-situs-gunung-padang-akibat-gempa-cianjur)

Nah, itulah beberapa kumpulan contoh teks berita singkat dengan unsur 5W + 1H yang bisa kamu jadikan referensi untuk tugas di sekolah. Mau belajar tentang teks berita dan melihat contoh-contohnya lebih banyak lagi dengan bantuan visual. Yuk, langsung buka ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Contoh Teks Omicron [daring]. Tautan: https://www.cnnindonesia.com/internasional/20211213002956-134-733121/who-omicron-lebih-cepat-menular-daripada-delta-lemahkan-vaksin (Diakses: 13 Desember 2021)

Contoh Teks Gunung Semeru [daring]. Tautan: https://bnpb.go.id/berita/-update-warga-mengungsi-akibat-letusan-gunung-semeru-sebanyak-3-697-jiwa (Diakses: 13 Desember 2021)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D