Interaksi Pelaku Ekonomi yang Memengaruhi Permintaan dan Penawaran | Ekonomi Kelas 8

Interaksi Pelaku Ekonomi yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Artikel Ekonomi kelas VIII kali ini akan membahas segala bentuk interaksi dari pelaku ekonomi yang memengaruhi permintaan dan penawaran.

Ada pertanyaan yang paling gampang dan harusnya bisa kamu jawab, sih. Berapa kali kamu membuka sosial media? Emm anggaplah Instagram. Satu kali? Atau bahkan tiap jam selalu buka akun Instagram nih, buat ngeliat update-an terbaru dari artis-artis Korea idola kamu? Tanpa kamu sadari, kita punya kebutuhan yang memang harus ada tiap hari, bahkan rutin tiap bulan.

Apa itu?

Paket internet. Bagi kamu yang menjadi anggota dari kaum fakir kuota, pasti bakalan nyari Wi-Fi gratis kan ya? Secara nggak langsung kebutuhan buat beli paket data menjadi salah satu bentuk perilaku konsumsi. Nah, hal inilah yang memengaruhi permintaan dan penawaran. Makanya jangan kaget kalau tiap tahun, harga paket data itu makin mahal. Misalnya, biasanya dulu Rp50.000,00 dapet 5GB, eh sekarang cuma dapet 3GB.

harga paket internet

 

Perilaku konsumsi juga dipengaruhi oleh lokasi tempat tinggal seseorang. Umumnya, orang yang tinggal di kota itu lebih konsumtif dibandingkan orang yang tinggal di pedesaan. Ye nggak? Emangnya kamu pernah lihat ada bioskop di tengah sawah pedesaan? Nggak ada kan? Nah, adanya fasilitas-fasilitas di perkotaan seperti mall dan bioskop menyebabkan pengeluaran orang-orang yang tinggal di perkotaan juga lebih banyak dibanding yang di desa.

Selain itu, pendapatan masyarakat yang tinggal di perkotaan juga lebih banyak dibandingkan di desa. Kalau di desa umumnya bekerja sebagai petani, nelayan, dan peternak. Kalau di kota, rata-rata mata pencahariannya itu karyawan di gedung-gedung bertingkat tinggi.

aplikasi digital laut nusantara

 

Berbicara tentang perilaku konsumsi, pasti nggak lepas dari para pelaku ekonomi ya. Paling nggak ada empat pelaku ekonomi yang turut serta dalam kegiatan ekonomi. Pada ujungnya nanti akan memberikan pengaruh juga bagi penawaran dan permintaan suatu barang atau jasa.

Baca juga: Macam-macam Bentuk Kegiatan Perdagangan

 

1. Rumah Tangga

Pelaku ekonomi pertama yang memengaruhi permintaan dan penawaran ialah rumah tangga (keluarga). Coba kamu hitung deh. Berapa anggota keluarga yang ada di rumah kamu sekarang? Kalau jumlahnya kurang dari 5 orang, berarti masuk ke dalam lingkup rumah tangga kecil. Nah, kalau jumlahnya lebih dari 5 orang maka termasuk ke dalam lingkup rumah tangga besar.

status ekonomi rumah tangga

Semakin banyak jumlah anggota keluarga maka akan semakin banyak permintaan dari kebutuhan mereka, baik primer, sekunder, maupun tersier. Tapi, semua itu juga dipengaruhi oleh faktor keuangan dalam keluarga itu sendiri.

Baca juga: Permintaan, Penawaran, dan Hubungannya dengan Teknologi

 

2. Badan Usaha dan Perusahaan

Apakah ada perbedaan antara badan usaha dan perusahaan? Yaps, ada bedanya. Pasti kamu pernah dengar dong “Badan Usaha Milik Negara” disingkat jadi BUMN, atau mendengar kalimat “Orang itu bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang tambang”

Baik badan usaha dan perusahaan sama-sama memiliki 3 aspek, yakni tujuan, fungsi, dan bentuk. Badan usaha itu suatu organisasi yang bertujuan untuk mencari laba atau keuntungan. Kalau perusahaan merupakan tempat terjadinya kegiatan produksi dan mengelola semua faktor produksi yang tersedia. Nah, perusahaan adalah alat bagi badan usaha untuk mencari keuntungan. Lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut.

perbedaan badan usaha dan perusahaan

Perusahaan dan badan usaha inilah yang juga turut memengaruhi permintaan dan penawaran. Makanya jangan heran ketika saat momen liburan tiba, harga tiket pesawat atau kereta api bisa melonjak. Soalnya, tujuannya ya memang untuk mencari keuntungan.

 

3. Pemerintah

Seluruh kegiatan ekonomi harus diawasi oleh pemerintah. Dalam hal ini pemerintah memiliki dua peran sekaligus nih, sebagai pelaku ekonomi dan pengatur kegiatan ekonomi. Kalau posisinya sebagai pelaku ekonomi, pemerintah juga turut ambil bagian dalam produksi, distribusi, dan konsumsi. Sama seperti kita-kita ini. Para pegawai pemerintahan juga butuh makan, minum, dan jajan gorengan, lho. Emangnya kamu aja yang butuh jajan.

Terdapat beberapa kebijakan pemerintah dalam kegiatan ekonomi, di antaranya sebagai berikut:

kebijakan pemerintah dalam kegiatan ekonomi

 

4. Masyarakat Luar Negeri

Saat kamu dewasa nanti, apakah kamu mau kuliah di luar negeri? Kalau kamu punya angan-angan seperti itu, kamu harus belajar yang rajin lho. Nggak cukup di kelas aja, kamu harus bisa memperdalam materi yang diajarkan. Nah, kamu bisa nih coba ruangbelajar. Di ruangbelajar kamu bisa belajar dengan seru lho lewat animasi dan infografik yang kece badai.

Baca juga: Macam-Macam Bentuk Kegiatan Perdagangan

Nah, saat kamu kuliah di luar negeri nanti, kamu juga menjadi salah satu pelaku ekonomi yang memengaruhi permintaan dan penawaran lho. Misalnya gini, kamu pengen beli makanan khas Indonesia yang ada di Inggris gitu, otomatis kamu cari restoran yang jual makanan Indonesia kan? Restoran itu melakukan impor dari Indonesia untuk bahan bakunya. Berarti, kegiatan ekspor-impor juga berpengaruh terhadap permintaan dan penawaran.

Interaksi Pelaku Ekonomi yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

Sekarang, kamu sudah tahu kan interaksi pelaku ekonomi yang bisa memengaruhi permintaan dan penawaran? Ya, ada 4 yakni rumah tangga, perusahaan dan badan usaha, pemerintah, serta masyarakat luar negeri. Setelah membaca artikel ini sih, harapannya kamu bisa menjadi pelaku ekonomi yang nggak konsumtif dan tentunya nggak lupa untuk menyisihkan uang jajanmu untuk ditabung ya.

ruangbelajar

Referensi:

Kurnia A. (2017) IPS Terpadu SMP Kelas VIII. Edisi ke-2. Jakarta: Yudhistira

 

Artikel diperbarui pada 20 Desember 2021.

Tedy Rizkha Heryansyah