12 Ide Kegiatan Malam Tahun Baru yang Seru, Cukup di Rumah!

kegiatan seru menyambut tahun baru

Artikel ini memberikan informasi mengenai beberapa ide kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi liburan tahun barumu supaya lebih seru, walaupun cuma dilakukan di rumah aja.

 

Momen malam pergantian tahun memang selalu menjadi yang dinanti-nanti oleh kita semua. Siapa nih yang udah nggak sabar untuk menyambut awal tahun baru? Hihihi

Kalau kamu, malam tahun baru nanti bakal ke mana, nih? Buat yang nggak ke mana-mana, alias di rumah aja, jangan sedih dulu, guys. Kamu masih bisa melakukan kegiatan seru untuk mengisi malam tahun barumu.

Mau merayakan di rumah atau di luar, kalau ditemani keluarga, teman-teman, atau orang-orang terdekat pasti akan tetap seru kok. Nah, ide kegiatan seru apa aja sih yang bisa dilakukan untuk menyambut malam tahun baru, meskipun di rumah? Yuk, simak artikel berikut ini!

 

1. Barbeque-an!

Acara malam tahun baru biasanya identik dengan yang namanya bakar-bakar nih, atau istilah kerennya itu “barbeque-an”. Selain keluarga, kamu juga bisa ajak kerabat dekatmu ke rumah untuk barbeque-an bersama, lho.

Alat dan bahannya juga nggak terlalu ribet dan mudah dicari di pasar atau supermarket. Nah, sambil barbeque-an, kamu bisa sekalian quality time bareng keluarga dan teman-temanmu. Kumpul bersama dan ngobrolin segala hal yang menarik untuk dibahas. Wah, pasti seru banget, deh!

barbeque-an

Barbeque bersama teman dan keluarga (sumber: babycouture.in)

 

2. Menonton Film Bersama Keluarga

Kalo yang anggota keluarganya suka nonton film, kegiatan yang satu ini bisa jadi pilihan. Pilih beberapa film yang disukai keluarga untuk ditonton bersama. Siapkan juga beberapa cemilan dan minuman supaya lebih asik nih nontonnya.

Nah, kalo mau lebih seru lagi, kamu bisa gunakan home theater atau mini proyektor. Jadi, bisa nonton dengan layar yang lebih besar. Ala-ala bioskop gitu, deh. Menarik, bukan?

menonton film

Menonton film dengan suasana seperti di bioskop (sumber: business.times.com)

 

3. Karaoke

Karaoke juga bisa dijadikan pilihan yang menarik untuk mengisi acara malam tahun barumu di rumah. Buat playlist lagu-lagu kesukaanmu dan keluarga untuk dinyanyikan bersama.

Kalo perlu, siapkan juga alat musik, seperti gitar atau keyboard untuk dimainkan nantinya. Alunan musik dan lagu pasti akan membuat malam tahun barumu menjadi lebih ramai dan menyenangkan.

Baca Juga: Ingin Berhasil Wujudkan Resolusi Tahun Baru? Simak Tips Membuatnya!

karaoke

Karaoke seru bersama keluarga (sumber: atlantaparent.com)

 

4. Makan Malam Bersama Keluarga

Nah, kalo kamu ingin mengisi malam tahun baru dengan kegiatan yang lebih simpel, namun nggak mengurangi momen keakraban bersama keluarga di rumah, coba lakukan kegiatan yang satu ini.

Kamu bisa masak beraneka macam menu favorit keluarga untuk makan malam bersama. Setelah makan malam, lanjut manfaatkan waktu untuk quality time dengan mereka. Bercerita berbagai macam hal, misalnya kegiatan sekolah, pekerjaan, atau rencanamu ke depan.

Percaya deh, momen-momen kumpul keluarga kayak gini yang bakal kamu kangenin ketika udah sibuk nanti.

makan malam bersama

Makan malam bersama keluarga (sumber: medium.com)

 

5. Bermain Game

Kegiatan satu ini juga nggak kalah seru, lho! Sambil menunggu pergantian tahun, kamu bisa coba bermain game bersama keluarga di rumah. Misalnya aja, bermain video games, board games, atau card games.

