Rangkuman Program Sosial Ruangguru di Tahun 2020

Ruangguru Jan 27, 2021 • 5 min read


apa yang dilakukan yayasan ruangguru selama tahun 2020

Artikel ini menceritakan berbagai dampak yang telah diberikan oleh Yayasan Ruangguru selama tahun 2020.

--

Sebagai sebuah perusahaan teknologi pendidikan, Ruangguru tidak hanya fokus pada pengembangan aplikasi dan  penyelesaian masalah pendidikan. Di luar itu semua, Ruangguru juga membentuk sebuah Yayasan. Namanya, Yayasan Ruangguru.

Yayasan Ruangguru ini lah yang secara khusus menangani aktivitas sosial di bidang pendidikan. Mulai dari pemberian beasiswa, program pengembangan kompetensi guru, serta pembuatan konten  yang mengangkat isu sosial dan pendidikan karakter.

Lalu, dampak apa saja yang telah diberikan oleh Yayasan Ruangguru selama tahun 2020? Berikut rangkumannya:

 

1. Indonesia Teaching Fellowship (ITF)

Indonesia Teaching Fellowship adalah program beasiswa berupa pembinaan dan pelatihan guru selama setahun guna meningkatkan kinerja dan kualitas guru Indonesia. Dalam ITF, kami berusaha meningkatkan lima aspek untuk guru: 1) kompetensi pedagogik, 2) kompetensi profesional mata pelajaran yang diajar, 3) kompetensi kepribadian dan kepercayaan diri, 4) kompetensi sosial pengajaran, dan 5) kompetensi penggunaan teknologi untuk pengajaran.

Selama 2020, program ini telah dilaksanakan di 14 Kabupaten/Kota dan tersebar di 11 Provinsi. Sudah ada 2.062 guru yang mengikuti ITF mulai dari jenjang SD sampai SMA. Hasilnya, berdasarkan try out Uji Kompetensi Guru, terjadi peningkatan kompetensi sebesar 32,4%.

Selama ITF berlangsung, program ini telah menelurkan 259 Guru Berdampak. Guru Berdampak adalah sebutan untuk guru yang bisa menyebarkan manfaat dan ilmu kepada rekan guru di daerahnya. Baik di tingkat sekolah, komunitas KKG, MGMP, maupun komunitas guru lain.

 

2. Indonesia Learning Fellowship (ILF)

Tidak hanya membuat pelatihan untuk guru selama setahun, Yayasan Ruangguru, melalui program Indonesia Learning Fellowship juga memberikan beasiswa berupa pendampingan akses belajar dari SD sampai SMA, untuk mereka yang sedang persiapan Ujian Sekolah, Ujian Nasional, atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi.

Tujuannya, supaya siswa-siswi di Indonesia memiliki kesempatan belajar yang sama dan merata. Di Indonesia Learning Fellowship, anak-anak mendapatkan akses aplikasi Ruangguru, tutor dan fasilitator, pendampingan konseling, webinar, tim lapangan, regional gathering, hingga penghargaan untuk mereka yang punya prestasi selama mengikuti program.

Selama 2020, Yayasan Ruangguru membuat 9 program beasiswa ILF di lebih dari 200 Kabupaten/Kota di 29 Provinsi, dengan jumlah siswa-siswi mencapai lebih dari 5.000 peserta. Hasilnya, program ini meningkatkan nilai akademis siswa sampai 41,5%. Tidak hanya itu, 79% penerima ILF berhasil diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

 

3. Program Kesiapan Kerja

Tahun 2020 lalu, Yayasan Ruangguru juga memberikan beasiswa intensif untuk mereka yang ingin mencari kerja dan mengembangkan karir. Program ini ditujukan kepada masyarakat umum, mahasiswa, dan profesional.

Para peserta program mendapatkan akses Skill Academy, grup untuk diskusi, layanan konseling mengenai karir, webinar, info lowongan kerja, sampai penghargaan kepada mereka yang aktif saat menjadi peserta.

Baca juga: Ruangguru Kini Hadir Sebagai Super App!

