12 Film tentang Ayah yang Inspiratif dan Mengharukan, Sudah Nonton?

Shabrina Alfari Nov 12, 2021 • 9 min read


Hari Ayah  Film tentang Ayah

Sedang mencari film seru, inspiratif, dan mengharukan? Yuk, nonton rekomendasi film tentang Ayah berikut ini. Mana nih yang sudah pernah kamu tonton?

--

Selamat Hari Ayah!

Tahukah kamu, jika setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah? Di momen ini, kamu bisa menunjukkan rasa sayang kepada sosok ayah yang selalu berjuang melindungi keluarga. Nah, kamu juga bisa lho menghabiskan hari ini dengan menonton bersama film inspiratif dan mengharukan tentang sosok ayah. Apa aja filmnya? Lihat daftarnya berikut ini ya.

Baca juga: 3 Film dengan Pesan Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton

1. The Pursuit of Happyness

The Pursuit Of HappynessSumber: Sukarto.com

Diangkat dari kisah nyata seorang pebisnis bernama Chris Gardner, film ini diperankan oleh Will Smith dan anaknya, Jaden Smith sebagai karakter utama. Film dengan latar tahun 1981 ini mengisahkan tentang perjuangan Chris Gardner yang harus menjadi tunawisma bersama anaknya. Chris dengan berani mempertaruhkan seluruh uang tabungannya untuk membeli sebuah alat scanning tulang elektrik dengan harga yang mahal. Chris percaya alat tersebut dapat dijual dengan harga tinggi untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Sayangnya, usahanya mengalami kebuntuan hingga kesulitan finansial. Sang istri yang bekerja sebagai buruh pabrik pun memilih untuk meninggalkan Chris dan anaknya, Christopher. Hidup mereka semakin berat, mulai dari diusir di apartemen, tidur di toilet stasiun, hingga tinggal di rumah penampungan tunawisma. Kisah perjuangan Chris demi menghidupi anaknya ini akan membuat tangis kamu pecah.

2. Fatherhood

FatherhoodSumber: Tribun Wiki

Aktor Kevin Hart menerima banyak pujian atas perannya sebagai Matthew Login di film Fatherhood. Film drama komedi ini membawa pesan mendalam tentang sosok ayah yang harus berjuang seorang diri membesarkan anaknya, setelah istrinya meninggal saat melahirkan. Sebagai ayah tunggal, Matthew belajar menjadi ayah, mengajari anaknya dari hal kecil hingga mengurus berbagai urusan rumah tangga. Film ini menggambarkan besarnya kasih sayang ayah kepada anaknya.

3. Miracle In Cell No.7

Miracle In Cell No.7

Sumber: CNN Indonesia

Kamu harus siapin tisu sebelum nonton film ini. Selama nonton, kamu akan dibuat kesal, gemas, sedih, hingga sakit hati dengan apa yang dihadapi oleh pemeran utama, Lee Yong Goo. Diperankan oleh aktor senior Ryu Seung-Ryong, Lee Yong Goo adalah seorang narapidana yang menjalani hukuman mati karena tuduhan palsu atas kasus pembunuhan dan pemerkosaan.

Goo yang dipenjara dengan tingkat keamanan tinggi, akhirnya dibantu oleh teman-teman satu selnya untuk dapat bertemu lagi dengan anaknya sebelum hukuman eksekusi mati dijalankan. Kisah antara ayah dan anak di film ini dijamin akan membuat kamu menangis sepanjang cerita.

4. Sabtu Bersama Bapak

Sabtu Bersama BapakSumber: Hotstar

Salah satu film Indonesia bertema Ayah terbaik adalah Sabtu Bersama Bapak. Film ini menceritakan mengenai pesan dari ayah kepada anak-anaknya sebelum dirinya meninggal dunia. Sang ayah ingin anaknya merasa bahwa ia tetap ada di sisi mereka meskipun telah tiada. Film drama mengharukan yang dirilis tahun 2016 lalu ini sukses membuat penonton terharu dan mendapat banyak pujian.

5. Searching

SearchingSumber: GilaFilm.id

Menceritakan tentang seorang ayah bernama David Kim (diperankan oleh John Cho) yang berusaha menemukan anak perempuannya, Margot (Michella La), yang berumur 16 tahun. Putrinya menghilang secara misterius dan tidak dapat dihubungi. David pun akhirnya menghubungi polisi dan bekerja sama dengan seorang detektif bernama Rosemary Vick (Debra Messing).

Kamu akan merasakan keunikan dari visual film ini karena nyaris seluruhnya diambil dari sudut pandang layar komputer dan handphone. David menelusuri keberadaan anaknya berdasarkan jejak-jejak digital mulai dari postingan media sosial, komentar, hingga chat room sang anak. Film dengan plot-twist ini akan membuat kamu penasaran sekaligus terharu dengan perjuangan David menemukan putrinya.

