Jadwal dan Cara Daftar SIMAK UI 2021. Sudah Siap?

jadwal SIMAK UI 2021

Sudah siap? Ini dia jadwal dan cara mendaftar ke SIMAK UI 2021. Ayo, simak informasinya dan catat tanggalnya agar kamu nggak kelewatan ya!

Mau jadi mahasiswa Universitas Indonesia (UI)? Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) favorit incaran siswa di Indonesia, UI selalu menerima puluhan ribu pendaftar setiap tahunnya. Salah satu jalur yang tak pernah sepi peminat adalah jalur mandiri melalui Seleksi Masuk (SIMAK) UI. Pada tahun 2021 ini, UI membuka kesempatan untuk masuk program S1 reguler dengan kuota yang sangat besar, yaitu 50 persen dari total penerimaan mahasiswa baru.

Jalur seleksi ini terbuka untuk program vokasi (D3 dan D4), S1 Reguler, S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, S1 Ekstensi/Paralel lulusan D3, dan profesi. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lengkap seputar SIMAK UI 2021, simak berikut ini.

Baca juga: Prodi UI dengan Keketatan Tertinggi di SNMPTN dan SBMPTN 2020

Jadwal Pendaftaran

Vokasi (D3 & D4)

vokasi

S1 Reguler

reguler

S1 Paralel

paralel

S1 Kelas Internasional

internasional

S1 Ekstensi/Paralel Lulusan D3

ekstensi

Ketentuan Pemilihan Prodi

Setiap peserta SIMAK UI 2021 dapat memilih 6 program studi (prodi) secara langsung, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. S1 Reguler bisa memilih 3 prodi
  2. S1 Paralel bisa memilih 3 prodi
  3. Vokasi (D3 atau D4) bisa memilih 3 prodi

Bagi kamu yang ingin memilih program studi Saintek, bisa mengikuti tes IPA. Sementara untuk kamu yang ingin mengambil program studi Soshum, bisa mengikuti tes IPS. Apabila kamu ingin memilih keduanya, maka bisa mengikuti ujian Campuran.

Cara Daftar SIMAK UI

  1. Membuat akun di situ penerimaan UI di penerimaan.ui.ac.id
  2. Mengunggah foto berwarna ukuran 4×6 cm
  3. Melakukan pendaftaran
  4. Melakukan verifikasi pendaftaran
  5. Upload berkas persyaratan pendaftaran
  6. Membayar biaya pendaftan melalui ATM, internet mobile banking, teller, dan self service terminal (SST)
  7. Download kartu ujian masuk
  8. Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan
  9. Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, kamu bisa melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman

Info Tambahan Seputar SIMAK UI 2021

  • Pendaftaran SIMAK UI dilakukan sebelum pengumuman SBMPTN 2021. Jika kamu berminat untuk masuk UI, maka sebaiknya kamu mendaftar ke SIMAK UI 2021.
  • Bagi kamu yang lolos SNMPTN 2021 bisa mendaftar SIMAK UI. Namun, tidak disarankan apabila kamu telah mendapatkan kursi SNMPTN 2021 karena akan sangat membuang kuota SNMPTN.
  • Seleksi hasil tes SIMAK UI mempertimbangkan skor UTBK dan nilai rapor pribadi. Maka dari itu, kamu wajib mengikuti UTBK 2021 untuk mendaftar ke SIMAK UI.
  • Mekanisme ujian SIMAK UI 2021 masih sama dengan tahun lalu, yaitu menggunakan metode online. Namun, detail ujian SIMAK UI 2021 lainnya akan diumumkan dalam waktu dekat.

Ayo, untuk kamu para pejuang SIMAK UI, persiapkan dirimu untuk bisa diterima di kampus kuning ini dengan belajar lebih giat. Kamu bisa lho mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK dan SIMAK UI 2021 yang akan membuat #BelajarJadiMudah di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2021. Simak.ui.ac.id [daring]. Tautan: https://simak.ui.ac.id/info/jadwal-penerimaan-mahasiswa-baru-ui-2021.html (Diakses: 13 Januari 2021)

Ini Cara Daftar SIMAK UI 2021 buat Calon Mahasiswa. Kompas.com [daring]. Tautan: https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/13/070000371/ini-cara-daftar-simak-ui-2021-buat-calon-mahasiswa?page=all (Diakses: 13 Januari 2021)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D