Kondisi Geografis Indonesia berdasarkan Peta | IPS Terpadu Kelas 5

Kondisi Geografis Indonesia berdasarkan Peta

Dafa dan Bona akan mengikuti lomba membuat peta Indonesia. Agar bisa menang, Dafa berusaha memahami lagi isi petanya. Akankah Dafa dan Bona bisa memenangkan lomba? Yuk, kita baca bersama-sama!

--

Di suatu hari, terlihat Dafa dan Bona yang sedang menunggu acara lomba membuat peta Indonesia dimulai. Namun Dafa terlihat gugup sambil terus melihat ke arah peta yang ada di tangannya.

Melihat itu Bona menjadi penasaran, “Dafa, ngapain dilihat terus sih petanya?”

Ohh ini…Aku lagi mau mengingat-ingat lagi peta yang sudah kita pelajari, Bon. Takutnya pas lomba nanti, aku malah lupa.” jawab Dafa dengan gugup.

Oh gitu.” kata Bona sambil menganggukan kepalanya.

“Mau ikut belajar lagi gak?” ajak Dafa.

Bona menganggukan kepalanya dan ikut melihat peta Indonesia yang dipegang Dafa.

Baca juga: Kondisi Geografis Pulau-Pulau di Indonesia

“Bona, kalau kita mau membuat peta Indonesia, berarti kita harus paham kondisi geografis Indonesianya. Seperti salah satu fungsi peta adalah kita jadi bisa melihat kondisi geografis suatu wilayah.” kata Dafa.

“Dengan tau kondisi geografis wilayah Indonesia, kita jadi bisa memahami informasi yang ada di dalam petanya. Ini berguna banget buat lomba nanti.” lanjut Dafa.

Oke, kita mulai dari mana?” tanya Bona.

“Di dalam peta itu ada unsur-unsur yang membantu kita untuk memahami informasi kondisi geografis suatu wilayah, jadi kita mulai dari unsurnya, yuk!” ajak Dafa.

Ahh, aku ingat unsur-unsur peta terdiri dari judul, arah mata angin, skala, legenda, dan peta sisipan.” ingat Bona.

Bener, setiap unsur punya fungsi masing-masing. Yuk, kita ingat-ingat lagi!” ajak Dafa.

Peta Indonesia

 

“Nah, kita juga bisa mengetahui kondisi geografis Indonesia dari arah mata anginnya. Kamu masih ingat gak?” tanya Dafa.

Bona berusaha mengingat-ingat lagi, “Hm…Kalau dilihat dari petanya, Indonesia terletak di antara dua samudra dan dua benua. Kalau berdasarkan arah mata anginnya, Indonesia berbatasan dengan ini kan?”

Kondisi Geografis Indonesia berdasarkan Peta

 

“Iya bener, keren Bona!” puji Dafa.

“Kalau kita liat petanya, Indonesia tuh punya banyak pulau ya! Bahkan jumlahnya sekitar 17.508 pulau. Hal itu membuat Indonesia disebut negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia,” ucap Dafa.

Gak hanya pulaunya, wilayah perairan Indonesia juga sangat luas, yaitu 3.273.8 km2,” ucap Bona.

Dafa menutup petanya dan melihat ke arah Bona, “Selesai deh! Ternyata unsur dalam peta dapat membantu kita untuk melihat kondisi geografis suatu wilayah ya.”

“Iya. Kita kan udah selesai mengingat lagi kondisi geografis Indonesia berdasarkan peta. Kamu masih gugup untuk lomba nanti?” tanya Bona.

Udah gak terlalu sih, karena kita udah mengingat lagi apa yang sudah dipelajari. Aku makin yakin untuk lomba nanti!” ucap Dafa dengan lebih percaya diri.

Bona melihat peserta lain sudah mulai berkumpul di depan mereka, “Lihat, kayaknya lomba mau dimulai.”

“Iya, ayo kita ke sana! Semoga kita bisa memenangkan lomba ini yah! Semangat!” ucap Dafa.

Bona dan Dafa pun berkumpul dengan peserta lainnya untuk bersiap memulai lomba membuat peta Indonesia.

Nah itu dia cerita persiapan Dafa dan Bona yang akan mengikuti lomba membuat peta. Seru kan? Kalian bisa cari tau lebih banyak materi dan cerita dari mereka di ruangbelajar loh. Yuk, kita belajar bareng sama Dafa, Lulu, dan teman-temannya!

New call-to-action

Materi oleh: Panjie Brahmantio

Disunting oleh: Nada Amelia

Profile

Salsabila Perdita Putri