Jelang UTBK, Berikut Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Masa Ujian

tips menjaga kesehatan mental selama masa ujian

UTBK-SNBT 2023 Gelombang I dilaksanakan minggu ini. Buat kamu yang sudah melewati hari pertama ujian, bagaimana perasaannya? Kali ini, Ruangguru akan memberikan tips menjaga kesehatan mental selama masa ujian. Semoga membantu!

UTBK-SNBT 2023 Gelombang I mulai dilaksanakan sejak 8 Mei kemarin. Ratusan ribu siswa se-Indonesia bersaing ketat untuk memperebutkan kursi di perguruan tinggi negeri impian mereka melalui seleksi ini. Apakah kamu salah satunya?

Selain mempersiapkan diri secara akademis, kondisi kesehatan mental kamu, para peserta UTBK 2023, harus tetap dijaga agar tetap stabil dalam menghadapi masa-masa ujian, loh! Dengan kondisi mental yang stabil, kamu akan lebih mudah mencerna materi dan mengerjakan soal saat hari-H ujian.

Dirangkum dari sesi webinar Impact Talks 2: “Menjaga Kesehatan Mental Saat Belajar Daring” bersama Ni Putu Putri P, M. Psi, Psikolog Anak, yang diselenggarakan oleh Ruangguru pada 17 Februari lalu, berikut tips menjaga kesehatan mental selama belajar daring, khususnya selama masa ujian yang wajib kamu tahu!

1. Jaga Emosi

Cara pertama agar mental kita tetap stabil di masa ujian adalah menjaga emosi. Jika diri kita sedang emosi, kita cenderung kurang bisa mengakses memori dan mencerna materi. Maka dari itu, kita harus bisa mengontrol emosi tanpa menolaknya agar otak kita lebih lancar ketika belajar dan mengerjakan soal.

menjaga emosi selama ujian

Menjaga emosi (Sumber: wizeprep.com)

Salah satu cara untuk mengatur emosi adalah menentukan cara versimu dalam menyalurkannya, contohnya seperti menggambar, menulis, atau sekadar mengatur nafas agar kamu jauh lebih tenang. Setelah emosi sudah mereda, kamu bisa melanjutkan belajar kembali dengan nyaman dan tenang.

Baca Juga: Contoh Soal Tes Skolastik UTBK-SNBT 2023 dan Pembahasannya

2. Jaga Kognisi

Pada masa ujian seperti saat ini, banyak siswa merasa takut dan gugup. Entah itu takut salah menjawab, takut kehabisan waktu, takut nge-blank, dan masih banyak lagi. Hal itu sangatlah wajar. Namun, kamu harus memberikan keyakinan pada dirimu bahwa kamu pasti bisa menghadapi semua ujian yang ada di depan. Jangan biarkan rasa takutmu akan ujian membuatmu takut untuk memulai belajar. Mulai langkah dari yang kecil, seperti mencicil materi setiap harinya, sebab hal besar dapat dimulai dari yang kecil, sedikit demi sedikit.

3. Jaga Relasi

Tips menjaga kesehatan mental di masa ujian selanjutnya adalah menjaga relasi. Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan dukungan orang lain. Dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian, tak jarang kamu akan merasakan kejenuhan akan belajar. Maka dari itu, penting sekali pada masa ujian seperti saat ini untuk tetap menjalin komunikasi dengan teman-teman seperjuangan.

Berkomunikasi dengan teman

Berkomunikasi dengan teman seperjuangan (Sumber: elitedaily.com)

Sekadar saling bercerita melalui telepon atau video call dengan teman dan memberikan dukungan satu sama lain dapat melepaskan rasa rindu dan jenuh.

Oke, itulah beberapa tips menjaga kesehatan mental selama masa ujian yang bisa kamu coba. Dengan mental yang sehat, kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar, termasuk saat belajar dan mengerjakan soal ujian. Bagi kamu yang sedang mengikuti UTBK-SNBT tahun ini, jangan lupa berdoa serta jaga kesehatan, ya!

Sumber foto:

Foto menjaga emosi [daring]. Tautan: https://www.wizeprep.com/blog/5-tips-to-keep-your-mental-health-in-check-this-exam-season (Diakses: 5 April 2021)

Foto Berkomunikasi dengan teman seperjuangan [daring]. Tautan: https://www.elitedaily.com/p/8-video-chat-apps-to-use-with-your-friends-for-easy-way-to-connect-22819777 (Diakses: 5 April 2021)

Ruangguru