Jurusan Akuakultur atau Budidaya Perairan: Mata Kuliah, Keahlian, dan Prospek Kerja

Jurusan Akuakultur

Yuk kenalan dengan jurusan Akuakultur atau Budidaya Perairan!

Jurusan Akuakultur juga dikenal dengan jurusan Budidaya Perairan. Apakah kamu pernah mendengarnya? Jika belum, mari mengenal lebih lanjut jurusan Akuakultur di artikel ini. Kita akan kupas tuntas apa itu jurusan Akuakultur atau Budidaya Perairan ini, mulai dari mata kuliah, daftar universitas, hingga prospek kerja para lulusannya. 

 

Apa itu Jurusan Akuakultur atau Budidaya Perairan?

Jurusan Akuakultur atau Budidaya Perairan merupakan program studi yang mempelajari ilmu tentang aktivitas pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut atau pun air tawar. Tak hanya itu, aspek kualitas air dan wadah pun sangat diperhatikan dalam ranah pembelajaran di jurusan Akuakultur ini. 

Di jurusan ini, kamu bakalan dapat banyak ilmu pengetahuan baru tentang seluk-beluk dunia perairan. Eh, perairan itu nggak cuma laut aja lho. Ada sungai, danau, dan rawa juga. Secara singkat, jurusan ini mirip dengan program studi Budidaya Perikanan, namun cakupannya lebih luas tak terbatas pada komoditas ikan saja. Oleh karena itu, kamu yang masuk ke jurusan Akuakultur tidak hanya mempelajari pembibitan, pemeliharaan, kesehatan, dan teknologi pakan ikan saja, melainkan juga tumbuhan air, hingga kelestarian lingkungan.

 

Pojok Kampus - Jurusan Akuakultur-01

Kenapa Harus Memilih Jurusan Akuakultur?

Bagi kamu yang masih bingung akan memilih jurusan apa di jenjang perkuliahan, jurusan Akuakultur layak lho untuk kamu pertimbangkan. Berikut ini alasan mengapa jurusan Akuakultur atau Budidaya Perikanan bisa kamu pilih.

  1. Indonesia memiliki potensi perairan yang sangat tinggi sehingga lulusannya akan sangat dibutuhkan.
  2. Prospek kerja jurusan Akuakultur sangat luas. Kamu bahkan bisa membuka lapangan kerja sendiri mengingat potensi perairan di Indonesia sangat besar.

Baca Juga: 8 Jurusan Kuliah untuk Anak Bahasa yang Bisa Dipilih

 

Profil Mahasiswa yang Cocok di Jurusan Akuakultur

Jurusan ini cocok buat kamu yang memang senang dengan dunia perairan. Terlebih pecinta hasil budidaya perairan, seperti ikan, rumput laut, serta hasil laut lainnya. Eh iya, kamu yang pas SMA itu suka dengan pelajaran Biologi, bisa banget lho masuk ke jurusan ini.

Tapi, kalau kamu termasuk orang yang gampang jijik sama ikan, nggak mau panas-panasan di tambak udang, atau alergi sama bau amis ikan, mending jangan deh.

“Kenapa kak?”

Soalnya tuh di jurusan ini bakalan banyak praktik yang berhubungan dengan hasil budidaya perairan itu sendiri. Misal, ada praktikum memilah bibit lele.

Pojok Kampus - Jurusan Akuakultur-02

Mata Kuliah di Jurusan Akuakultur

Pembelajaran di jurusan Akuakultur sangat luas, mulai dari budidaya ikan hingga menjaga lingkungan perairan. Mahasiswa jurusan Akuakultur akan dibekali dengan pengetahuan tentang perairan, termasuk pemeliharaan, penangkaran, dan pengembangbiakan biota perairan laut maupun air tawar seperti ikan, udang, tiram, rumput laut, dan sebagainya.

Selain itu, mahasiswa jurusan Akuakultur juga akan mempelajari bagaimana produksi benih, pakan, jumlah dan ukuran konsumsi, hingga sarana prasarana yang digunakan dalam budidaya perikanan.

Pojok Kampus - Jurusan Akuakultur-03

Universitas dengan Jurusan Akuakultur

Ada beberapa universitas yang memiliki jurusan Akuakultur atau Budidaya Perairan, berikut di antaranya.

  1. IPB University, Bogor
  2. Universitas Airlangga (Unair), Surabaya
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
  4. Universitas Diponegoro (Undip), Semarang
  5. Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang
  6. Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Jakarta
  7. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed)

Prospek Kerja Jurusan Akuakultur

Nah, sekarang kita ngomongin prospek kerjanya aja deh.

“Lulusan akuakultur mau kerja di mana? Mau jadi apa?”

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih prospek kerja jurusan Akuakultur ini. Hal pertama yang perlu kamu ketahui, lulusan jurusan Akuakultur atau Budidaya Perairan ini akan memiliki gelar Sarjana Perikanan (S.Pi). Beberapa prospek kerja yang bisa jadi pilihan bagi para lulusan jurusan Akuakultur antara lain sebagai berikut.

  • Pengusaha dan pengembang akuakultur
  • Peneliti dan konsultan
  • Manajer
  • Pendidik
  • Instruktur akuakultur
  • Wirausaha di bidang perikanan dan perairan

Soal gaji yang bisa kamu dapatkan sih bermacam-macam, ya, teman-teman. Adapun gaji akan dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk pengalaman, jabatan di perusahaan, hingga kinerja dalam bekerja. Meski demikian, rentang gaji yang bisa diperoleh bagi lulusan Akuakultur atau Budidaya Perairan mulai dari Rp2 juta hingga Rp8 juta per bulan.

Setelah membaca ulasan jurusan Akuakultur atau Budidaya Perikanan ini, apakah kamu tertarik untuk masuk ke program studi tersebut? Apapun jurusan yang kamu pilih di jenjang perkuliahan, pastikan kamu mantap dan menyukainya agar tidak setengah hati saat menjalani. Yuk, persiapkan diri masuk kuliah bersama Ruangguru di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar SMA+UTBK+UM 2022 Ruangguru

Referensi

Program Studi Sarjana (S1) Akuakultur Universitas Diponegoro (Undip) [daring]. Tautan: Program Studi Sarjana (S1) Akuakultur – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (undip.ac.id) diakses pada 1 Juni 2022.

Apa itu Program Studi Akuakultur dan Prospek Kerjanya? [daring]. Tautan: Apa Itu Program Studi Akuakultur dan Prospek Kerjanya? – Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (undip.ac.id) diakses pada 1 Juni 2022.

Jurusan Ini Sangat Dibutuhkan di Indonesia, Ini Dia Jurusannya [daring]. Tautan: Jurusan Ini Sangat Dibutuhkan Di Indonesia, Ini Dia Jurusannya – Universitas Muhammadiyah Sukabumi (ummi.ac.id) diakses pada 1 Juni 2022.

Dinda Silviana Dewi