SPAN-PTKIN 2022: Jadwal, Persyaratan, dan Alur Pendaftaran

SPAN-PTKIN 2022

Artikel ini memberikan informasi lengkap terkait jadwal, persyaratan, alur, biaya, dan jumlah jurusan pada pendaftaran SPAN-PTKIN 2022

Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (SPAN-PTKIN) 2022 telah dibuka. Apakah kamu salah satu peserta yang akan tertarik mendaftar? Yuk, cari tahu dan catat informasi lengkapnya berikut ini ya.

 

Apa itu SPAN-PTKIN?

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN yang diselenggarakan serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan menerima calon mahasiswa yang beprestasi akademik tinggi lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN.

Baca juga: 10 Kampus Ini Lulusannya Cepat Dapat Kerja! (Versi Kemendikbud)

 

Jadwal Pendaftaran SPAN-PTKIN 2022

  • Pengisian PDSS: 7 – 28 Februari 2022
  • Verifikasi PDSS: 7 – 28 Februari 2022
  • Pendaftaran Siswa: 4 – 31 Maret 2022
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 15 April 2022
  • Proses verifikasi dan pendaftaran ulang: ditentukan PTKIN masing-masing

Mau tahu informasi lengkap terkait SPAN-PTKIN? Yuk, lihat di situs resminya span-ptkin.ac.id.

 

Ketentuan Umum

  1. SPAN-PTKIN merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

  2. Sekolah/Madrasah/Pesantren Mu’adalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah/Pesantren Mu’adalah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah/Madrasah/Pesantren Mu’adalah masing-masing.

 

Persyaratan Siswa Pelamar

 

A. Pendaftaran

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah kelas terakhir pada tahun 2022.

  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).

  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah.

  4. Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing Perguruan Tinggi

  5. Memiliki nilai rapor Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2 dan Kelas XII/1 yang telah diisikan di PDSS

  6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di PTKIN.

Baca juga: 15 Sekolah Kedinasan yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

 

B. Penerimaan

Lulus dari Satuan Pendidikan (SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara), lulus SPAN-PTKIN 2022, sehat, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN penerima.

Alur pendaftaran SPAN-PTKIN 2022

 

Program Studi dan Jumlah Pilihan

  1. Siswa pelamar memilih 2 (dua) PTKIN yang diminati
  2. Siswa pelamar memilih 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTKIN
  3. Urutan pilihan PTKIN dan program studi menyatakan prioritas pilihan

 

Biaya Pelaksanaan

Dikutip dari situs resmi SPAN-PTKIN, biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran alias GRATIS. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN juga harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa.

Selain SPAN-PTKIN, UIN/IAIN/STAIN juga akan melakukan pola seleksi bersama secara nasional berbentuk ujian mandiri yang disebut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN). Kedua pola ujian ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi.

Apakah kamu termasuk salah satu siswa berprestasi yang berkesempatan untuk mendaftarkan diri melalui SPAN-PTKIN? Jika tidak, kamu masih punya banyak kesempatan untuk bisa masuk ke kampus impian melalui jalur UTBK, SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Ayo, terus persiapkan diri dengan bantuan video belajar dan latihan soal di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Informasi SPAN-PTKIN 2022 [daring]. Tautan: https://span-ptkin.ac.id/page (Diakses: 8 Maret 2022)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D