Program ini diikuti oleh lebih dari 16.000 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari masyarakat umum, mahasiswa, hinggai profesional. Selain itu, terdapat 1.200 peserta pelatihan di 16 PKBM dan BLK.

Setelah 3 bulan mengikuti program ini, proporsi peserta yang bekerja sebagai karyawan naik sebesar 20,1%. 

 

4. Konten Edukasi Gratis

Di tahun 2020 lalu, Yayasan Ruangguru bekerjasama dengan berbagai mitra untuk membuat 5 konten edukatif gratis yang berkaitan dengan pendidikan. Konten-konten ini sudah memberikan manfaat kepada 2,4 juta penonton. Adapun kontennya sebagai berikut:

 

Yuk Cerdas Berinternet

Pembuatan konten ini bermitra dengan Google.org, Maarif Institute, Cameo Project, Peace Generation, dan Love Frankie. Kerjasama ini menghasilkan 27 video yang memberitahu bagaimana cara berinteraksi secara online yang baik, bagaimana kita bisa menghindari pemberitaan hoaks, cyber bullying, sampai meningkatkan keamanan digital.

 

Beda Itu Keren

Bekerjasama dengan Persada Capital Investama, Adaro Foundation, dan Peace Generation, Yayasan Ruangguru membuat 17 rangkaian video edukasi gratis tentang bagaimana pentingnya memahami nilai-nilai pancasila, keindahan toleransi dan perbedaan di kehidupan. Sehingga, diharapkan, mereka yang menyaksikannya dapat menjadi sosok yang berkarakter baik, dan sadar akan indahnya toleransi.

 

Hidup Sehat Yuk!

Yayasan Ruangguru juga membuat 47 video edukasi ringan yang fun terkait pentingnya kesehatan remaja. Kami tahu, usia remaja merupakan fase penting dalam perkembangan anak, sehingga diharapkan video-video yang ada dapat memberikan informasi terkait kesehatan secara asyik. Konten ini adalah hasil kerjasama dengan Indofood dan Fakultas Kesehatan Masyarakat UI.

 

Kesetaraan Gender

Bersama Kecap ABC, Yayasan Ruangguru membuat 10 video edukasi mengenai apa itu gender dan perannya, isu terkait ketidakadilan gender, serta praktik sederhana bagaimana kita bisa mendukung gerakan kesetaraan gender.

 

Pendidikan Karakter

Yayasan Ruangguru juga berinisiatif membuat 13 seri video tentang menumbuhkan pendidikan karakter. Tujuannya,supaya murid, selaku masa depan bangsa, punya pemahaman terhadap diri sendiri, memiliki visi dan misi, serta mengetahui cara menghadapi lingkungan. Mulai dari lingkaran pertemanan, sampai komunikasi dengan orang dewasa.

 

5. Platform Ruangpeduli

Sebagai entitas Ruangguru yang peduli terhadap isu sosial, tahun 2020, Yayasan Ruangguru sadar bahwa kami tidak bisa menyelesaikan semua masalah pendidikan sendirian. Maka, kami berinovasi untuk membuat sebuah platform bernama ruangpeduli.

Ruangpeduli adalah platform yang menghubungkan para permberi bantuan dengan pelaku pendidikan yang membutuhkan bantuan. Misalnya, bantuan berupa akses pendidikan, dukungan fasilitas belajar, maupun bantuan untuk mereka yang membuat konten pendidikan berkualitas.

Sebagai wadah, ruangpeduli tidak menerima dana dalam bentuk apapun sepeser pun.

Selama 2020, kami telah menerima 166 relawan dalam 5 divisi kerja utama yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Lebih dari 2.500 orang telah menjadi bagian dari komunitas ruangpeduli dan siap memberikan dampak nyata bagi pendidikan Indonesia.

 

--

Itulah lima kegiatan besar yang dilakukan oleh Yayasan Ruangguru dalam rangka membantu pendidikan dan isu-isu sosial di Indonesia. Kalau kamu ingin lihat laporan lengkapnya, silakan download file ini.

Profile

Ruangguru

Beri Komentar