6. Finding Nemo

Finding Nemo

Sumber: Steam

Siapa sih yang belum pernah nonton Finding Nemo? Film ini berkisah tentang kehidupan bawah laut dari sudut pandang seorang clown fish bernama Marlin yang berusaha menemukan anaknya, Nemo, di lautan lepas. Dalam perjalanannya, Marlin dibantu oleh ikan bernama Dory. Sepanjang film, kamu disuguhkan dengan cerita haru, seru, dan lucu dari petualangan Marlin, Dory, dan Nemo untuk bisa bertemu kembali.

7. 27 Steps of May

27 Steps of MaySumber: deCODE

Film Indonesia yang berhasil mendapat banyak penghargaan ini berkisah tentang perjuangan seorang ayah (Lukman Sardi) yang berusaha mengembalikan semangat hidup sang anak yang menjadi korban pemerkosaan saat remaja. Akibat kejadian itu, sang anak tidak bisa keluar rumah selama bertahun-tahun. Ia pun melakukan berbagai cara agar anaknya tetap bisa hidup dengan baik walau memiliki trauma mendalam. Kamu akan melihat perjuangan seorang ayah yang begitu sabar dan rela mengorbankan segalanya demi sang anak.

8. Ayah, Mengapa Aku Berbeda?

Ayah Mengapa Aku Berbeda?Sumber: Viu

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama ini menyorot kisah tentang seorang gadis tuna rungu bernama Angel, yang diperankan oleh Dinda Hauw. Setelah ibunya meninggal saat melahirkannya, Angel tinggal bersama ayah (Surya Saputra) dan neneknya (Rima Melati).

Film ini sangat inspiratif karena dengan keterbatasannya, Angel tetaplah seorang anak yang cerdas dan pandai bermain piano. Ayah Angel yang terus menyemangati dan mendampingi anaknya ini pun sukses membuat banyak penonton terharu.

9. Gifted

GiftedSumber: Tribun Wiki

Diperankan oleh Chris Evans, film ini bercerita tentang perjuangan Frank merawat keponakannya, Mary (McKenna Grace), yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Frank yang diamanahi oleh kakaknya untuk membesarkan Mary seperti anak pada umumnya, harus bersitegang dengan sang ibu alias nenek dari Mary yang ingin cucunya menjadi ilmuwan. Walaupun bukan ayah kandungnya, kamu akan merasakan besarnya rasa sayang Frank kepada Mary yang sangat menyentuh hati.

10. I am Sam

I Am SamSumber: IMDb

Bercerita tentang Sam Dawson (Sean Penn) yang merupakan seorang laki-laki dewasa dengan tingkat kecerdasan yang tidak lebih dari anak berusia 7 tahun. Namun, keterbatasannya ini tidak mengubah besarnya cinta dan dedikasi Sam pada Lucy, anak perempuannya. Setelah Lucy beranjak dewasa, pemerintah menganggap Sam tidak mampu merawat Lucy. Akhirnya, Sam bekerja sama dengan seorang pengacara sukses untuk membantunya meraih hak asuh.

11. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir

Ayah Menyayangi Tanpa AkhirSumber: Celebrity Okezone

Mungkin film yang satu ini tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan film Fedi Nuril lainnya. Padahal, film yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini memiliki pesan yang sangat menyentuh, lho. Mengisahkan tentang perjuangan seorang ayah yang merawat anaknya yang divonis terkena kanker mematikan, kamu akan merasakan perjuangan seorang ayah dan anak dalam melawan penyakit ini.

12. Train to Busan

Train to BusanSumber: Medcom.id

Walaupun ceritanya berfokus pada zombie, film ini sukses membuat penonton terharu dengan perjuangan Gong Yoo sebagai ayah di film ini. Demi memenuhi harapan anaknya saat ulang tahun untuk bertemu ibunya di Busan, Gong Yoo pun menaiki kereta yang dipenuhi oleh zombie. Sebagai ayah, Gong Yoo pun berjuang menyelamatkan anaknya dari serangan zombie dengan susah payah sampai titik darah penghabisan.

--

Film mana nih yang paling menarik untuk kamu? Atau kamu punya rekomendasi film tentang ayah lainnya? Coba tulis rekomendasimu di kolom komentar ya.

Untuk membanggakan ayah, kamu juga harus terus meningkatkan prestasi ya. Yuk, terus belajar bersama video beranimasi dan berbagai fitur seru lainnya di ruangbelajar. Dijamin, ayahmu akan semakin bangga!

New Call-to-action

Referensi:

10 Film Pilihan tentang Kisah Relasi Ayah & Anak [daring]. Tautan: https://elle.co.id/urban/10-film-pilihan-tentang-kisah-relasi-ayah-anak/ (Diakses: 9 November 2021)

10 Film tentang Ayah yang Sukses Menguras Air Mata, Haru! [daring]. Tautan: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/ramadani-barus/10-film-tentang-ayah-yang-sukses-menguras-air-mata-haru/10  (Diakses: 9 November 2021)

10 Rekomendasi Film Indonesia Bertema Ayah [daring]. Tautan: https://id.theasianparent.com/rekomendasi-film-bertema-ayah (Diakses: 9 November 2021)

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar