Seperti Apa Kuliah di Jurusan Ilmu Ekonomi? Ini Jawabannya!

Anggraeni Puspitasari Sep 22, 2021 • 5 min read


jurusan ilmu ekonomi

Jurusan Ilmu Ekonomi biasanya menjadi bagian dari Fakultas Ekonomi bersama dengan prodi lain, seperti Manajemen dan Akuntansi. Seperti apa gambaran kehidupan berkuliah di prodi ini?

--

Manajemen dan Akuntansi adalah contoh dari jurusan untuk anak IPS yang paling sering dipilih. Di luar kedua jurusan itu, ada juga, lho, jurusan soshum yang layak untuk diulik lebih lanjut. Sudah pernah dengar jurusan Ilmu Ekonomi?

Kalau belajar tentang Ekonomi di bangku SMA, batasan pembahasan materi pelajarannya tentu lebih kecil jika dibanding dengan belajar di bangku kuliah nanti. Dasar ilmu, sih, sama, memang. Apa sih pengertian ilmu ekonomi? Ilmu Ekonomi adalah tentang bagaimana kita mengelola sumber daya yang ada, seperti sumber daya alam, manusia, dan lingkungan, yang jumlahnya terbatas agar dapat memenuhi kesejahteraan manusia. Melalui pertimbangan tertentu, manusia didorong untuk membuat pilihan dalam memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan jumlah sumber daya yang terbatas.

Baca juga: Pengertian Ilmu Ekonomi dan Pembagiannya

Jurusan Ilmu Ekonomi akan menuntun kamu dalam membuat pilihan yang dianggap paling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi sumber daya yang tersedia. Selain itu, dengan belajar Ilmu Ekonomi secara lebih dalam, kamu dapat menimbang prioritas kebutuhan dan urgensinya dengan harapan dapat lebih bijak menentukan, yang mana hanya kemauan, yang mana kebutuhan. 

Biar makin kebayang kuliah di jurusan Ilmu Ekonomi akan seperti apa, mari langsung simak info berikut ini!

 

Kurikulum dan Mata Kuliah Jurusan Ilmu Ekonomi

mata kuliah jurusan ilmu ekonomiPengantar Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi adalah contoh mata kuliah Jurusan Ilmu Ekonomi.
(Sumber: unsplash.com oleh Austin Distel)

Tidak ada ilmu yang dapat berdiri sendiri, guys. Bisa dibilang kalau Jurusan Ilmu Ekonomi ini bersifat multidisipliner, artinya kamu akan mempelajari tentang materi pendukung lain, seperti Pengantar Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi. 

Sementara itu, mengenai kurikulum jurusan Ilmu Ekonomi, tentu tiap perguruan tinggi memiliki aturannya sendiri, ya. Sebagai contoh, Universitas Atma Jaya Yogyakarta memberikan kesempatan mahasiswanya untuk memilih peminatan bidang. Sementara itu, Jurusan Ilmu Ekonomi Universitas Brawijaya membuka tiga prodi akademik, antara lain Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah, serta Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan.

Baca juga: Mau Masuk Jurusan Ilmu Administrasi? Yuk, Kenalan dengan 4 Macam Jurusannya

Secara garis besar, mata kuliah Jurusan Ilmu Ekonomi akan mempelajari materi-materi berikut ini.

Ekonomi Mikro (Mikroekonomi)

Materi kuliah Ekonomi Mikro (Mikroekonomi) berkaitan dengan perilaku dan kegiatan antara konsumen-produsen, termasuk di dalamnya penentuan harga pasar produk atau jasa yang diperjualbelikan. Perkuliahan ini juga membahas tentang struktur pasar beserta dinamika kegiatan ekonomi di dalamnya. 

Ekonomi Makro (Makroekonomi)

Perkuliahan Ekonomi Makro membahas tentang lingkup ekonomi dalam skala yang lebih besar, seperti pendapatan nasional, inflasi, hingga pertumbuhan ekonomi. Makroekonomi juga mencakup neraca fiskal, produk domestik bruto, pembayaran, dan moneter.

