Bedah Jurusan Teknik Geologi: Apakah Hanya Belajar Batuan?

Jurusan Teknik Geologi

Kenalan dengan jurusan Teknik Geologi, belajar apa saja? Yuk, simak penjelasan lengkapnya mulai dari mata kuliah hingga prospek kerjanya.

Jurusan Teknik Geologi banyak diminati dan dipilih saat ujian masuk perguruan tinggi. Bisa dibilang, jurusan ini menjadi salah satu jurusan teknik favorit bagi pelajar yang hendak masuk kuliah. Namun, apa saja sih yang dipelajari di jurusan Teknik Geologi? Simak terus artikel ini, ya!

 

Mengenal Jurusan Teknik Geologi

Jurusan Teknik Geologi merupakan prodi yang mempelajari ilmu tentang bumi dan segala aspeknya. Jika kamu mahasiswa jurusan ini, kamu akan mempelajari batuan termasuk bentuk, struktur, hubungan antar batuan, serta proses kejadiannya. 

Melansir laman Prodi Teknik Geologi ITB, mahasiswa diharapkan mendapat pengetahuan tentang kebumian sehingga mampu menjelaskan keadaan alam dan proses yang terjadi di permukaan bumi dan dari dalam bumi. Tak hanya itu, mahasiswa juga diharapkan bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada, serta memberikan saran dalam bidang keteknikan, lingkungan dan bencana, yang berkaitan dengan kebumian.

 

Dunia Perkuliahan Jurusan Teknik Geologi

Pada jenjang Sarjana (S1), kamu akan kuliah selama delapan semester. Selama itu pula, mahasiswa akan fokus pada kajian yang berhubungan dengan bumi dan segala isinya. Kamu juga akan diajak untuk menemukan dan mengatur sumber daya alam yang terkandung di bumi, melakukan kajian pada pemanfaatan sumber daya mineral, energi, atau air. 

Sementara itu, mahasiswa juga akan diajak mendalami ilmu geologi untuk diterapkan dalam kerekayasaan, lingkungan hidup, dan mitigasi bencana. Oleh karena itulah, akan ada banyak praktikum dan kerja lapangan saat kuliah di jurusan Teknik Geologi. Jika kamu tertarik untuk belajar lebih dalam, kamu bisa langsung lanjut ke program Pascasarjana (S2) jika sudah lulus. 

Pada semester awal perkuliahan, kamu akan belajar mata kuliah dasar terlebih dahulu seperti matematika, fisika, kimia, kalkulus, dan lain-lain. Mata kuliah spesifik kebumian akan dipelajari mulai semester tiga. Di samping itu, praktek di laboratorium juga akan dilakukan untuk memperdalam pengetahuanmu selama kuliah.

mata kuliah Jurusan teknik Geologi

 

Prospek Kerja Jurusan Teknik Geologi

Lulus dari jurusan Teknik Geologi, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T). Gelar ini bisa kamu pakai untuk mencari pekerjaan impian kamu, khususnya di bidang ilmu geologi. Beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih antara lain sebagai berikut.

    1. Teknisi tambang, minyak, dan material
    2. Ahli sistem informasi geografis
    3. Interpreter seismik
    4. Geologi tata lingkungan
    5. Dosen atau pengajar
    6. Wirausaha
    7. Quality control

Berdasarkan berbagai sumber, gaji yang bisa kamu dapatkan bervariasi mulai dari Rp4 juta hingga puluhan juta. Meski demikian, gaji akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya kemampuan dan pengalaman bekerja. Oleh karena itu, jangan cepat menyerah dan terus belajar.

 

Kampus Favorit Jurusan Teknik Geologi

Banyak kampus di Indonesia yang memiliki jurusan Teknik Geologi, antara lain berikut ini.

  • D3 Teknik Geologi, Universitas Kutai Kertanegara, Tenggarong.
  • D3 Teknik Geologi Terapan, Politeknik Geologi dan Pertambangan AGP, Bandung.
  • S1 Teknik Geologi, Universitas Trisakti
  • S1 Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada
  • S1 Teknik Geologi, UPN “Veteran” Yogyakarta
  • S1 Teknik Geologi, Universitas Padjadjaran
  • S1 Teknik Geologi, Universitas Hasanuddin

Baca Juga: 10 Tips Penting di Tahun Pertama Kuliah Bagi Mahasiswa Baru

Apakah kamu sudah membayangkan kuliah di jurusan Teknik Geologi, friends? Seru kan? Untuk bekal masuk, jangan lupa persiapkan diri dengan giat belajar. Kamu bisa lho memanfaatkan fitur-fitur di Ruangguru untuk mempermudah pembelajaran, salah satunya ruangbelajar. Di dalamnya, ada segudang materi pelajaran yang bisa kamu baca dan mudah dipahami. Semangat!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi

Program Studi Sarjana Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung [daring]. Tautan: https://www.itb.ac.id/program-studi-sarjana-teknik-geologi diakses pada 18 Juli 2022.

7 Prospek Kerja Teknik Geologi yang Bisa Kamu Pertimbangkan [daring]. Tautan: https://glints.com/id/lowongan/prospek-kerja-teknik-geologi/#.YtTHSGQxcwB diakses pada 18 Juli 2022. 

Dinda Silviana Dewi