Tahun Baru di Rumah Aja? Yuk, Isi dengan 7 Kegiatan Seru Ini!

Hani Ammariah Des 31, 2020 • 7 min read



tahun baru di masa pandemi

Artikel ini memberikan informasi mengenai beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburan tahun barumu supaya lebih seru, walaupun cuma dilakukan di rumah aja.


--

Momen malam pergantian tahun memang selalu menjadi yang dinanti-nanti oleh kita semua. Siapa nih yang udah nggak sabar untuk menyambut awal tahun baru? Hihihi… Tapi, sayangnya tahun baru kali ini, mungkin terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ya. Situasi pandemi membatasi kita untuk nggak melakukan aktivitas di luar rumah. Eits! Jangan sedih dulu, guys. Kamu masih bisa melakukan kegiatan yang seru untuk mengisi malam tahun barumu, meskipun cuma dilakukan di dalam rumah aja. Nah, penasaran apa aja kegiatannya? Yuk, simak artikel berikut ini!

 

1. Barbeque-an!

 

Malam tahun baru biasanya identik dengan yang namanya bakar-bakar nih, atau istilah kerennya itu “barbeque-an”. Selain keluarga, kamu juga bisa ajak kerabat dekatmu ke rumah untuk barbeque-an bersama, lho. Alat dan bahannya juga nggak terlalu ribet dan mudah dicari di pasar atau supermarket. Nah, sambil barbeque-an, kamu bisa sekalian quality time bareng keluarga dan teman-temanmu. Kumpul bersama dan ngobrolin segala hal yang menarik untuk dibahas. Wah, pasti seru banget, deh!

barbeque-an

Barbeque bersama teman dan keluarga (sumber: babycouture.in)

 

2. Menonton Film Bersama Keluarga

 

Kalo yang anggota keluarganya suka nonton film, kegiatan yang satu ini bisa jadi pilihan. Pilih beberapa film yang disukai keluarga untuk ditonton bersama. Siapkan juga beberapa cemilan dan minuman supaya lebih asik nih nontonnya. Nah, kalo mau lebih seru lagi, kamu bisa gunakan home theater atau mini proyektor. Jadi, bisa nonton dengan layar yang lebih besar. Ala-ala bioskop gitu, deh. Menarik, bukan?

menonton film

Menonton film dengan suasana seperti di bioskop (sumber: business.times.com)

 

3. Karaoke

 

Karaoke juga bisa dijadikan pilihan yang menarik untuk mengisi malam tahun barumu di rumah. Buat playlist lagu-lagu kesukaanmu dan keluarga untuk dinyanyikan bersama. Kalo perlu, siapkan juga alat musik, seperti gitar atau keyboard untuk dimainkan nantinya. Alunan musik dan lagu pasti akan membuat malam tahun barumu menjadi lebih ramai dan menyenangkan.

karaoke

Karaoke seru bersama keluarga (sumber: atlantaparent.com)

 

4. Makan Malam Bersama Keluarga

 

Nah, kalo kamu ingin mengisi malam tahun baru dengan kegiatan yang lebih simpel, namun nggak mengurangi momen keakraban bersama keluarga di rumah, coba lakukan kegiatan yang satu ini. Kamu bisa masak beraneka macam menu favorit keluarga untuk makan malam bersama. Setelah makan malam, lanjut manfaatkan waktu untuk quality time dengan mereka. Bercerita berbagai macam hal, misalnya kegiatan sekolah, pekerjaan, atau rencanamu ke depan. Percaya deh, momen-momen kumpul keluarga kayak gini yang bakal kamu kangenin ketika udah sibuk nanti.

makan malam bersama

Makan malam bersama keluarga (sumber: medium.com)

 

5. Bermain Game

 

Kegiatan satu ini juga nggak kalah seru, lho! Sambil menunggu pergantian tahun, kamu bisa coba bermain game bersama keluarga di rumah. Misalnya aja, bermain video games, board games, atau card games. Nah, supaya lebih seru, siapkan hukuman atau challenge bagi orang yang kalah dalam permainan. Atau sebaliknya nih, hadiah bagi yang memenangkan permainan. Sederhana, namun menciptakan memori yang berkesan nantinya.

bermain game

Bermain board game (sumber: pbs.org)

 

6. Bebersih dan Mendekor Ulang Rumah

 

Tahun yang baru biasanya kita juga menginginkan nuansa yang baru, ya. Nah, untuk menyambut awal yang baru, kamu bisa bebersih rumah sambil mendekor ulang rumahmu, loh. Menciptakan suasana yang berbeda dan jauh lebih fresh dari tahun sebelumnya. Misalnya, dengan mengganti wallpaper atau warna cat rumah, mengatur susunan barang di ruang tamu atau kamar, membereskan barang-barang yang udah nggak terpakai, dan masih banyak lagi. Hal ini, tentu akan membuat kamu menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas nantinya, guys.

dekor parung

Menciptakan nuansa baru di awal tahun dengan mendekor ulang rumah (sumber: thefinanceroome.co.uk)

 

7. Me Time!

 

Kalo kegiatan yang satu ini, mungkin cocok untuk kamu yang sedang jauh dari keluarga, ya. Enggak perlu khawatir malam tahun barumu akan terasa sepi dan membosankan. Kamu juga bisa banyak melakukan hal-hal yang seru, kok! Contohnya, dengan marathon film, series, atau drama yang kamu sukai. Nah, bagi kamu yang suka baca buku, coba pilih buku-buku yang menurutmu seru untuk dibaca. Atau, kalo kamu ingin mengisi malam tahun barumu dengan sesuatu yang lebih berguna, dapat mengikuti pelatihan softskill secara daring. Beristirahat seharian juga bisa. Mengisi energi sebelum menjalani kesibukan kembali di awal tahun baru. Fufufufu...

istirahat

Istirahat yang cukup setelah menjalani kesibukan selama setahun kebelakang (sumber: raisingchildren.net.au)

 

Oke, itu dia beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi malam tahun barumu di rumah. Meskipun kelihatannya simpel, tapi tetap seru dan berkesan, loh. Nah, bagi kamu yang punya ide lain tentang kegiatan untuk mengisi malam tahun baru, selain ketujuh poin di atas, boleh dong di-share di kolom komentar! Siapa tau ada teman-teman pembaca yang tertarik untuk melakukannya, nih. So, akhir kata, tim blog Ruangguru mengucapkan selamat tahun baru ya, guys!

New call-to-action

Sumber foto:

Ilustrasi ‘Barbeque bersama teman dan keluarga’ [Daring]. Tautan: https://www.babycouture.in/blog/lets-make-family-happy-place/ (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Menonton film’ [Daring]. Tautan: https://business.time.com/2011/09/27/soon-youll-have-to-wait-even-longer-for-movies-via-netflix-or-redbox/ (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Karaoke bersama keluarga’ [Daring]. Tautan: https://www.atlantaparent.com/karaoketherapy/ (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Makan malam bersama keluarga’ [Daring]. Tautan: https://medium.com/one-table-one-world/reasons-we-should-revive-the-family-dinner-746e9c127f01 (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Bermain board game’ [Daring]. Tautan: https://www.pbs.org/parents/thrive/bringing-back-family-game-night (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Mendekor ulang rumah’ [Daring]. Tautan: https://www.thefinanceroome.co.uk/decorating-making-your-house-into-your-home/ (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Istirahat cukup’ [Daring]. Tautan: https://raisingchildren.net.au/guides/first-1000-days/looking-after-yourself/sleep-for-parents (Diakses: 30 Desember 2020)

Beri Komentar