Jurusan Teknik Pertambangan, Prospek Kerja Menjanjikan dan Bergaji Tinggi!

Jurusan Teknik Pertambangan

Kamu ingin masuk jurusan Teknik Pertambangan? Eits, sebelum mendaftar, baca artikel ini dulu yuk, untuk lebih tahu tentang serba-serbi jurusan Teknik Pertambangan!

 

Kamu senang mencari tahu dan meneliti kandungan-kandungan bahan tambang seperti logam mulia dan batu bara? Atau kamu bercita-cita bekerja di dunia pertambangan karena prospek kerjanya menjanjikan dengan gaji yang terbilang tinggi?

Selamat! Kamu telah menemukan artikel yang tepat! Bagi kamu yang suka kepo-kepo dengan dunia pertambangan atau punya cita-cita bekerja di bidang pertambangan, kamu bisa banget daftar kuliah di jurusan Teknik Pertambangan. Nah, untuk tahu lebih dalam tentang serba-serbi kuliah Teknik Pertambangan, kamu bisa baca selengkapnya di artikel ini, nih!

Mengenal Jurusan Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan adalah salah satu cabang dari disiplin ilmu teknik yang berfokus pada ilmu-ilmu tentang eksplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral dan batu bara. Sumber daya mineral sendiri, contohnya antara lain emas, perak, aluminium, besi, dan sebagainya.

Pada program studi Teknik Pertambangan ini, kamu akan mempelajari berbagai proses terkait pertambangan. Proses-proses pertambangan terdiri atas kegiatan penyelidikan umum (prospeksi), eksplorasi penambangan, pengolahan bahan tambang (eksploitasi), pengangkutan, hingga pemasaran hasil tambang.

Seperti yang kamu tahu, bumi kita menyimpan kekayaan alam berupa bahan tambang yang sangat melimpah. Khususnya di Indonesia, bahan tambang berupa logam mulia dan batu bara sangat banyak tersimpan di dalam tanah. Oleh karena itu, Indonesia banyak membutuhkan lulusan Teknik Pertambangan untuk dapat mengolah dan mengelola bahan tambang tersebut dengan baik.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan banyak mempelajari ilmu geologi, geofisika, pengolahan mineral dan metalurgi, serta berbagai macam disiplin ilmu lain yang berkaitan dengan tambang. 

Mata Kuliah Jurusan Teknik Pertambangan

Beberapa mata kuliah yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan Teknik Pertambangan antara lain:

  • Geologi Dasar 

  • Matematika Teknik 

  • Fisika Teknik 

  • Kristalografi dan Mineralogi 

  • Komputasi Tambang 

  • Teknik Eksplorasi 

  • Mekanika Teknik 

  • Ekonomi Mineral 

  • Metalurgi Umum

  • Teknik Reservoir

Dilihat dari mata kuliahnya, kamu akan banyak bersinggungan dengan Matematika dan Fisika, nih! Hayoo, siapa di sini yang cinta sama dua mapel tersebut? I think you might wanna try to join this major, then!

Prospek Kerja Jurusan Teknik Pertambangan

Kuliah di jurusan Teknik Pertambangan ini bisa jadi stepping stone kamu untuk mengenal dunia pertambangan dengan lebih menyeluruh dan berkarir di dunia pertambangan. Lulusan Teknik Pertambangan bisa berkarir di industri tembaga, batu bara, emas, timah, besi, nikel, dan lain sebagainya.

Jurusan ini juga banyak diminati karena lulusannya memiliki prospek kerja yang menjanjikan dengan gaji yang nggak main-main, lho! Umumnya, pendapatan untuk karyawan entry level di industri pertambangan, bisa mencapai hingga lebih dari 110 juta rupiah per tahunnya. Eits, tapi ingat! Jumlah tersebut tentunya tetap tergantung dari kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, ya!