Ekonomi Industri

Dalam materi kuliah Ekonomi Industri, kamu akan belajar mengenai perilaku perusahaan di dalam pasar persaingan tidak sempurna. Perkuliahan ini juga meliputi pembahasan mengenai jaringan pemasaran produk atau jasa hingga riset serta pengembangan. 

Kalau kamu memperhatikan, memang ada beberapa peminatan bidang di dalam Jurusan Ilmu Ekonomi itu sendiri, ya. Seperti yang telah disebutkan di atas, ada juga prodi Ekonomi Islam dan Ekonomi Pembangunan. Nah, dari perbedaan tersebut akan berpengaruh terhadap materi kuliah pendukung di dalam kurikulum jurusan yang kamu pilih. 

Contohnya, Ekonomi Islam akan didukung dengan materi Pemikiran Ekonomi Islam, Fiqh Muamalat, dan Keuangan Publik Islam. Sementara itu, prodi Ekonomi Pembangunan memiliki materi pendukung, seperti Perencanaan Pembangunan, Ekonomi Regional, dan Ekonomi Perkotaan. 

Baca juga: Mau Lintas Jurusan? Ini 5 Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan

 

Prospek kerja lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi

prospek kerja lulusan jurusan Ilmu EkonomiRagam prospek kerja lulusan Ilmu Ekonomi dari akademisi hingga konsultan.
(Sumber: unsplash.com oleh Adeolu Eletu)

Dengan materi kuliah dan skill yang kamu dapatkan selama kuliah, harapannya, ya, kamu dapat menjadi meraih peluang kerja sebagai:

  • Konsultan ekonomi

  • Konsultan keuangan

  • Akademisi atau peneliti di bidang ekonomi

  • Analisis ekonomi

  • Perpajakan

  • Aktuaris

  • Wirausaha

Di luar dari prospek kerja yang telah disebutkan di atas, kamu juga bebas memilih jalan kariermu sendiri, baik itu di kantor swasta maupun instansi pemerintah yang berkaitan dengan skill dan kemampuanmu.

Mau ngingetin, saja, nih. Banyak faktor yang berperan dalam kesuksesanmu di masa depan. Malas belajar adalah salah faktor penghambat. Paham, kok, kadang-kadang belajar bikin bosan. Mungkin kamu perlu cara belajar yang baru, kaya yang ada di ruangbelajar, gitu, deh

New Call-to-action

Referensi:

Annaisabiru E, Aulia. Pengertian Ilmu Ekonomi dan Pembagiannya. Ruangguru [daring]. Tautan: https://www.ruangguru.com/blog/pembagian-ilmu-ekonomi (Diakses 19 September 2021)

Idhom, Addi M.l Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut para Ahli, Termasuk Adam Smith. Tirto [daring]. Tautan: https://tirto.id/gidR (Diakses 19 September 2021)

Program Studi S1 Ilmu Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Indonesia [daring]. Tautan: https://www.feb.ui.ac.id/undergraduateofeconomics/kurikulum/ (Diakses 19 September 2021)

Program Studi Ilmu Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta [daring]. Tautan: http://www.uajy.ac.id/alumni/progra/sarjana/program-studi-ilmu-ekonomi/ (Diakses 19 September 2021)

Kurikulum Ilmu Ekonomi. Universitas Gadjah Mada [daring]. Tautan: https://feb.ugm.ac.id/id/pendidikan/program-studi/program-sarjana/kurikulum-ilmu-ekonomi (Diakses 19 September 2021)

Utami, Fajriya Anindya. Apa Itu Makroekonomi? Warta Ekonomi [daring]. Tautan: https://www.wartaekonomi.co.id/read327105/apa-itu-makroekonomi?page=all (Diakses 21 September 2021)

Profile

Anggraeni Puspitasari

Beri Komentar