Distribusi Potensi Wilayah Indonesia yang Harus Kamu Ketahui | Geografi Kelas 7

distribusi potensi wilayah indonesia

Artikel Geografi kelas VII ini akan membahas distribusi potensi wilayah Indonesia. Mulai dari persebaran wilayah indonesia (dataran rendah, tinggi, laut) dan faktor-faktor dalam distribusi potensi wilayah Indonesia.
 
--


Apakah kamu pernah makan buah stroberi? Pasti pernah dong. Tapi tahu kah kamu, bahwa buah stroberi ini merupakan buah yang hanya mampu hidup di dataran tinggi?

Dataran tinggi merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi di Indonesia. Hayo, kamu tahu nggak ada apa saja potensi di wilayah indonesia yang lain? Kita cari tahu, yuk!

 

Pembagian Potensi Wilayah Indonesia

Berdasarkan karakteristik wilayah Indonesia, sebenarnya dapat dibagi menjadi 3 potensi wilayah, yaitu:

 pembagian potensi wilayah indonesia

 

1. Potensi wilayah dataran tinggi

Dataran tinggi merupakan dataran yang berada pada ketinggian lebih dari 200 m dari permukaan laut. Dataran tinggi sering dimanfaatkan untuk usaha perkebunan dan tempat wisata pendakian. Tumbuhan yang cocok untuk dataran tinggi ini adalah teh, kopi, sayuran, dan buah-buahan seperti stroberi. Daerah yang termasuk dataran tinggi di indonesia adalah Dataran Tinggi Dieng yang terletak di Provinsi  Jawa Tengah, Dataran Tinggi Gayo Alas di Provinsi Aceh, dan Dataran Tinggi Kerinci  di Provinsi Jambi.

2. Potensi wilayah dataran rendah

Dataran rendah merupakan dataran yang berada pada ketinggian 0-200 m di atas permukaan air laut. Nah, dataran ini lah yang biasanya dimanfaatkan untuk pemukiman pendudukan, pertanian, pertambangan hingga perdagangan. Tanaman yang biasa tumbuh pada dataran ini antara lain padi dan palawija.

3. Potensi wilayah perairan laut

Tahukah kamu bahwa luas perairan laut Indonesia sebesar 3,25 juta km2. Dengan perairan yang seluas itu, sumber daya ikan laut di seluruh perairan Indonesia pada tahun 2019-2020 diperkirakan menghasilkan 7,53 juta ton per tahun. Selain itu, wilayah perairan laut indonesia juga menjadi tempat wisata bahari lho.

Baca juga: Mengenal Macam-macam Potensi Sumber daya Alam

 

Untuk menghafal 3 potensi wilayah di indonesia, kamu bisa mengikuti gambar di bawah ini.

potensi wilayah indonesia

Nah, sekarang kamu lebih mudah kan memahami potensi wilayah indonesia. Untuk mengenal distribusi potensi wilayah Indonesia, kamu perlu mengetahui faktor-faktor yang menghasilkan interaksi antarwilayah ya. Semangat membaca!

 

Faktor-faktor yang Menghasilkan Interaksi Antarwilayah

 

1. Kebutuhan Saling Melengkapi (Regional Complementary)

 

faktor saling melengkapi

 

Kondisi faktor ini terjadi ketika ada wilayah-wilayah yang berbeda dalam ketersediaan dan kemampuan sumber daya yang dihasilkannya. Misalnya, wilayah A merupakan penghasil sayuran, sedangkan wilayah B merupakan penghasil ikan. Wilayah A membutuhkan ikan, sedangkan wilayah B membutuhkan sayuran. Maka kedua wilayah ini dapat melakukan interaksi melalui aktivitas perdagangan atau jual beli untuk memenuhi kebutuhan masing-masing wilayah tersebut. Saling melengkapi bukan?

Nah, karena faktor ini lah mengapa buah stroberi yang tumbuh di dataran tinggi bisa sampai di tangan kamu yang mungkin berada di wilayah dataran rendah.

 

2. Kesempatan Berintervensi (Intervening Opportunity)

 kesempatan berinvestasi

Kesempatan berintervensi terjadi  ketika suatu lokasi menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan. Contohnya adalah wilayah A biasanya membeli ikan ke wilayah B, namun baru diketahui wilayah C juga penghasil ikan. Alhasil karena wilayah C lebih dekat dengan wilayah A, maka pembeli ikan dari wilayah A akan beralih membeli ikan ke wilayah C. Akibatnya, interaksi antara wilayah A dan B menjadi melemah. Dalam hal ini, wilayah C mengintervensi interaksi yang sebelumnya terjadi antara wilayah A dan wilayah B.

 

3. Kemudahan Transfer (Transferability)

 

distribusi wilayah indonesia

 

Kemudahan transfer merupakan kemudahan pemindahan manusia, barang, jasa, gagasan dan informasi antara satu wilayah dan wilayah lainnya. Kemudahan transfer antar wilayah ini sangat berkaitan dengan jarak antarwilayah, biaya transportasi, kemudahan dan kelancaran prasarana dan sarana transportasi antarwilayah.

Bagaimana Squad, sudah paham kan mengenai distribusi potensi wilayah indonesia? Selain Indonesia memiliki potensi yang sangat beragam di setiap wilayahnya, namun perlu juga ditingkatkan kemudahan transfer dari setiap wilayah tersebut. Baik dari sisi kemudahan prasarana dan sarana transportasi hingga biaya yang dapat dijangkau. Kalau kamu ada PR terkait materi ini, langsung aja chat tutor yang berpengalaman lewat ruanglesonline. Yakin deh! Belajar kamu pasti lebih mudah!

New Call-to-action

Referensi:

Suciati, Iwan Setiawan, Ahmad Mushlih, dan Dedi. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi Revisi 2014 untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Artikel ini diperbarui pada 5 Juli 2021

Profile

Zara Larasati

Beri Komentar