Selain itu, lulusan Teknik Pertambangan juga bisa meniti karir di industri lainnya, seperti industri alat berat, semen, maupun pembangkit listrik. Atau bisa juga berkarir di Kementerian ESDM sebagai inspektur, analis eksplorasi dan eksploitasi, analis pengembangan infrastruktur, serta analis ketenagalistrikan. Kemudian, lulusan Teknik Pertambangan juga bisa berkarir di bidang sains dan penelitian sebagai peneliti maupun akademisi. Jadi, prospek kerja untuk lulusan jurusan Teknik Pertambangan ini sangat luas ya, guys! Jangan khawatir!

Universitas di Indonesia yang Memiliki Jurusan Teknik Pertambangan

Sudah mulai tertarik untuk daftar di jurusan ini? Kalau kamu tertarik, cus langsung cek daftar Universitas di Indonesia yang memiliki program studi atau jurusan Teknik Pertambangan berikut:

  • Institut Teknologi Bandung

  • Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

  • Universitas Sriwijaya

  • Universitas Hasanuddin

  • Universitas Trisakti

  • Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

  • Universitas Muslim Indonesia

  • Universitas Teknologi Adhi Tama Surabaya

  • Universitas Pejuang Republik Indonesia

  • Universitas Syiah Kuala

  • Universitas Islam Bandung

  • Universitas Negeri Padang

  • Sekolah Tinggi Teknologi Nasional

  • Universitas Cenderawasih

Nah, dari daftar tersebut, untuk program studi Teknik Pertambangan di Institut Teknologi Bandung dan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta sudah terakreditasi A oleh BAN-PT, ya! Sementara untuk universitas lainnya sudah terakreditasi B oleh BAN-PT. Kira-kira, kamu sudah mengincar universitas yang mana, nih?

Skill yang Dibutuhkan di Jurusan Teknik Pertambangan

Nah, kalau sudah mantap mau memilih jurusan Teknik Pertambangan sebagai jurusan impian kamu di UTBK nanti, jangan lupa bahwa kamu juga harus mempersiapkan skill-set yang diperlukan di jurusan ini, ya!

Skill Jurusan Teknik Pertambangan

Beberapa keterampilan atau skill yang wajib kamu miliki sebelum masuk jurusan Teknik Pertambangan antara lain yakni kemampuan observasi, ketekunan dan ketelitian yang tinggi, kemampuan problem-solving yang baik, kemampuan teamwork yang baik, kemampuan untuk berpikir kritis dan rasional, kemampuan analisis yang baik, serta kemampuan mengambil keputusan dengan tepat

Kamu bisa mulai membangun keterampilan-keterampilan tersebut dari sekarang dan terus mengembangkannya saat di bangku kuliah nanti. Karena, skill-set tersebut juga akan tetap dibutuhkan ketika kamu sudah lulus dan terjun ke dunia kerja nantinya.

Oke, segitu dulu pembahasan kita tentang serba-serbi jurusan Teknik Pertambangan. Buat kamu yang akan menghadapi UTBK di tahun 2022 nanti, yuk, gabung di Brain Academy! Supaya persiapan menghadapi UTBK-mu semakin kece dan matang!

BA online - Brain Academy

Referensi:

‘Dikenal Gajinya Selangit, Apa Saja Syarat Masuk Jurusan Pertambangan?’, Sun Education Group, [Daring]. Tautan: https://suneducationgroup.com/news-id/dikenal-gajinya-selangit-apa-saja-syarat-masuk-jurusan-pertambangan/ (Diakses: 24 November 2021)

‘Kampus dengan Jurusan Teknik Pertambangan Terbaik Menurut Data Akreditasi di Indonesia’, Dunia Tambang, [Daring]. Tautan: https://duniatambang.co.id/Berita/read/1666/Kampus-dengan-Jurusan-Teknik-Pertambangan-Terbaik-Menurut-Data-Akreditasi-di-Indonesia (Diakses: 24 November 2021)

‘Jurusan Teknik Pertambangan’, Gramedia, [Daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-teknik-pertambangan/ (Diakses: 24 November 2021)

Prodjo, W. A. ‘Mengenal Jurusan Kuliah Teknik Pertambangan, Ini Prospek Kariernya’, Kompas, [Daring]. Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/27/21111321/mengenal-jurusan-kuliah-teknik-pertambangan-ini-prospek-kariernya?page=all (Diakses: 24 November 2021)

Kenya Swawikanti