Intip Jurusan Kuliah yang Diambil Para Presiden Indonesia

jurusan kuliah presiden Indonesia

Artikel ini membahas jurusan kuliah yang diambil oleh para presiden Indonesia, mulai dari Soekarno hingga Jokowi.

Menurut kamu seberapa penting sih jurusan kuliah dalam menentukan karier? Lalu, bagaimana dengan seorang presiden Indonesia? Kira-kira jurusan apa yang harus diambil agar bisa menjadi presiden yang baik?

Sebagai seorang pemimpin, apalagi presiden, segala tindakan dan usaha yang dilakukan harus dapat menjadi teladan bagi seluruh rakyatnya. Untuk jurusan kuliah sendiri, nggak harus memilih program studi seperti politik, hukum, atau pemerintahan kok untuk jadi presiden. Presiden-presiden Indonesia pun merupakan lulusan dari berbagai jurusan, lho. Apa saja jurusan yang diambil oleh presiden kita? Yuk, cek faktanya.

 

1. Soekarno

jurusan kuliah presiden SoekarnoSoekarno (Sumber: matamatapolitik.com)

Siapa sih yang nggak kenal dengan Ir. Soekarno? Presiden pertama Indonesia ini menyelesaikan pendidikan setingkat SMA di HBS (Hoogere Burgerschool) Surabaya pada 10 Juni 1921. Setelah tamat, ia melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi Technische Hoogeschool te Bandoeng yang saat ini lebih dikenal dengan nama Institut Teknologi Bandung (ITB).

Presiden Soekarno mengambil jurusan kuliah Waterbowkunde (tata bangunan air), yang dalam perkembangannya ia ternyata lebih berminat untuk menjadi arsitek bangunan umum. Ia dinyatakan lulus pada 25 Mei 1926 dan diwisuda pada 3 Juli 1926 bersama delapan insinyur lainnya.

2. Soeharto

jurusan kuliah presiden SoehartoSoeharto (Sumber: indonesiaatmelbourne.unimelb.edu.au)

Setelah lulus SMP, Presiden Soeharto sebenarnya sempat berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, hal tersebut tidak terlaksana akibat kendala ekonomi. Hingga pada tahun 1942, beliau melihat pengumuman penerimaan anggota Koninklijk Nederlands Indisce Leger (KNIL) atau tentara kerajaan Belanda. Soeharto pun mendaftarkan diri dan diterima sebagai tentara. Namun sayangnya, beliau hanya sempat bertugas selama tujuh hari dengan pangkat Sersan karena Belanda telah menyerah pada Jepang.

Baca juga: Jurusan Ilmu Aktuaria, Prodi yang Sedang Booming di Indonesia

 

3. B. J. Habibie

jurusan kuliah presiden HabibieB. J. Habibie (Sumber: kemdikbud.go.id)

Presiden yang terkenal cerdas ini memilih Teknik Mesin di Fakultas Teknik ITB untuk jurusan kuliah S1 di tahun 1954. Setahun setelahnya, tepatnya tahun 1955-1965, orang yang menjabat sebagai presiden ketiga Indonesia ini melanjutkan pendidikan di Aeronautika dan Astronautika (Teknik Penerbangan) dengan memilih spesialisasi Konstruksi Pesawat Terbang di Rhein Westfalen (RWTF) Aachen, Jerman Barat. Habibie menerima gelar Diplom Ingenieur pada 1960, serta Doktor Ingenieur pada 1965 dengan predikat terbaik yaitu Summa Cum Laude.

4. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

jurusan kuliah presiden Gus DurGus Dur (Sumber: berita9.co)

Presiden Indonesia yang akrab disapa Gus Dur ini menerima beasiswa dari Kementerian Agama untuk belajar di Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir dengan mengambil jurusan Studi Islam pada tahun 1963. Dalam buku ‘Biografi Gus Dur’, presiden keempat ini diketahui sangat menikmati hidupnya sebagai mahasiswa di Mesir. Gus Dur pun terlibat aktif dalam Asosiasi Pelajar Indonesia dan menjadi jurnalis majalah perkumpulan tersebut.

