Kondisi Geografis Pulau-Pulau di Indonesia | IPS Terpadu Kelas 5

Kondisi Geografis Pulau-Pulau di Indonesia

Lulu dan Dira mendapatkan tugas dari Robo untuk mempelajari kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia. Apakah mereka akan berhasil? Yuk, kita simak ceritanya bersama-sama di artikel IPS Terpadu ini!

--

Siang itu, Dira dan Lulu sedang berada di markas. Mereka tengah mencari informasi mengenai kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia berdasarkan letak dan ketampakan alamnya di peta. Tugas ini mereka dapatkan dari Robo, agar saat mengejar musuh yang datang dari berbagai tempat, mereka sudah memahami kondisi tempatnya. 

“Kalau lihat peta ini, ternyata wilayah Indonesia banyak pulau dan ketampakan alamnya, yah?” ucap Lulu sambil melihat peta.

“Iya bener, itu karena Indonesia punya kondisi geografis yang berbeda-beda, Lu.” jawab Dira.

Ahhh, pantas aja Robo minta kita pelajari ini. Jadi, kita mau mulai belajar dari mana nih?” ucap Lulu. 

Gimana kalau kita mulai pelajari dari kondisi geografisnya aja dulu?” tanya Dira.

“Boleh, Dir! Kamu masih ingat gak pengertian kondisi geografis?”

“Ingat dong, kondisi geografis adalah posisi keberadaan suatu wilayah berdasarkan letak dan bentuknya di muka bumi.” jawab Dira dengan percaya diri.

Lulu menganggukan kepala tanda setuju, “Betul!” 

“Tapi, sebelum kita pelajari kondisi geografis setiap pulaunya, lebih baik kita cari tau dulu pulau di Indonesia ada apa aja!” saran Dira.

Mereka melihat peta Indonesia di layar. Lulu pun menjawab, “Pulau di Indonesia di antaranya ada Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil, Kepulauan Maluku, dan Pulau Papua.”

Nah, kita bisa pelajari kondisi geografis dari Pulau Sumatra dulu! Kalau kita lihat letaknya, pulau ini berbatasan dengan Teluk Benggala di sebelah utara, lalu ada Selat Malaka di sebelah timur.” ucap Dira.

“Kemudian, ada Samudra Hindia di sebelah barat, dan Selat Sunda di sebelah selatan.” sambung Lulu.

“Pulau Sumatra sudah! Sekarang kita lihat letak pulau lainnya, yuk!” ajak Dira.

Kondisi Geografis Pulau-Pulau di Indonesia Berdasarkan Letak

 

Dira melihat ke arah Lulu, “Setelah tau letaknya, kita pelajari ketampakan alam pulau-pulaunya, yuk!” 

“Ayo! Ketampakan alam itu kan segala sesuatu di atas permukaan bumi yang terbentuk secara alamiah. Kamu tau contohnya gak, Dir?”

Baca Juga: Karakteristik Geografis dan Kondisi Sosial Budaya Asia Tenggara

Dira teringat sesuatu, “Ahh, Mace pernah kasih tau aku, salah satu contohnya Gunung Puncak Jaya atau dikenal Jaya Wijaya yang berada di Pulau Papua. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl.”

“Keren-keren! Aku tau salah satu contohnya, namanya Sungai Kapuas yang berada di Pulau Kalimantan. Sungai ini punya panjang 1.143 km, dan merupakan sungai terpanjang di Indonesia.” ucap Lulu.

“Wah iya Lu? Aku jadi pengen tau contoh ketampakan alam yang lainnya!” ujar Dira.

Kondisi Geografis Pulau-Pulau di Indonesia Berdasarkan Kenampakan Alam

 

“Menarik sekali yah! Ternyata kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia berdasarkan letak dan ketampakan alamnya sangat beragam.” kagum Lulu.

“Iya, bener! Gimana kalau sekarang, kita kasih tau Robo hasil pembelajaran kita!” ajak Dira.

Lulu mengangguk setuju. Namun, tiba-tiba suara alarm dalam markas berbunyi. Mendengar itu, Lulu dan Dira menatap satu sama lain.

“Dira, ada bahaya! Ayo kita cari tau!” seru Lulu.

“Ayo!” jawab Dira. 

Dira dan Lulu berdiri dan bersiap-siap untuk menyelidiki bahaya tersebut.

Baca Juga: Letak Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim dan Kepulauan

Gimana? Cerita dan materi tentang kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia yang Lulu dan Dira berikan tadi sangat menarik, bukan? Kamu bisa melihat lebih banyak lagi materi dan ceritanya di ruangbelajar loh! Yuk, belajar bareng sama Dafa, Lulu, dan teman-temannya!

New call-to-action

Materi oleh: Bagja Riyanto

Disunting oleh: Levina Sandra Supadi

Profile

Salsabila Perdita Putri