12 Film Natal Terbaik untuk Temani Liburanmu Bersama Keluarga

Film Natal

Mau buat liburan Natal lebih seru? Yuk, lihat berbagai referensi film Natal terbaik sepanjang masa yang bisa temani liburanmu bersama keluarga berikut ini.

--

Apa nih rencana kamu di hari libur Natal kali ini? Berkumpul bersama keluarga pastinya akan lebih seru sambil menonton film-film Natal terbaik sepanjang masa. Kira-kira, ada apa saja ya film Natal yang bisa kamu tonton? Nggak usah bingung, simak saja beberapa rekomendasi film Natal di bawah ini.

 

1. Home Alone 1 dan 2

Home Alone 1 dan 2Home Alone 1 dan 2 (Sumber: amazon.com)

Kayaknya nggak afdol, kalau ngomongin film Natal tanpa Home Alone. Film Home Alone 1 dan 2 menjadi film ikonik tentang Natal yang diperankan oleh Macaulay Culkin sebagai Kevin. Kedua film ini bercerita tentang pengalaman Kevin yang harus ditinggal sendirian oleh orang tua dan keluarganya selama liburan.

Di Home Alone 1, Kevin tertinggal di rumah sendiri saat keluarga terbang ke Paris untuk berlibur. Keseruan pun dimulai saat ada dua perampok yang datang ke rumah Kevin. Kamu akan melihat kecerdasan dan kelucuan dari aksi Kevin dalam menangkap kedua perampok ini.

Tak jauh berbeda, film Home Alone 2 juga menceritakan tentang Kevin yang terpisah pesawat dari keluarganya saat libur Natal. Kevin yang tersesat di New York sendirian pun tak sengaja bertemu dengan dua perampok yang sebelumnya telah tertangkap di Home Alone 1. Kevin pun harus berusaha lari dari kejaran dua perampok yang ingin membalas dendam ini.

 

2. Elf 

elfBuddy sebagai utama (Sumber: thebluenote.com) 

Film ini berkisah tentang William (Will Ferrell) yang terbawa ketika masih bayi di karung hadiah Santa. Pada akhirnya, ia dirawat oleh Santa dan kaum elf sampai beranjak dewasa. Saat berusia 30 tahun, ia baru diberi tahu bahwa sebenarnya dirinya adalah manusia. Setelah itu, ia pun hendak mencari keluarga aslinya dan memulai perjalanannya yang pertama kali di kota besar. Coba bayangkan, apa jadinya ia ketika coba beradaptasi dengan dunia manusia? Pasti akan seru sekali ya. Film ini cocok dinikmati bersama seluruh anggota keluarga.

Baca juga: 12 Film tentang Ayah yang Inspiratif dan Mengharukan, Sudah Nonton?

 

3. Polar Express 

polar expressThe Polar Express (Sumber: hbomax.com)

Polar Express merupakan film animasi yang bercerita tentang seorang anak kecil bernama Billy yang awalnya tidak percaya pada kehadiran sinterklas. Pada suatu malam Natal, Billy melihat sebuah kereta bernama The Polar Express dan ikut naik ke atasnya. Tak diduga, kereta ini ternyata menuju ke Kutub Utara. Banyak hal yang dialami olehnya dalam perjalanan tersebut. Simak keseruannya dengan menonton kelanjutan kisahnya langsung ya!

 

4. A Christmas Carol

A Christmast CarolA Christmast Carol (Sumber: hollywoodreporter.com)

Film Natal animasi ini dibuat berdasarkan sebuah novel klasik dengan judul sama. Dibuat dengan teknologi animasi modern, film ini menceritakan tentang seorang pria tua bernama Scroog yang sangat membenci hari Natal. Hingga suatu ketika, Scrooge didatangi oleh seseorang yang memberi tahu bahwa Scrooge akan didatangi oleh tiga sosok gaib yang akan mengubah kisah perjalanan hidupnya.

Tiga sosok gaib ini kemudian mengantar Scrooge melewati perjalanan panjang melampaui batas ruang dan waktu untuk membuka mata hati Scrooge. Ketiga sosok ini memperlihatkan apa yang akan terjadi jika Scrooge tidak segera merubah jalan hidupnya.

 

5. Joyeux Noël 

Joyeux Noël 

Adegan pada film Joyeux Noel. (Sumber: chronicchronicler)

Semakin parahnya kondisi Perang Dunia I ketika Desember 1914, Eropa dihadapkan pada sebuah kekacauan brutal. Hal ini seakan memaksa orang untuk membunuh atau dibunuh. Seiring pertumpahan darah terus berlanjut, para prajurit di Front Barat pun terdesak untuk melakukan upaya perdamaian. Untuk melawan semua perbedaan, empat orang dari berbagai kubu (Perancis, Jerman, dan Skotlandia) membangun ikatan, memunculkan harapan kemanusiaan, dan membagikannya di malam Natal yang kudus. Film produksi Perancis arahan Christian Carion ini diangkat dari kisah nyata dan meraih banyak penghargaan.

 

6. Joulutarina "Christmas Story" 

Joulutarina "Christmas Story" Film Joulutarina (Sumber: tmdb.com) 

Ribuan tahun yang lalu di Lapland, seorang anak laki-laki bernama Nikolas kehilangan keluarganya saat terjadi kecelakaan. Warga setempat pun memutuskan untuk mengasuh Nikolas. Setahun sekali saat Natal, Nikolas pindah dari satu rumah ke rumah lain. Sebagai rasa terima kasihnya, ia memutuskan untuk membuat mainan bagi anak-anak di setiap keluarga sebagai hadiah perpisahan. Semakin lama, hampir setiap rumah pasti sudah punya hadiah dari Nikolas. Di usianya yang ke-13, Nikolas dikirim untuk melanjutkan hidup dan bekerja pada Iisakki, seorang tukang kayu tua yang galak. Ia tidak memperbolehkan Nikolas untuk terus menyiapkan hadiah Natal. Wah, bagaimana kelanjutannya ya? Coba saksikan bersama keluarga dan teman-temanmu yuk!

 

7. Rare Exports: A Christmas Tale 

Rare Exports: A Christmas Tale Rare Export (Sumber: rareexportsmovie.com) 

Unik, segar, dan sedikit provokatif membuat film ini menarik dan berbeda dengan film bertema Natal pada umumnya. Jalmari Helander sebagai sutradara seakan ingin mendobrak tembok pembatas film sejenis yang hanya menyajikan kisah "itu-itu saja". Well, ini merupakan kisah spin-off dari sosok sinterklas yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Hollywood. Kombinasi antara drama yang mengharukan disertai humor gelap, dan elemen horor-fantasi yang cukup mencekam akan membuat emosimu terpancing. Yuk, tantang dirimu untuk menyaksikan film ini di libur Natal!

 

8. Arthur Christmas 

Arthur Christmas Arthur Christmas (Sumber: asset1.com) 

Film animasi dengan genre komedi ini bercerita mengenai kehidupan keluarga Santa beserta para pasukannya di Kutub Utara. Dalam film ini digambarkan segala usaha mereka untuk mengantarkan kado pada anak-anak agar Natal bisa terwujud dengan sempurna. Hal yang lucu dari film ini, diceritakan bahwa Santa dan pasukannya sudah bekerja dengan sistem modern. Film ini mendapat banyak pujian karena lucu dan menghangatkan hati.

 

9. Love Actually

Love Actually

Love Actually (Sumber: independent.com) 

Walau film ini sudah diproduksi 13 tahun lalu, namun tetap seru disaksikan sampai sekarang. Film ini mengisahkan berbagai kisah cinta yang terjadi dengan setting negara Inggris. Selain plotnya unik, film ini juga dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, seperti Hugh Grant, Keira Knightley, Emma Thompson, hingga Rowan Atkinson. Kamu wajib tonton film ini karena sarat pesan dan menghadirkan kesan positif.

 

10. The Man Who Invented Christmas

The Man Who Invented ChristmasThe Man Who Invented Christmas (Sumber: hulu.com)

Berlatar waktu pada bulan Oktober 1843, film ini menceritakan tentang kisah seorang penulis bernama Charles Dickens. Dicken saat itu harus merasakan kekecewaan karena kegagalan tiga buku terakhirnya. Setelah mengalami penolakan dari penerbitnya, Dickens akhirnya kembali bertekad untuk menulis dan menerbitkan buku yang diharapkan dapat menghidupkan kariernya kembali. Buku ini dikenal dengan A Christmas Carol, sebuah karya yang mencampuradukkan inspirasi dari kisah nyata dan imajinasi Dickens.

Film biografi-drama ini menceritakan proses diciptakaannya karakter-karakter luar biasa seperti Ebenezer Scrooge, Tiny Tim dan tokoh lainnya yang telah mengubah Natal menjadi acara keluarga penuh sukacita seperti yang kita kenal sekarang.

 

11. Last Christmas

Last ChristmasLast Christmas (Sumber: kompas.com)

Film komedi percintaan ini berkisah tentang seorang wanita bernama Kate yang merasa frustasi dengan pekerjaannya sebagai peri di toko Natal. Dia pun selalu merasa tidak beruntung selama hidupnya. Namun, segalanya berubah setelah Kate bertemu dengan Tom, seorang pria tampan yang akan membawa hidup Kate menjadi jauh lebih berwarna.

 

12. The Christmas Chronicles

The Christmas ChroniclesThe Christmas Chronicles (Sumber: netflix.com)

Film yang satu ini berkisah tentang dua saudara perempuan dan laki-laki bernama Kate dan Teddy Pierce. Mereka berdua punya rencana malam Natal untuk menangkap Sinterklas dengan kamera. Namun, misi mereka ini berubah menjadi perjalanan penuh lika-liku yang tidak terduga. Kereta luncur Sinterklas mengalami kerusakan dan tabrakan, hingga seluruh hadiah Natal pun hilang. Sebelum pagi datang, Kate, Tedy, dan Santa pun berjuang untuk menyelamatkan Natal dengan mengirimkan semua hadiah dengan benar.

--

Selamat menyaksikan! Selamat Natal! Sambil liburan, kamu tetap bisa belajar dengan ruangbelajar, karena bisa di mana saja dan kapan saja. 

New Call-to-action

 

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru