Rahasia Kak Iman Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Devi Lianovanda Mar 30, 2021 • 4 min read


rahasia-kak-iman-usman-dapat-beasiswa-kuliah-di-luar-negeri

Artikel ini membahas rahasia kak Iman Usman mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

--

Siapa yang punya mimpi kuliah di luar negeri tapi ragu karena biayanya mahal? Tenang, ada banyak universitas di luar negeri yang memberikan program beasiswa, kok. Jadi, kuliah di luar negeri bukan cuma angan-angan. Tapi gimana caranya bisa dapat beasiswa kuliah di luar negeri?

Nah, sekarang kita mau mengulik rahasia kak Iman Usman, nih. Kak Iman adalah Co-Founder dari Ruangguru. Beliau merupakan alumni dari Universitas Indonesia dan pernah mendapatkan beasiswa kuliah di Columbia University, loh! Sekarang, Kak Iman sedang melanjutkan pendidikan di Harvard University. Keren banget ya!

Baca juga: Ini Rahasia Kak Belva Diterima Kuliah di Luar Negeri

Siapa yang ingin seperti kak Iman? Yuk, kita simak, apa saja sih rahasia kak Iman bisa dapat beasiswa kuliah di luar negeri!

1. Bisa bahasa Inggris

Bahasa adalah media komunikasi yang sangat penting untuk berinteraksi, memahami informasi, dan menyampaikan gagasan. Kalau kamu mau kuliah di luar negeri, pasti harus bisa bahasanya, dong? Paling tidak kamu harus bisa bahasa Inggris karena ini adalah bahasa yang bisa dimengerti di manapun.

Syarat program beasiswa dari setiap universitas pasti berbeda-beda. Tapi, biasanya dokumen wajib yang harus kamu punya adalah sertifikat TOEFL atau IELTS. 

TOEFL dan IELTS sama-sama tes bahasa Inggris bersertifikat. TOEFL menggunakan American english, sedangkan IELTS menggunakan British english. Dilansir dari schoolapply.com, institusi di Amerika biasanya lebih menyukai sertifikat TOEFL. Jadi, coba cek lagi, ya, universitas impianmu mensyaratkan sertifikat TOEFL atau IELTS. Jangan sampai ketika sudah mengambil tes TOEFL, misalnya, tetapi kampusmu menginginkan dokumen IELTS. Sayang deh. Huhu.

wisuda-kak-iman-usman(Sumber: instagram.com/imanusman)

2. Punya pengalaman yang relevan

Tidak bisa dipungkiri, pengalaman kerja berpengaruh terhadap kemungkinanmu mendapatkan beasiswa di universitas luar negeri. Semakin banyak pengalaman yang kamu punya, semakin banyak yang bisa kamu tulis dan tunjukkan. Tapi tulis yang relevan saja ya, biar fokus dan jelas apa yang mau kamu tunjukkan.

Misalnya, kamu mau melanjutkan pendidikan di bidang telekomunikasi. Kamu bisa mencantumkan pengalaman kerja di bidang tersebut. Atau kalau belum punya pengalaman kerja, kamu bisa mulai mengikuti program magang atau sertifikasi yang sesuai. Kamu juga bisa menuliskan pengalaman organisasi, komunitas, atau aktivitas yang berhubungan dengan bidang yang ingin kamu tekuni. Kata kak Iman, dengan pengalaman ini, kesempatan kamu untuk bisa mendapatkan beasiswa di kampus impian menjadi lebih besar.

kak-iman-usman-pakai-toga-wisuda(Sumber: instagram.com/imanusman)

3. Menyeimbangkan prestasi akademik dan organisasi

Mungkin kamu pernah berpikir kalau mau dapat beasiswa di luar negeri, yang penting punya IPK tinggi. Lalu, akhirnya kamu hanya fokus pada kegiatan akademik saja. Atau sebaliknya, kamu menganggap bahwa yang penting adalah punya banyak pengalaman organisasi dan hard skill.

Tapi, jangan salah! Keduanya punya peranan yang penting buatmu, lho. Bayangin deh. Pendaftar beasiswa di kampus luar negeri pasti ada banyak dan datang dari  berbagai negara. Nah,  di antara pendaftar-pendaftar ini pasti ada yang prestasi akademiknya bagus, ada yang punya banyak pengalaman organisasinya, dan ada yang punya keduanya. Menurutmu mana yang akan dipilih? Tentu saja yang punya keduanya, bukan? Prestasi akademik oke, pengalaman organisasinya juga oke.

Jadi, dua-duanya penting, ya. Kalau kamu belum punya pengalaman organisasi, mulai sekarang coba, deh, gabung dengan organisasi atau komunitas yang relevan dengan bidang yang ingin kamu tekuni.

Untuk tahu rahasia selengkapnya, kamu bisa download e-Book Inspiratif Rahasia Kak Iman Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri di english-academy.id/inspiring-ebook.

download-e-book-rahasia-kak-iman-dapat-beasiswa-di-luar-negeri

Nah, salah satu poin yang dijelaskan kak Iman adalah bisa bahasa Inggris. Bahasa Inggris memang penting kalau kamu mau kuliah ke luar negeri. Penting untuk komunikasi, membuat esai, memahami informasi, dan kegiatan belajar. Jadi, semakin cepat kamu memulai persiapan bahasa Inggris, jadi semakin siap buat apply beasiswa. Kamu bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak atau dengan mengikuti kursus.

English Academy by Ruangguru adalah platform belajar bahasa Inggris secara online. Disini, kamu bisa memilih program sesuai dengan usia atau kemampuan bahasa Inggrismu. Kamu juga bisa ikutan Placement Testnya, loh! GRATIS!! Biar kamu bisa lebih tahu kemampuan bahasa Inggrismu, dan pilih program yang tepat. Setelah tes, kamu juga bisa dapat sertifikat. Yuk, belajar bahasa Inggris bersama English Academy!

New call-to-action

Profile

Devi Lianovanda

Satu individu dari 7,9 miliar manusia di bumi. Terima kasih sudah baca sampai sini :)

Beri Komentar