Nah, supaya lebih seru, siapkan hukuman atau challenge bagi orang yang kalah dalam permainan. Atau sebaliknya nih, hadiah bagi yang memenangkan permainan. Sederhana, namun menciptakan memori yang berkesan nantinya.

bermain game

Bermain board game (sumber: pbs.org)

 

6. Bebersih dan Mendekor Ulang Rumah

Tahun yang baru biasanya kita juga menginginkan nuansa yang baru, ya. Nah, untuk menyambut awal yang baru, kamu bisa bebersih rumah sambil mendekor ulang rumahmu, loh.

Menciptakan suasana yang berbeda dan jauh lebih fresh dari tahun sebelumnya. Misalnya, dengan mengganti wallpaper atau warna cat rumah, mengatur susunan barang di ruang tamu atau kamar, membereskan barang-barang yang udah nggak terpakai, dan masih banyak lagi. Hal ini, tentu akan membuat kamu menjadi lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas nantinya, guys.

dekor parung

Menciptakan nuansa baru di awal tahun dengan mendekor ulang rumah (sumber: thefinanceroome.co.uk)

Baca Juga: Film Natal Terbaik untuk Temani Liburanmu Bersama Keluarga

 

7. Me Time!

Kalo kegiatan yang satu ini, mungkin cocok untuk kamu yang sedang jauh dari keluarga, ya. Enggak perlu khawatir nuansa malam tahun barumu akan terasa sepi dan membosankan.

Kamu juga bisa banyak melakukan hal-hal yang seru, kok! Contohnya, dengan marathon film, series, atau drama yang kamu sukai. Nah, bagi kamu yang suka baca buku, coba pilih buku-buku yang menurutmu seru untuk dibaca.

Atau, kalo kamu ingin mengisi malam tahun barumu dengan sesuatu yang lebih berguna, dapat mengikuti pelatihan softskill secara daring. Beristirahat seharian juga bisa. Mengisi energi sebelum menjalani kesibukan kembali di awal tahun baru. Fufufufu

istirahat

Istirahat yang cukup setelah menjalani kesibukan selama setahun kebelakang (sumber: raisingchildren.net.au)

 

8. Main Truth-or-Dare

Menghabiskan malam tahun baru dengan bermain truth-or-dare pasti seru banget. Apalagi kalau mainnya sama temen-temen deket. Permainan ini juga cukup sederhana.

Kamu bisa pakai botol untuk diputar di atas meja. Nah, saat botol tersebut diputar mengarah ke satu orang, ia harus memilih antara truth atau dare. Kalau dia pilih truth, maka harus menjawab jujur atas pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman lainnya. Apabila dia memilih dare, maka harus melakukan tantangan apapun yang diberikan oleh teman-teman lain. Seru banget, kan?

truth or dare

Kamu pilih truth atau dare nih? (sumber: unsplash.com)

 

9. Belajar Masak Bareng

Buat kamu-kamu yang punya hobi memasak, bisa banget nih hal ini dijadikan ide kegiatan untuk mengisi malam tahun baru. Kamu bisa belajar resep baru bareng keluarga atau teman-teman.

Kamu bisa cobain resep makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya. Lebih seru lagi kalau masakannya lebih dari satu jenis. Setelah masakan matang, dilanjutkan deh dengan makan bersama. Siapa tahu resep baru yang kamu cobain itu bisa mendatangkan pundi-pundi rezeki di tahun berikutnya hehehe.

Baca Juga: Aktivitas Liburan Seru di Rumah Bersama Keluarga

masak bersama

Jangan lupa persiapkan bahan-bahannya dengan lengkap ya supaya nanti tinggal masak. (sumber: unsplash.com)

 

10. Mengadakan Pesta Kecil dan Tukar Kado

Mengadakan pesta kecil bersama keluarga atau teman-teman dekat juga seru untuk dilakukan. Kamu bisa menyajikan makanan dan minuman di meja dan biarkan teman-teman mengambilnya sesuai selera. Pestanya juga nggak perlu mewah, yang penting kebersamaannya hehehe.

Oh iya, supaya pestanya lebih seru, kamu juga bisa mengadakan tukar kado, lho! Kamu bisa membuat kesepakatan dengan peserta pesta lainnya untuk saling membeli kado. Biar lebih asik, tentukan batas nominal harga kadonya dan bebaskan mereka berkreasi sekreatif mungkin.

pesta kecil-kecilan bersama teman-teman

Tambahkan dekorasi lucu agar pestanya semakin meriah. (sumber: floweraura.com) 

 

11. Pajamas Party

Pajamas party with bestieess! Wah pasti seru banget! Kamu bisa mengundang bestie-bestie kamu untuk menginap di rumah. Mengisi kegiatan malam tahun baru nggak harus selalu dengan kembang api dan pesta ramai-ramai kok.