5. Megawati Soekarnoputri

jurusan kuliah presiden MegawatiMegawati (Sumber: kompasiana.com)

Megawati Soekarnoputri melanjutkan kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Bandung. Namun, masa studinya hanya berlangsung selama setahun dari 1965-1967, akibat kondisi politik yang nggak kondusif saat itu. Saat situasi mulai membaik, satu-satunya presiden wanita di Indonesia ini kembali melanjutkan pendidikannya di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Lagi-lagi, sayangnya Megawati tak menamatkan kuliahnya karena pada tahun 1970 sang ayah, Presiden Soekarno meninggal dunia.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

jurusan kuliah presiden SBYSBY (Sumber: politik.rmol.id)

Selain Soeharto, SBY juga merupakan presiden yang berasal dari lulusan militer. SBY menempuh pendidikannya di Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri) pada tahun 1973. Setelah itu, ia juga melanjutkan lagi studinya di American Language Course di Texas, Amerika Serikat. Di Amerika, SBY juga belajar di Airbone and Ranger Course, Fort Benning dan Infantry Officer Advanced Course sejak 1982 hingga 1983. Bahkan, beliau juga pernah mengambil kursus Senjata Antitank di Belgia dan Jerman pada 1984, lho.

Baca juga: Jurusan Akuntansi: Mata Kuliah, Prospek Kerja, dan Pilihan Kampusnya

 

7. Joko Widodo (Jokowi)

jurusan kuliah presiden JokowiJokowi (Sumber: detik.com)

Jokowi, Presiden Indonesia yang masih menjabat hingga saat ini, menamatkan kuliahnya di jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta. Beliau pun berhasil meraih gelar sarjana Ilmu Kehutanan pada tahun 1985 setelah menyusun skripsi dengan judul ‘Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta’. Selama berkuliah, Pak Jokowi juga aktif menjadi anggota Mahasiswa Pencinta Alam Silvagama.

Nah, nggak selamanya jurusan kuliah itu menentukan karier kamu di masa depan kan? Yang terpenting adalah niat dan usaha dalam mengejar cita-cita, serta tidak lelah untuk terus belajar dan mencari pengalaman. Yuk, raih cita-cita masuk jurusan impian dengan terus tingkatkan prestasi belajarmu bersama ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Sumber foto:

Foto Soekarno [daring]. Tautan: https://www.matamatapolitik.com/sejarah/rencana-pembunuhan-sukarno-oleh-amerika-terungkap-dalam-dokumen-cia (Diakses: 9 September 2021)

Foto Soeharto [daring]. Tautan: https://indonesiaatmelbourne.unimelb.edu.au/theres-now-clear-proof-that-soeharto-orchestrated-the-1965-killings/ (Diakses: 9 September 2021)

Foto B.J. Habibie [daring]. Tautan: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/muspres/bj-habibie-si-jenius-dari-sulawesi-2/ (Diakses: 9 September 2021)

Foto Gus Dus [daring]. Tautan: https://berita9.net/tag/gus-dur/ (Diakses: 9 September 2021)

Foto Megawati [daring]. Tautan: https://www.kompasiana.com/tuhombowo/5c4881f4677ffb495d143783/megawati-inspirasi-kaum-perempuan-indonesia (Diakses: 9 September 2021)

Foto SBY [daring]. Tautan: https://www.beritasatu.com/nasional/217012/ini-3-kapital-politik-sby-di-mata-internasional (Diakses: 9 September 2021)

Foto Jokowi SBY [daring]. Tautan: https://news.detik.com/berita/d-5674175/pernyataan-lengkap-jokowi-minta-respons-cepat-atasi-covid-luar-jawa-bali (Diakses: 9 September 2021)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D