Jurusan Kebidanan: Prodi Khusus untuk Kamu Pendaftar Perempuan

Jurusan Kebidanan

Artikel ini membahas prodi khusus untuk pendaftar perempuan yaitu jurusan Kebidanan, mulai dari mata kuliah, gambaran dunia perkuliahan, hingga prospek kerja

--

Buat kamu cewek-cewek yang masih galau dalam menentukan jurusan, ada nih prodi yang dikhususkan hanya untuk pendaftar perempuan. Walaupun cuman perempuan yang boleh masuk jurusan ini, bukan berarti persaingannya nggak ketat seperti jurusan lain, lhoNah buat yang masih bingung, coba disimak dengan cermat fakta lengkap jurusan Kebidanan.

 

Mengenal Jurusan Kebidanan

Jurusan Kebidanan adalah jurusan yang mempelajari tentang cara membantu dan memimpin proses persalinan, mulai dari pemeriksaan kehamilan, memantau perkembangan janin, membantu proses persalinan, hingga merawat dan memberikan asuhan kepada pasien dan bayi setelah persalinan.

Di jurusan Kebidanan, kamu akan mempelajari bagaimana membantu proses persalinan seorang ibu. Tak hanya sebatas proses persalinan saja, tapi juga merangkap proses mulai dari fase-fase dalam kehamilan, menyusui, merawat, tumbuh kembang bayi, hingga program Keluarga Berencana (KB). Kamu juga akan belajar lebih dalam tentang fungsi-fungsi reproduksi dan segala hal yang berkaitan dengan usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Jurusan ini juga akan mengajarkan kamu cara mensosialisasikan cara menjaga kesehatan reproduksi, agar para calon ibu bisa mempersiapkan kondisi fisiknya sebelum hamil dan menghasilkan keturunan yang sehat.

 

Kenapa Jurusan Kebidanan hanya untuk Perempuan?

Tak seperti jurusan lainnya, jurusan Kebidanan punya syarat khusus yaitu hanya untuk perempuan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Kementerian Kesehatan nomor 28 tahun 2017 tentang Izin dan Penyelenggaraan Praktik Bidan. Pada Bab 1 pasal 1 tertulis pengertian bidan. Bidan adalah seorang perempuan yang lulus dan pendidikan bidan yang telah terregistrasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

jurusan kebidanan khusus perempuanJurusan Kebidanan khusus perempuan (Sumber: nortonhealthcare.com)

So, sesuai aturan tersebut profesi bidan harus digeluti oleh perempuan. Selain itu, syarat lain untuk masuk ke jurusan ini adalah tidak buta warna, baik itu buta warna total maupun parsial.

Baca juga: Apa Saja yang Harus Dipelajari di Jurusan Keperawatan?

 

Mata Kuliah Jurusan Kebidanan

Kira-kira belajar apa saja sih di jurusan Kebidanan? Yuk, kita intip mata kuliah dari jurusan ini.

1. Anatomi

Di semester awal, mahasiswa jurusan Kebidanan harus menghafal anatomi tubuh manusia dan fungsinya. Kamu juga akan belajar tentang sistem kerja sel dan syaraf manusia.

2. Asuhan Kebidanan (Askeb)

Askeb akan membantu kamu, para calon bidan, untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan masa kehamilan, tumbuh kembang bayi, masa persalinan, dan manajemen kebidanan. Kamu akan dilatih untuk menulis rangkuman dokumentasi tindakan apa saja yang telah dilakukan pada pasien. Ingat, Askeb tidak boleh diketik tetapi harus ditulis tangan.

3. Biokimia

Kamu juga wajib mempelajari materi biokimia seperti seluk beluk sistem reproduksi, fase-fase kehamilan, fungsi enzim, protein, hingga pengetahuan seputar perawatan ibu dan bayi.