Kamu bisa menghias kamar dengan dekorasi menarik dan mengundang sahabat-sahabat kamu untuk menginap. Supaya terlihat lebih lucu, kamu juga bisa menentukan warna dress code baju tidur kalian. Eits, jangan lupa sediakan camilan yah. Supaya momen chit chat kalian tetap seru dan nggak lapar hehe.

pajamas party

Pajamas party for new year eve, why not? (sumber: robemart.com)

 

12. Camping di Halaman Rumah

Siapa bilang merayakan malam tahun baru di rumah kegiatannya hanya bisa dilakukan dalam ruangan? Kalau kamu bosan dengan aktivitas di dalam ruangan, ide kegiatan yang satu ini bisa banget dicobain.

Aktivitas di alam terbuka juga cocok untuk mengisi pergantian tahun. Kamu bisa mengajak keluarga atau teman-teman untuk mencoba camping….. tapi di halaman rumah hehehe.

Kalau kamu punya halaman yang cukup luas, ide ini bisa banget kamu cobain. Aktivitas ini juga akan membuat pikiran lebih rileks. Kamu bisa mengundang teman-temanmu juga supaya lebih seru.

Kalau kamu tidak punya peralatan camping, tinggal sewa aja. Jangan lupa siapkan camilan yang cocok menemani camping ya! Pastikan juga suasana langit lagi cerah. Kalau mendung nanti nggak seru dong camping-nya.

camping di halaman

Rileks sambil menghirup udara alam terbuka untuk menyambut malam tahun baru. (sumber: simpleandseasonal.com)

Oke, itu dia beberapa ide kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi malam tahun barumu di rumah. Meskipun kelihatannya simpel, tapi tetap seru dan berkesan, loh.

Nah, bagi kamu yang punya ide lain tentang kegiatan untuk mengisi malam tahun baru, selain ketujuh poin di atas, boleh dong di-share di kolom komentar! Siapa tau ada teman-teman pembaca yang tertarik untuk melakukannya, nih.

So, akhir kata, tim blog Ruangguru mengucapkan selamat tahun baru ya, guys! Oh iya, jangan lupa kembali belajar seru bersama ruangbelajar setelah liburan usai yah!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Sumber Foto:

Ilustrasi ‘Barbeque bersama teman dan keluarga’ [Daring]. Tautan: https://www.babycouture.in/blog/lets-make-family-happy-place/ (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Menonton film’ [Daring]. Tautan: https://business.time.com/2011/09/27/soon-youll-have-to-wait-even-longer-for-movies-via-netflix-or-redbox/ (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Karaoke bersama keluarga’ [Daring]. Tautan: https://www.atlantaparent.com/karaoketherapy/ (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Makan malam bersama keluarga’ [Daring]. Tautan: https://medium.com/one-table-one-world/reasons-we-should-revive-the-family-dinner-746e9c127f01 (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Bermain board game’ [Daring]. Tautan: https://www.pbs.org/parents/thrive/bringing-back-family-game-night (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Mendekor ulang rumah’ [Daring]. Tautan: https://www.thefinanceroome.co.uk/decorating-making-your-house-into-your-home/ (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Istirahat cukup’ [Daring]. Tautan: https://raisingchildren.net.au/guides/first-1000-days/looking-after-yourself/sleep-for-parents (Diakses: 30 Desember 2020)

Ilustrasi ‘Camping’ [Daring]. Tautan: https://simpleandseasonal.com/backyard-campout-ideas/ (Diakses 21 Desember 2022)

Ilustrasi ‘Truth-or-Dare’ [Daring]. Tautan: https://unsplash.com/photos/Pd3ml1YRPlg (Diakses 21 Desember 2022)

Ilustrasi ‘Belajar Masak Bareng’ (Daring). Tautan:  https://unsplash.com/photos/EzH46XCDQRY (Diakses 21 Desember 2022)

Ilustrasi ‘Mengadakan Pesta Kecil dan Tukar Kado’ (Daring). Tautan: https://www.floweraura.com/blog/how-throw-perfect-birthday-party-for-your-friend (Diakses 21 Desember 2022)

Ilustrasi ‘Pajamas Party’ (Daring). Tautan: https://robemart.com/blog/pajama-party/ (Diakses 21 Desember 2022)

Hani Ammariah