Catat! Ini Persiapan UTBK SBMPTN 2022 yang Perlu Kamu Lakukan

persiapan utbk sbmptn 2022

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 tinggal beberapa bulan lagi. Agar persiapanmu maksimal, cek kembali apa saja yang perlu kamu siapkan untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2022

UTBK SBMPTN 2022 ternyata sudah di depan mata. Bagi lulusan SMA/SMK sederajat, momen ini sangat dinanti-nantikan. Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi merupakan impian para siswa yang duduk di kelas 12. Tingginya minat para peserta dari tahun ke tahun, membuat persaingan semakin ketat.

Setiap tahun peraturan pelaksanaan UTBK SBMPTN pun kerap berubah-ubah. Tahun 2020 misalnya, pelaksanaan SBMPTN mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan SBMPTN di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan situasi pandemi Covid-19. Meskipun banyak perubahan, tapi kamu jangan sampai lengah dan bermalas-malasan, ya! 

Baca juga: Info UTBK SBMPTN 2022: Jadwal, Materi, Syarat, dan Tahapannya

Ada banyak hal yang bisa kamu persiapkan sejak jauh-jauh hari. Apa saja yang perlu kamu ketahui? Simak artikel berikut ini. 

 

1. Kenali jurusan dan universitas impianmu

pilihan jurusan dan kampus di SNMPTNKenali jurusan dan kampus tujuan (Sumber: edukasi.sindonews.com)

Tak jarang banyak peserta yang masih tidak mengetahui dengan baik jurusan dan universitas yang diminati. Hasilnya, banyak yang salah langkah dan kurang memperhitungkan peluang yang ada. Perlu diketahui, berdasarkan data tahun lalu yang dikutip dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebanyak 184.942 peserta dinyatakan lulus seleksi di 85 PTN se-Indonesia melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021.

Sementara itu, angka pendaftar SBMPTN tahun 2021 mencapai 777.858 peserta. Dari data tersebut, kita tahu bahwa persaingan sangat ketat untuk mendapatkan peluang berhasil lulus. Maka dari itu, mulai sekarang kamu harus rajin-rajin membuka informasi mengenai jurusan dan universitas impian kamu. Kenali dengan baik jurusan dan universitas apa yang ingin kamu pilih. Jangan sampai kamu salah strategi dan akhirnya gagal mendapatkan peluang tersebut.

 

2. Pahami syarat-syarat yang ditentukan

syarat UTBKPahami syarat UTBK (Sumber: unjkita.com)

Selain memahami jurusan yang kamu minati, pahami juga dengan cermat syarat-syarat untuk pendaftaran. Jangan sampai ada berkas atau dokumen yang ketinggalan, ya. Pastikan kamu sudah membaca syarat serta peraturan yang berlaku. Kamu bisa cek di website Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk lebih detailnya. Rajin-rajinlah mencari informasi terbaru terkait pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022.

Baca juga: Ketentuan Portofolio SNMPTN dan UTBK SBMPTN

 

3. Memperbanyak latihan soal

latihan soalLatihan soal (Sumber: cnnindonesia.com)

Practice makes perfect!” kalimat tersebut sering banget diucapkan oleh para motivator. Tapi, kamu tahu nggak, sih, maksudnya? Latihan membantu untuk menstimulasi tubuh kamu supaya cepat tanggap. Hal ini juga sama ketika kamu sering berlatih mengerjakan soal ujian. Ketika kamu sering berlatih soal, otak akan menstimulasi soal-soal yang sering kamu kerjakan sehingga kamu dapat memahami berbagai macam model soal dan cara mengerjakannya. Kamu bisa mencari berbagai contoh prediksi soal-soal ujian SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya atau kamu bisa uji kemampuan kamu dengan soal-soal di ruanguji by Ruangguru.

 

4. Menjaga kesehatan menjelang ujian

jaga kesehatanJaga kesehatan (Sumber: thejakartapost.com)

Meskipun banyak persiapan menjelang UTBK, kamu jangan sampai sakit, ya! Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan kamu, salah satunya berolahraga. Dari sekarang kamu biasakan untuk berolahraga supaya pikiran dan badan kamu tetap segar. Terlebih lagi di masa pandemi ini, kesehatan menjadi unsur utama yang harus kalian perhatikan.

Kesehatan mental dan fisik adalah yang terpenting. Karena ujiannya berbasis komputer, kamu harus bisa tahan berjam-jam di depan layar komputer. Pastikan kamu selalu rutin mengonsumsi makanan sehat dan vitamin untuk menjaga stamina tubuh. Berolahraga dan istirahat secukupnya supaya kamu bisa belajar dengan maksimal.

Semoga informasi di atas dapat membantu kamu mempersiapkan UTBK SBMPTN 2022, ya. Jangan patah semangat dan terus berlatih. Selalu yakin dengan kemampuan kamu, terus berusaha! Yuk, latih lagi kemampuanmu di ruanguji by Ruangguru.

IDN CTA Blog ruanguji Ruangguru

Sumber foto:

Foto Kenali jurusan dan kampus tujuan [daring]. Tautan: https://edukasi.sindonews.com/read/302034/211/simak-20-ptn-dengan-jumlah-pendaftar-terbanyak-di-snmptn-2020-1610676067 (Diakses: 21 Januari 2021)

Foto Pahami syarat UTBK [daring]. Tautan: https://unjkita.com/cara-daftar-utbk/ (Diakses: 21 Januari 2021)

Foto Latihan soal [daring]. Tautan: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191203164517-20-453799/tiga-jalur-peneriman-mahasiswa-baru-ptn-2020 (Diakses: 21 Januari 2021)

Foto Jaga kesehatan [daring]. Tautan: https://www.thejakartapost.com/life/2020/03/29/at-home-yoga-videos-to-help-ease-your-mind-during-a-lockdown.html (Diakses: 21 Januari 2021)

Ruangguru