Dari MOS Hingga Farewell: Semakin Dekat Ke Akhir Perjalanan 3 Tahun

Ruangguru Mar 13, 2016 • 3 min read


Perasaan kita mungkin campur aduk dari deg-degan menjelang ujian, capek mengikuti kelas, dan les privat, bosen belajar bersama, hingga senang karena sebentar lagi akan memasuki fase baru. Terutama buat teman-teman yang duduk di bangku SMA, hmm... pasti sudah tidak sabar untuk segera lulus dan masuk ke universitas dan jurusan impian.

Rasanya baru kemarin ya kita sibuk mempersiapkan diri mendaftar di sekolah kita sekarang. Menyiapkan berkas, berharap nilai kita cukup untuk bisa masuk, hingga euforia murid baru, seperti beli tas, sepatu, stationery, atau mungkin akhirnya menggunakan kendaraan pribadi sebagai tanda orang tua percaya dan beranggapan kita sudah dewasa, akhirnya, hehe.

Selain itu, masih teringat jelas juga bagaimana masa-masa menjalani MOS atau Masa Orientasi Sekolah yang mana biasanya nih kita harus menyiapkan perlengkapan yang aneh-aneh, seperti dasi pete, ikat rambut sesuai bulan lahir, atau menebak jajanan yang dibuat semacam kode oleh senior kita. Kalau diingat lagi, bawaanya jadi lucu dan penuh kenangan meski waktu jalaninnya dulu mulut manyun juga, hihi.

image_63_ilustrasi mos.jpgMasa Orientasi Sekolah (Sumber: setiasungguh.blogspot.com)

And as a junior, our adventure began. Kenalan dengan teman sekelas, diajakin senior untuk bergabung ke ekskul tertentu, mengerjakan tugas aneh bin ajaib demi satu ekskul bareng kakak cakep itu *ehem*, dan bersikap sopan sama senior biar tetap “aman”. Di kelas, juga mulai terlihat nih mana kumpulan anak-anak rajin yang biasanya duduk di depan, anak gaul yang hobi nongkrong depan kelas, dan anak-anak cowok yang kongkow di bagian belakang kelas.

cheers1.jpgSalah satu ekstrakurikuler di sekolah adalah cheers (Sumber: kolesegonzaga.com)

Naik ke kelas dua, rasanya mulai malas sekolah nih pasti, tapi kehadiran junior-junior baru memompa lagi semangat yang telah memudar *eaa*. Di kelas dua, kita juga semakin solid sama teman-teman seangkatan di kelas atau di ekskul. Terlibat banyak acara sekolah, mengincar satu posisi pengurus di OSIS atau kepanitiaan, dan ikut les tambahan pasti jadi agenda wajib anak kelas dua. Sophomore year maybe the best year for some of us, right?

49172-cuma-anak-osis-yang-bisa-ngerasain-5-keuntungan-ini.jpgPengurus OSIS (Sumber: hai.grid.id)

Dan tibalah di tahun terakhir kita. Di mana ujian kelas, Ujian Nasional, dan Ujian Akhir Sekolah, hingga Ujian Masuk ke Universitas mulai menghantui para senior sekolah. Di semester kedua, kumpul sekelas pun semakin sering nih untuk urusan buku tahunan! Membuat konsep, mengurus properti dan fotografer, sampai menentukan jadwal foto juga bisa sampai ada “drama” tersendiri.

fotoangkatan20102011.jpgBuku tahunan sekolah angkatan (Sumber: halokampus.com)

Belum lagi memikirkan penampilan kelas untuk acara Farewell nanti atau mulai membicarakan rencana liburan bersama sekelas sekaligus perpisahan. Wah, jadi semakin baper karena membayangkan nanti semua pada semakin sibuk sendiri dan akan jarang hang-out bareng deh. So teman-teman, make sure this last year would be a memorable one!

Because, no matter how much you think you hate school, you’ll always miss it when you leave. Cheers!

 

Beri Komentar