Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan Teknologi Pendidikan, Yuk!

Jurusan Teknologi Pendidikan

Artikel ini membahas jurusan Teknologi Pendidikan, mulai dari gambaran jurusan, mata kuliah, hingga prospek kerjanya

Teknologi yang berkembang dengan begitu pesat sudah mempengaruhi begitu banyak aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi bisa membantu proses kegiatan belajar menjadi lebih efisien dan lancar. Selain itu, masih banyak yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan dengan bantuan teknologi. Hanya saja diperlukan orang-orang yang tepat untuk mengelolanya agar pendidikan dan teknologi bisa berperan bersama.

Terus, siapa yang bisa memajukan pendidikan dengan teknologi? Ya, kamu! Kamu yang mau masuk ke jurusan Teknologi Pendidikan. Simak detailnya, yuk! 

 

Mengenal Jurusan Teknologi Pendidikan

Program studi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan berfokus pada pengembangan kurikulum pendidikan dan pemanfaatan teknologi bagi dunia pendidikan. Jurusan ini juga akan spesifik membekali kamu dengan pemahaman tentang kurikulum sehingga kamu bisa menjadi lulusan yang mampu menyiapkan solusi dan mengembangkan kurikulum yang cocok bagi pendidikan di Indonesia.

jurusan teknologi pendidikanBelajar dengan teknologi (Sumber: news.mit.edu)

Tidak hanya mengenal kurikulum pendidikan dengan baik, kamu juga akan disiapkan untuk bisa fasih dalam menggunakan teknologi dan komunikasi untuk dunia pendidikan dan proses belajar mengajar. Psst, pemanfaatan teknologi secara tepat dapat membantu proses belajar mengajar menjadi lebih lancar dan efisien, lho.

Oleh sebab itu, teknologi pendidikan punya peran yang cukup signifikan dalam pengembangan kurikulum. Dengan melibatkan teknologi dalam pengembangan kurikulum juga akan membuat kurikulum tersebut menjadi lebih relevan bagi peserta didik untuk menyongsong dunia kerja. Tentu mau dong menjadi milenial yang melek teknologi sekaligus bisa memperbaiki kualitas dunia pendidikan Indonesia?

Baca juga: Jurusan Teknologi Game: Jurusan Unik untuk Kamu yang Kekinian

 

Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pendidikan

Di jurusan ini kamu akan belajar tentang cara mengembangkan dan menciptakan kurikulum terbaik bagi pelajar di Indonesia. Dilansir dari laman unnes.ac.id, ada tiga konsentrasi yang akan kamu pelajari di jurusan ini yaitu pengembangan kurikulum dan pembelajaran, pengembangan teknologi pembelajaran, dan pendidik dan staf pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Multimedia.

Kamu juga akan diajarkan berbagai cara untuk memanfaatkan teknologi dalam media pembelajaran, sehingga proses belajar bisa lebih efektif dan menyenangkan. 

Beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari antara lain:

  1. Teknologi Pendidikan
  2. Media pembelajaran
  3. Strategi Pembelajaran
  4. Pengantar Kurikulum
  5. Profesi Teknologi Pendidikan
  6. Desain Pembelajaran
  7. Statistik Pendidikan
  8. Pengembangan Belajar Online atau E-learning
  9. Inovasi Pendidikan

 

Kampus dengan Jurusan Teknologi Pendidikan

Bingung mau pilih kampus mana untuk masuk ke jurusan Teknologi Pendidikan? Ini dia beberapa kampus terbaik yang bisa jadi pilihan.

kampus dengan jurusan Teknologi Pendidikan

 

Alasan Harus Pilih Jurusan Teknologi Pendidikan

Sudah jelas banget ‘kan kalau teknologi dan pendidikan adalah dua hal yang jika digabungkan bisa menciptakan suatu solusi untuk berbagai masalah. So, untuk kamu yang punya ketertarikan dalam bidang pendidikan dan teknologi praktis, jurusan ini harus menjadi prioritas utama kamu. Kesukaanmu pada teknologi tidak akan terbuang sia-sia apabila kamu bisa memanfaatkannya untuk kelancaran proses belajar mengajar dan pengembangan kurikulum yang tepat guna.

jurusan teknologi pendidikanPendidikan yang modern (Sumber: minitex.umn.edu)

Selain untuk kamu yang passion pada dunia pendidikan, jurusan ini juga cocok banget untuk kamu yang mau berpikir kreatif dan inovatif serta memiliki kepedulian tinggi pada pengembangan kualitas pendidikan. Kamu juga harus bisa berpikir visioner, terbuka terhadap banyak kemungkinan, mudah beradaptasi, serta antusias terhadap hal baru.

Baca juga: Ayo Kenalan dengan Jurusan Teknologi Pangan!

 

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pendidikan

Walaupun terdapat kata pendidikan, kamu tidak dididik untuk menjadi calon guru, melainkan untuk menjadi ahli dalam tenaga kependidikan. Saat ini, banyak lulusannya yang bekerja sebagai pengelola, perencana, pengembang, pembuat, penilai dan pengguna sistem serta komponen pembelajaran di Departemen atau Lembaga Negara, TNI/Kepolisian, di perguruan tinggi, Lembaga Diklat, ataupun Media.

prospek kerja jurusan teknologi pendidikanProspek kerja Teknologi Pendidikan (Sumber: youthmanual.com)

Perkembangan teknologi mau tidak mau menuntut dunia pendidikan berubah dan beradaptasi. Bahkan, teknologi juga sudah mempengaruhi proses belajar, cara berkomunikasi, dan perancangan kurikulum. Maka dari itu, sekolah dan lembaga pendidikan membutuhkan orang yang menguasai bidang kurikulum dan teknologi pendidikan.

Ruangguru sendiri merupakan salah contoh inovasi di bidang teknologi pendidikan. Dengan menggunakan Ruangguru, kamu bisa lebih mudah belajar di mana saja dan kapan saja melalui video belajar beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis di ruangbelajar. Sudah banyak lho yang merasakan kemudahan belajar bersama Ruangguru. Bagaimana dengan kamu?

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Teknologi Pendidikan S1 [daring]. Tautan: https://unnes.ac.id/prodi/teknologi-pendidikan-s1 (Diakses: 10 Maret 2022)

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D