3 Asas Pemungutan Pajak? | Ekonomi Kelas 11

asas pemungutan pajak

Artikel Ekonomi kelas XI kali ini akan membantumu untuk mengenal 3 asas pemungutan pajak.

 —

Squad! Ketika kuliah nanti, kamu ingin nggak mengambil jurusan perpajakan? Peminatnya banyak, lho. Nah, sebelum mempelajarinya dengan lebih mendalam di bangku perkuliahan nanti, kamu perlu tahu dalam pemungutan pajak memiliki 3 asas yang perlu diperhatikan. Apa saja ya? Asas domisili, asas sumber, dan asas kebangsaan. Ayo, kita pelajari lebih lanjut! 

undang-undang pemungutan pajak

Asas Domisili

Menurut asas domisili, pajak akan dikenakan ke seseorang apabila orang yang bersangkutan merupakan berdomisili di negara tersebut. Jika kasusnya adalah badan usaha, maka badan usaha tersebut akan dikenakan pajak jika berkedudukan di negara tersebut. Asas domisili juga berhak mengenakan pajak kepada wajib pajak tanpa mempertimbangkan asal sumber pendapatan pihak tersebut. Selain sumber pendapatan, asas domisili juga tidak melihat kewarganegaraan dari wajib pajak yang bersangkutan. Diingat ya! 

Asas Sumber

Sesuai dengan namanya, negara yang menganut asas sumber akan mengenakan pajak atas penghasilan yang diterima seseorang atau badan dari sumber-sumber yang berada di sebuah negara. Oleh karena itu, wajib pajaknya tidak dipermasalahkan ya, karena yang jadi masalahnya adalah objek pajak yang berasal dari negara tersebut. Contohnya gimana, sih? Contohnya adalah penghasilan yang didapat tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia akan dikenakan pajak oleh pemerintah Indonesia.

Asas Kebangsaan

Dalam asas kebangsaan, landasan pengenaan pajak adalah status kewarganegaraan dari orang atau badan yang memiliki penghasilan. Asas kebangsaan tidak mempermasalahkan asal dari penghasilan yang dikenakan pajak tersebut ya. Selain itu, asas ini juga nggak mempermasalahkan domisili dari pihak yang dikenakan pajak tersebut. Ingat lho, jangan sampai tertukar-tukar, ya! 

asas domisili dalam undang-undang perpajakan

Nah Squad, bagaimana? Ternyata asas pajak itu beragam bentuknya, ya! Coba kamu ingat-ingat supaya nggak tertukar, ya. Kamu mau belajar lebih lanjut? Yuk, pakai ruangbelajar! Kamu bisa tonton video belajar beranimasi, menjawab latihan soal, dan membaca rangkuman dalam 1 aplikasi sekaligus, lho! Kuy, download sekarang!

ruangbelajar

Referensi
Alam S. 2014. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

 

Artikel diperbarui 25 November 2020

Embun Bening Diniari