Ingin Tetap Berprestasi di Masa Pandemi? Simak 5 Informasi Lomba Berikut ini!

Sofia Nur Fauziah Mei 28, 2021 • 10 min read


Fakta_Seru_-_Rekomendasi_Lomba_untuk_Pelajar_dan_Mahasiswa-01

Artikel ini berisi 5 informasi lomba nasional dan internasional untuk pelajar, mahasiswa, dan umum.

---

Selama pandemi melanda Indonesia, kamu tim yang stay di rumah saja atau banyak beraktivitas di luar rumah nih? Sebenarnya dimanapun itu, jangan sampai lupa untuk menjaga protokol kesehatan ya. Meskipun angka penularannya sudah menurun, tapi Covid-19 masih ada di Indonesia. Jadi lebih baik tetap berjaga-jaga, daripada ambil resiko tertular atau menularkan Covid-19.

Ngomong-ngomong soal aktivitas selama pandemi, ada rekomendasi lomba nih untuk meningkatkan produktivitas kamu. Lomba-lomba ini diselenggarakan oleh instansi dalam dan luar negeri untuk pelajar, mahasiswa, dan umum. Hayo, siapa yang penasaran? Langsung aja yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.  

 

1. UNESCO Clubs 2021 Worldwide Youth Multimedia Competition

 

lomba unesco

(Sumber: unescousa.org/youth-multimedia-compe)

 

USFUCA, UNESCO Center for Peace and World Genesis Foundation menyelenggarakan UNESCO Clubs 2021 Worldwide Youth Multimedia Competition untuk pemuda di seluruh dunia. Kompetisi multimedia ini akan memberikan kesempatan kamu untuk membawa perubahan yang dibutuhkan global. 

Bagi kamu yang berusia 10-14 tahun (Junior), 15-19 tahun (Youth), atau 20-24 tahun (Young Adult), jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berprestasi di kancah internasional ya. Tahun lalu, 65 negara mengirimkan lebih dari 600 project. Nah tahun ini, kamu ingin menjadi salah satu pesertanya ‘kan? Cakupan hadiah yang bisa kamu dapatkan meliputi:

  • Tiga finalis pada setiap kategori umur akan menerima plakat resmi yang diukir dengan nama dan sertifikat.
  • Mendapatkan undangan ke UNESCO’S Builders of the Universe Camp yang diadakan di Hood College, Frederick, Maryland, USA. Undangan termasuk beasiswa bebas biaya camp, makanan, akomodasi, dan transportasi dari dan ke bandara (tiket pesawat tidak termasuk).
  • Special ceremony untuk pemenang kontes.
  • 9 pemenang teratas akan diakui dan ditunjukkan di kegiatan internasional setiap tahun.
  • Meningkatkan kemampuan kepemimpinan, mempelajari aktivitas yang dilakukan PBB, dan membangun relasi dengan pemuda dari seluruh dunia.

Pendaftaran dibuka 1 Maret-31 Mei 2021. Informasi selengkapnya dapat kamu lihat di https://www.unescousa.org/youth-multimedia-compe.

 

2. Festival Kewirausahaan dan Inovasi Siswa Indonesia (FIKSI)

FIKSI merupakan lomba kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemdikbud. Lomba ini bertujuan untuk mendukung kegiatan kewirausahaan pelajar SMA/MA/Sederajat agar bisa mempertahankan keberlanjutan bisnis/usahanya. Wah, siapa nih yang sudah siap untuk menuangkan ide kreatif berwirausaha di FIKSI? Simak persyaratannya berikut ini:

  • Siswa berkewarganegaraan Indonesia.
  • Siswa SMA/MA yang pada tahap final masih berstatus peserta didik di kelas X, XI dan/atau XII negeri maupun swasta (dapat dibuktikan dengan melampirkan identitas diri (copy KTP/SIM/Paspor/ 1. 2. KTM) dan surat pengantar atau surat tugas dari sekolah pada saat tahap final)), baik perorangan maupun kelompok, dengan maksimum 2 (dua) siswa dalam satu kelompok. 
  • Peserta yang lolos sampai tahap final, tidak boleh digantikan oleh siswa lain.
  • Peserta FIKSI 2021 yang berkelompok harus berasal dari sekolah yang sama.
  • Setiap peserta perorangan/kelompok hanya boleh mengajukan 1 (satu) judul usaha/bisnis.
  • Setiap peserta perorangan/kelompok yang pernah menjadi pemenang (peraih medali emas, perak, dan perunggu) pada FIKSI 2016-2020 tidak diperkenankan mendaftar sebagai peserta FIKSI 2021.
  • Produk dan jasa yang dapat didaftarkan merupakan karya yang belum pernah menang/ masuk kategori pemenang pada FIKSI 2016-2020 maupun lomba di bidang/kategori sejenis di tingkat nasional (yang diselenggarakan oleh Kementerian) atau lebih tinggi (dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan).
  • Keaslian karya dan isi/konten produk/jasa merupakan produk inovasi siswa dan tidak sedang dalam sengketa atau klaim dari pihak lain (dibuktikan dengan melampirkan surat pernyataan).
  • Panitia berhak mendiskualifikasi produk atau jasa jika: 
    - Karya terbukti tidak orisinil atau menjiplak karya lain
    - Sedang dalam sengketa.
    - Mendapatkan klaim dari pihak lain.
    - Tidak terpenuhinya syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam setiap tahapan seleksi FIKSI 2021.
    - Keputusan Panitia dan juri FIKSI 2021 mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal FIKSI dengan alamat http://sma.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/fiksi/.

Pendaftaran FIKSI dibuka Mei-Juli 2021. Kamu dapat membaca informasi selengkapnya mengenai FIKSI di 2021 di Pedoman FIKSI 2021 Jenjang SMA.

 

3. Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) 2021

KDMI diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemdikbud. Kompetisi ini bertujuan untuk membangun budaya 6C, yaitu collaboration (kerjasama), creativity (kreativitas), critical thinking (berpikir kritis), communication (berkomunikasi), citizenship (kewarganegaraan), dan character (karakter) dalam diri mahasiswa Indonesia. Melalui kompetisi ini, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir kritis. Nah, bagi kamu yang mungkin saat ini masih belum banyak mengikuti kegiatan, saatnya untuk unjuk diri! Yuk, simak persyaratan selengkapnya mengenai KDMI berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP.
  • Peserta baik tingkat wilayah maupun nasional merupakan mahasiswa aktif perguruan tinggi yang berada di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  • Satu tim wajib terdiri atas 2 orang pendebat dan 1 orang juri institusi (N1).
  • Pendebat adalah mahasiswa aktif Program Sarjana (maksimal semester 8) atau Diploma (maksimal semester 6 untuk D3 dan semester 8 untuk D4), yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) pada laman http://pddikti. kemdikbud.go.id, terhitung pada saat pelaksanaan KDMI Tingkat Nasional.
  • Juri N1 adalah mahasiswa aktif/ dosen dari perguruan tinggi asal Pendebat yang dibuktikan dengan Surat Tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perguruan tinggi.
  • Pendebat wajib mengikuti Seminar Debat.
  • Juri wajib mengikuti Seminar Penjurian, dan Akreditasi Juri.
  • Anggota tim tidak boleh diganti dengan alasan apapun.
  • Jika ada peserta pada saat pelaksanaan KDMI tingkat nasional sudah lulus atau melebihi batasan semester yang telah ditentukan diatas, maka yang bersangkutan harus digantikan oleh peserta yang lain.
  • Seorang mahasiswa tidak boleh mengikuti Kompetisi KDMI dan NUDC pada tahun yang sama (mulai dari tingkat wilayah dan tingkat nasional).

Pendaftaran KDMI dibuka pada bulan Juni. Kamu dapat membaca informasi selengkapnya mengenai KDMI di Pedoman Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tahun 2021.

 

4. Lomba Keterampilan Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus 2021

LKSN untuk peserta didik berkebutuhan khusus diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemdikbud. Lomba ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat pelajar berkebutuhan khusus terutama di bidang keterampilan. Melalui lomba ini, diharapkan pelajar berkebutuhan khusus dapat mencapai kemandirian dengan keterampilan yang dimiliki. Simak ketentuan peserta LKSN selengkapnya, yuk.

Ketentuan Peserta Lomba:

  • Bersekolah di Satuan Pendidikan Khusus (SKh/SLB, SDLB, SMPLB)/ Sekolah Umum (SD, SMP, SMA, SMK)/Pendidikan Masyarakat/Program Paket Penyelenggara Pendidikan Inklusif.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  • Peserta didik terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  • Merupakan peserta didik kebutuhan khusus terbaik tingkat provinsi tahun 2021 yang ditunjuk atau ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.
  • Peserta belum pernah menjadi juara I (pertama) pada cabang yang sama pada LKSN yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun-tahun sebelumnya.
  • Persyaratan usia peserta LKSN Pendidikan Khusus Tahun 2021:
    - Peserta didik lahir setelah tanggal 1 Juni Tahun 2002 untuk jenjang SMP/SMPLB/Paket B. 
    - Peserta didik lahir setelah tanggal 1 Juni Tahun 1999 untuk jenjang SMA/SMK/SMALB/Paket C. 
    - Bagi cabang lomba yang bersifat terbuka (dapat diikuti berbagai jenjang) Peserta didik lahir setelah tanggal 1 Juni Tahun 1999.
  • Kontingen Provinsi terdiri dari :
    - Sembilan peserta lomba untuk sembilan cabang lomba keterampilan. 
    - Sembilan pendamping untuk sembilan peserta kompetisi. 
    - Satu orang penanggung jawab/Kabid Pendidikan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi. 
    - Satu orang koordinator kontingen provinsi yang ditunjuk Dinas Pendidikan Provinsi. 
    - Satu orang operator yang membantu koordinator dalam penggunaan aplikasi lomba.
  • Peserta, pelatih/pembimbing/pendamping, koordinator wajib registrasi pada portal lomba pendidikan khusus di https://pk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.
  • Semua proses/kegiatan LKSN PDBK tahun 2021 dilakukan sesuai protokol kesehatan cegah Covid-19.

Pendaftaran LKSN dibuka pada 19-28 September 2021. Informasi selengkapnya mengenai LKSN dapat kamu baca di Panduan Teknis LKSN Peserta Didik Berkebutuhan Khusus 2021

 

5. Tarung Puisi: Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional

lomba tarung puisi

(Sumber: www.instagram.com/bastra.id)

Tarung Puisi merupakan lomba menulis puisi yang diselenggarakan oleh Yayasan Bastra.id. Lomba ini ditujukan untuk umum dengan tema puisi bebas. Penilaian puisi dilakukan oleh Tim Bastra.id dengan parameter kesesuaian format (10%), variasi rima (20%), kebaruan tema dan refleksi (20%), penggunaan gaya bahasa (20%), dan pemilihan diksi (30%). So, sebelum menulis puisi jangan lupa untuk memperhatikan parameter penilaian yang sudah ditentukan ya. Simak informasi persyaratan lomba selengkapnya berikut ini:

  • Lomba bersifat individu, dan puisi merupakan hasil karya sendiri (bukan plagiarisme atau buatan kelompok).
  • Melakukan pembayaran Tarung Puisi, dan melampirkan hasil pindai, foto, atau tangkapan layar bukti pembayaran saat mengisi formulir pendaftaran.
  • Setiap karya yang merupakan bentuk plagiarisme bukan tanggung jawab panitia dan apabila terbukti melakukan hal tersebut puisi akan didiskualifikasi, dan posisi akan digantikan oleh peringkat yang berada di bawahnya.
  • Naskah lomba belum pernah memenangkan lomba apapun sebelumnya, dan belum pernah dipublikasikan di media massa.
  • Hak publikasi setiap puisi menjadi milik panitia. Bastra ID berhak memperbanyak dan mempublikasikan naskah peserta dengan tetap mencantumkan nama penulis.
  • keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
  • Naskah yang tidak memenuhi syarat akan didiskualifikasi.

Pendaftaran Tarung Puisi dibuka 18 April-28 Juni 2021. Bagi kamu yang berminat, bisa langsung membaca informasi selengkapnya di Buku Panduan Tarung Puisi 2021

---

Wah banyak sekali ya ternyata pilihan lomba yang bisa diikuti. Kira-kira kamu ingin mendaftar yang mana nih? Nggak usah bingung gitu ya. Kamu tinggal menyesuaikan dengan minat dan bakat yang dimiliki. Nah meskipun semangat berprestasi untuk mengikuti lomba, kamu jangan melupakan kewajiban dari sekolah ya. Tenang saja, kamu bisa belajar dengan fleksibel menyesuaikan waktu luang di ruangbelajar. 

New call-to-action

Beri Komentar