4 Pilihan Lomba untuk Produktif di Tahun Ajaran Baru, Buruan Daftar!

Sofia Nur Fauziah Jul 16, 2021 • 9 min read


Fakta_Seru_-_Lomba_Tahun_Ajaran_Baru

Mau lebih produktif menyambut tahun ajaran baru? Berikut informasi lomba yang bisa kamu ikuti! 

---

Sudah siap memasuki tahun ajaran baru? Apa aja nih yang sudah kamu persiapkan selama liburan kemarin? Semoga di tahun ajaran baru ini, target-targetmu dapat tercapai ya. Ngomong-ngomong selain rencana studi, penting juga lho untuk mengikuti kegiatan yang bisa mengasah potensi diri. Kira-kira kegiatan apa ya yang cocok?

Ada banyak dong tentunya, tapi mengikuti lomba bisa jadi pilihan untuk menilai seberapa jauh kemampuanmu. Nah kebetulan banget, saat ini ada beberapa lomba yang diselenggarakan oleh instansi dalam maupun luar negeri yang bisa kamu ikuti. Wah, lomba apa aja sih? Kali ini ada lomba esai, menulis, dan membuat konten. 

Daripada penasaran, langsung saja yuk simak informasi detailnya berikut ini.

1. Lomba Esai (The Understanding Korea Contest 2021)

lomba esai the understanding korea contest

(Sumber: https://overseas.mofa.go.kr/)

Kamu suka membuat tulisan yang membahas suatu topik menggunakan sudut pandangmu sendiri? Kalau begitu, kamu harus mengikuti Call for Essays: The Understanding Korea Contest 2021, nih! Kompetisi esai ini mengangkat dua tema, yaitu International Images of Korea dan Improvement using Understanding Korea Materials. Kabar baiknya, kompetisi ini dapat diikuti oleh peserta dari berbagai negara.

Jangan lewatkan kesempatan ini ya. Pemenang Call for Essays: The Understanding Korea Contest 2021 bisa mendapatkan hadiah sampai Rp 12.600.000, lho per orangnya. Eh, kalau nggak bisa bahasa Korea gimana? Tenang saja, kamu bisa memilih untuk membuat esai dalam bahasa Korea atau Inggris. Pendaftaran kompetisi esai ini akan ditutup pada 31 Juli 2021. Informasi mengenai pendaftaran Call for Essays: The Understanding Korea Contest 2021 selengkapnya dapat kamu lihat di website resmi Center for International Affairs (CEFIA) disini

2. Lomba Membuat Konten (American Independence #FreeToBeUS)

lomba content creator atamerica

Sumber: atamerica.or.id/

American Independence #FreeToBeUS adalah kompetisi yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Amerika Serikat oleh American Center milik Kedutaan Besar AS (@america) yang terletak di Jakarta, Indonesia. Kompetisi dalam bentuk giveaway ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas dan mengajak kamu untuk mengekspresikan diri sambil merayakan budaya pop Amerika. 

Bagi kamu yang senang terjun di dunia konten, wajib banget nih ikutan program ini. Kamu bisa mendapatkan Content Creator Package lho kalau berhasil menang. Periode pendaftaran kompetisi akan berakhir pada 31 Juli 2021. Jangan khawatir, kompetisi ini bisa diikuti oleh semua usia. Informasi selengkapnya mengenai American Independence #FreeToBeUS bisa kamu lihat detailnya di https://atamerica.or.id/id/events/detail/american-independence--freetobeus.

3. Writing Competition (Telkom Digitalbisa.id)


lomba writing competition telkom digitalbisa

(Sumber: www.digitalbisa.id)

Kamu punya passion di bidang tulisan? Ada Writing Competition yang diselenggarakan oleh Digitalbisa.id by Telkom Indonesia nih. Dalam rangka memperingati ulang tahun Telkom Indonesia yang ke-56, lomba menulis ini mengangkat tema “Digital Akselerasi Indonesia”. Subtema yang disediakan untuk tulisanmu yaitu Pemanfaatan digital di sekitar kita, Kontribusi Telkom untuk digitalisasi Indonesia, Digital dan budaya kita, Solusi digital untuk kemajuan bangsa, dan Akselerasi digital di pelosok nusantara. Kamu bisa memilih salah satunya, ya.

Persyaratan Peserta Lomba:

  • Semua usia.
  • Warga Negara Indonesia.
  • Follow media sosial @telkomindonesia.
  • Tulisan belum pernah dipublikasi dan diikutsertakan pada lomba apapun.
  • Repost informasi ini di Instagram story dan tag @telkomindonesia. 

Pendaftaran kompetisi ini akan ditutup pada 31 Juli 2021. Kamu bisa melihat informasi selengkapnya mengenai Writing Competition Digitalbisa.id by Telkom Indonesia di https://www.digitalbisa.id/artikel/undangan-terbuka-writing-competition-digitalbisaid-by-telkom-indonesia-Izhoy.

4. Lomba Video Kreatif (Kementerian Kehutanan dan Korea Forest Service)

lomba video kreatif korea forest center

(Sumber: kifcjakarta.org/video-contest)

Kamu tertarik berkontribusi di sektor kehutanan? Pas banget, nih! Saat ini, Korea-Indonesia Forest Center (KIFC) sedang membuka pendaftaran Lomba Video Kreatif untuk semua usia. KIFC adalah lembaga yang memfasilitasi kerjasama di sektor kehutanan antara pemerintah Republik Korea dan Republik Indonesia. Sejak awal berdiri di tahun 2011, KIFC berfokus untuk membuat program yang bisa melibatkan generasi milenial.

Lomba ini didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia dan Korea Forest Service (KFS). Tema yang diangkat dalam  lomba ini adalah “Karsa Karya Kehutanan di Era Pandemi” yang mencangkup aspek kehutanan secara luas. Berminat untuk mendaftar? Ikuti persyaratannya dibawah ini, yuk:

  • Peserta dapat berasal dari berbagai pihak (umum), yang terdiri dari individu/kelompok.
  • Peserta wajib mengikuti akun Instagram @kifcjakarta dan @kementerianlhk.

Pendaftaran lomba ini akan ditutup pada 1 Agustus 2021. Kamu bisa membaca informasi detail mengenai ketentuan, mekanisme, dan timeline pendaftaran lomba di https://kifcjakarta.org/video-contest/.

Sudah kebayang mau mengikuti lomba yang mana? Pastikan lomba yang kamu ikuti sesuai dengan kemampuan terbaikmu ya. Tentunya agar peluang untuk bisa bersaing lebih besar. Nah bagi kamu yang merasa kurang cocok untuk mengikuti lomba-lomba di atas, jangan bersedih. Kamu juga bisa lho mengikuti Kompetisi Sains Ruangguru dan berkesempatan mendapatkan hadiah dengan total Rp 400 juta. 

“Aku mau daftar lomba, tapi belum daftar aja udah takut kalah. Gimana ya solusinya?”

Rasa takut yang kamu rasakan sebenarnya adalah perasaan tidak percaya diri, lho. Terus gimana cara merubahnya? Tentu kamu harus mencari tahu dulu apa penyebab dari rasa tidak percaya diri yang kamu rasakan. Kalau merasa belum yakin dengan kemampuanmu, maka tugasmu adalah terus berlatih. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu baik di bidang akademik maupun non-akademik. Nah kalau mau mengikuti kompetisi akademik, kamu bisa belajar lebih giat lagi menggunakan ruangbelajar

New call-to-action

Beri Komentar