Pengertian Kata Pengantar, Isi, dan Contoh | Bahasa Indonesia Kelas 11

Kata Pengantar

Yuk, belajar tentang kata pengantar, mulai dari pengertian, isi atau struktur kata pengantar, cara membuat, hingga contohnya! Simak penjelasan selengkapnya di artikel berikut ini, ya!

Dalam penyusunan tugas makalah, buku, atau beberapa karya tulis ilmiah lainnya, pada bagian awal, ada yang dinamakan dengan kata pengantar. Coba ngaku deh, siapa di antara kamu yang masih bingung dalam membuat kata pengantar, hayooo?

Nah, kamu yang masih bingung dalam membuat kata pengantar, coba simak artikel ini sampai selesai ya. Kenapa? Karena di artikel ini kita akan bahas tentang pengertian, cara membuat, hingga contoh dari kata pengantar. Penasaran? Keep scrolling ya guys~

 

Pengertian Kata Pengantar

Kata pengantar adalah salah satu bagian awal (pendahuluan) dari sebuah karya ilmiah. Umumnya, di dalam kata pengantar ini penulis mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak yang telah membantunya menyelesaikan karya tersebut. Selain itu, tak jarang juga penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun guna penyempurnaan karya tulis yang akan dibuat selanjutnya.

Pengertian Kata Pengantar

Baca juga: Analisis Unsur Ekstrinsik Cerpen

 

Isi (Struktur) Kata Pengantar dan Cara Membuat Kata Pengantar

Berhubung kata pengantar dalam sebuah karya tulis ilmiah itu umumnya hanya satu halaman, maka kamu perlu menyesuaikan isinya supaya tidak terlalu panjang dan lebih bermakna ketika dibaca. Ada pun caranya, kamu perlu memperhatikan beberapa poin berikut ini:

 

1. Bagian Pembuka

Pada bagian pembuka, kata pengantar umumnya terdiri dari ucapan syukur serta terima kasih dari penulis. Ucapan syukur dan terima kasih tersebut ditujukan oleh penulis kepada Tuhan serta pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan karya tulis tersebut.

 

2. Penyampaian Isi

Kata pengantar juga memiliki bagian isi nih, teman-teman. Nah, pada bagian isi, penulis menyampaikan sedikit tentang informasi karya tulisnya. Misal, kata pengantar dalam karya tulis ilmiah yang karya tulisnya berupa makalah penelitian, berarti isinya berupa  penyampaian gambaran umum dari makalah tersebut.

Baca juga: Pengertian, Jenis, dan Contoh Konjungsi Temporal

 

3. Bagian Penutup

Nah, kalau di bagian penutup dari kata pengantar ini, biasanya penulis akan menyampaikan permohonan maaf serta permintaan kritik dan saran yang membangun. Permohonan maaf ini ditujukan kepada pembaca karena penulis merasa jika karya tulis yang nantinya dibaca itu ternyata di bawah ekspektasi pembacanya. Lalu, penulis meminta kritik dan saran yang membangun guna memperbaiki karya tulis selanjutnya yang akan dibuat. Tidak lupa pada bagian akhir, dituliskan tempat dan tanggal penyusunan karya tulis beserta nama penulis/penyusunnya.

Struktur Kata Pengantar

 

Contoh Kata Pengantar

Untuk lebih memudahkan kamu dalam memahami kata pengantar, berikut contoh kata pengantar dari karya tulis ilmiah yang bisa kamu jadikan sebagai referensi:

 

Contoh Kata Pengantar 1

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ilmiah tentang Manfaat Bank Sampah Bagi Lingkungan.

Tidak lupa juga kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut memberikan kontribusi dalam penyusunan makalah ini. Tentunya makalah ini tidak akan bisa maksimal jika tidak mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Sebagai penyusun, kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan baik dari penyusunan hingga tata bahasa penyampaian dalam makalah ini. Oleh karena itu, kami dengan rendah hati menerika saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ini.

Kami berharap semoga makalah yang kami susun ini memberikan manfaat dan juga inspirasi untuk pembaca.

Jakarta, 28 Januari 2021

Penyusun

Baca juga: 5 Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks, Protokol

 

Contoh Kata Pengantar 2

Tiada kalimat yang pantas penulis ucapkan kecuali rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Disinfektan dari Bahan Pembersih Rumah Tangga”. Tidak lupa pula dukungan baik secara materil dan nonmateril yang diberikan kepada penulis dalam penyusunan makalah ini. Oleh karena itu, izinkan penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada:

1. Bapak Fahri Abdillah, S.I.Kom.,M.Pd, selaku kepala sekolah blog Ruangguru yang memberikan arahan dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas laboratorium.

2. Ibu Hani Ammariah, S.Si., M.Pd, selaku guru pembimbing IPA Terapan yang memberikan dukungan dan saran kepada penulis.

3. Ibu Shabrina Alfari, S.Hum., M.Pd selaku wali kelas penulis yang selalu memberikan motivasi dalam penyusunan makalah ini.

Penulis sadar bahwa makalah yang disusun ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, dengan rendah hati penulis memohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.

Jakarta, 28 Januari 2021

Ratu Regina

Penjelasan mengenai pengertian, cara membuat, dan contoh kata pengantar di atas sudah cukup membantu, belum? Kalau kamu masih kurang paham, coba tanya langsung sama kakak tutor di ruangguru Privat, yuk! Kamu bisa tanya jawab secara privat di sana, lho! Pilih tutor favorit kamu sekarang dan tentukan jadwal belajar sesuai kebutuhanmu di ruangguru Privat!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Suherli dkk. (2017). Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas 11. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Artikel ini telah diperbarui pada 25 Oktober 2022.

Tedy Rizkha Heryansyah