4. Etika umum

Bidan adalah agen penting pemerintah dalam pelaksaan program Keluarga Berencana (KB) dan kesehatan masyarakat. Maka dari itu, setelah lulus kamu dituntut untuk bisa berinteraksi langsung dan intens dengan masyarakat. Selama perkuliahan, kamu akan dibekali dengan mata kuliah etika umum agar bisa memberikan pelayanan kesehatan yang profesional.

Agar kamu memiliki gambaran, coba lihat beberapa mata kuliah jurusan Kebidanan di Universitas Airlangga (Unair) berikut ini.

mata kuliah Jurusan Kebidanan

Baca juga: Mengenal Fertilisasi, Kehamilan, dan Persalinan

 

Gambaran Dunia Perkuliahan di Jurusan Kebidanan

Sama seperti cabang jurusan kesehatan lainnya, Kebidanan juga menuntut komitmen dan upaya besar selama kuliah. Selain mempelajari materi kuliah yang erat dengan dunia kesehatan, kamu juga harus mematuhi berbagai aturan perkuliahan.

Mahasiswi Kebidanan harus mengikuti aturan ketat yang dimiliki kampus, seperti mengenakan pakaian yang telah ditentukan. Di beberapa akademi Kebidanan bahkan kamu juga harus tahu cara menata rambut dan mengikuti ketentuan warna seragam hingga kaus kaki.

Berkuliah di jurusan ini juga akan jauh dari rasa bosan, karena kamu akan lebih banyak belajar praktik dibandingkan teori.

Jurusan Kebidanan menawarkan pendidikan vokasional yang bisa ditempuh selama 3 tahun atau 6 semester untuk D3, dan 4 tahun atau 8 semester untuk D4 dan S1. setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar Ahli Madya Kebidanan untuk D3, Sarjana Terapan Kebidanan untuk D4, dan Sarjana Kebidanan (S.Keb) untuk S1.

pekerjaan lulusan jurusan kebidananPekerjaan lulusan jurusan Kebidanan (Sumber: richmondmom.com)

 

Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Bidan bertugas membantu proses persalinan, baik itu mendampingi dokter atau bekerja sendiri. Kamu bisa bekerja di rumah sakit, klinik, puskesmas, atau bahkan memiliki tempat praktik sendiri. Selain itu, kamu juga bisa menjadi konsultan atau penyuluh kesehatan kehamilan dan reproduksi, membantu mengasuh bayi yang baru lahir, hingga imunisasi bayi.

prospek kerja Jurusan Kebidanan

 

Kampus dengan Jurusan Kebidanan

Di Indonesia, hanya ada satu kampus dengan jurusan Kebidanan yang sudah terakreditasi A oleh BAN-PT yaitu Universitas Airlangga (Unair) di Surabaya. Namun, masih banyak kampus-kampus atau akademi lainnya yang juga membuka jurusan Kebidanan.

--

Profesi ini merupakan salah satu pekerjaan yang mulia, lho. Kamu akan lebih memahami perjuangan seorang ibu dan juga lebih peduli dengan kesehatan reproduksi. Masih banyak bahaya yang mengancam ibu melahirkan dan bayi yang menjadi salah satu perhatian pemerintah. Untuk itu, dibutuhkan tenaga kebidanan yang handal dan memiliki kepedulian yang tinggi. Ayo, persiapkan dirimu dengan meningkatkan prestasi akademik di ruangbelajar.

ruangbelajar

Referensi:

Modul Mata Kuliah Kebidanan [daring]. Tautan: https://bidan.fk.unair.ac.id/id/kebidanan/modul-mata-kuliah (Diakses: 12 Mei 2022)

Jurusan Kebidanan [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-kebidanan/ (Diakses: 12 Mei 2022)

Jurusan Kebidanan [daring]. Tautan: https://penerbitbukudeepublish.com/jurusan/kebidanan/#:~:text=Jurusan%20kebidanan%20sendiri%20merupakan%20sebuah,lahir%2C%20dan%20fungsi%20organ%20reproduksi. (Diakses: 12 Mei 2022) 

Profile

Shabrina Alfari

Content Writer at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two :)