Konsep Desain pada Toko dalam Pemasaran | SMK Kelas 11

desain toko

Artikel SMK kelas XI jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran ini menjelaskan tentang konsep desain pada toko, meliputi pengertian desain toko, fungsi, serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain bagian dalam (interior) dan luar (exterior) toko.

Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar kata Mcdonald’s? Burger, ayam, logo M khasnya yang berwarna kuning, atau badut berkostum kuning dan garis-garis merahnya itu?

Tentu, pikiranmu akan berubah ketika mendengar kata Chatime. Yap! Pasti kamu langsung membayangkan minuman boba favoritmu, logo Chatime dengan gambar pucuk daun teh di atasnya, atau warna ungu khas tokonya, ya.

Baca Juga: Mempelajari Unsur dan Prinsip Dasar Desain Grafis

Hmm, kalo dipikir-pikir, ternyata setiap toko punya ciri khasnya masing-masing. Mulai dari logo tokonya yang unik-unik, pemilihan font namanya, warna, hingga maskot yang dijadikan karakter dari toko tersebut.

Nah, kamu tau nggak sih, itu semua dinamakan rancangan atau desain pada toko. Jadi, desain toko ini memang bertujuan untuk menciptakan citra toko, atau bahasa kerennya itu store image yang menarik dan berkesan bagi para pengunjungnya.

desain toko
 

Dalam membuat desain toko, kamu perlu memperhatikan beberapa hal nih, di antaranya, menentukan target pasar yang dituju, segmentasi pasar, serta citra toko (store image).

Misalnya, kamu ingin membuat kedai kopi yang sasaran utama konsumennya itu anak-anak muda. Nah, dari sini kamu bisa tentukan citra toko yang ingin kamu tampilkan. Lalu, kamu buat deh desain toko yang pas. Kalo sasarannya itu anak muda, berarti desainnya harus sesuai selera anak muda, dong. Kamu bisa pilih nama toko yang unik, properti yang estetik, warna yang edgy, dan lain sebagainya.

Baca juga: Konsep dan Struktur Dasar Bisnis Ritel

 

Fungsi Desain Toko

Desain pada toko memiliki beberapa fungsi, di antaranya sebagai berikut:

a. Menciptakan Citra Toko

Citra toko merupakan gambaran jiwa atau kepribadian suatu toko yang ingin ditampilkan kepada konsumen. Citra toko bisa menjadi ciri khas suatu toko. Contohnya, kayak kasus Mcdonald’s dan Chatime pada pembuka artikel di atas tadi, nih. Nah, desain pada toko berfungsi agar citra toko menjadi menarik dan berkesan. Untuk menciptakan citra toko, kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

citra toko
 

Coba deh, ada nggak satu toko yang menurut kamu desainnya paling unik dan tempatnya nyaman banget buat dikunjungi? Share dong di kolom komentar. Hehe

b. Memberikan Fleksibilitas yang Maksimal

Kamu pasti pernah memperhatikan, pada momen-momen tertentu, desain suatu toko akan mengikuti nuansa di momen tersebut. Misalnya nih, pada hari-hari menjelang natal, desain toko akan identik dengan warna merah dan hijau. Selain itu, ornamen-ornamen yang dipajang juga menggambarkan suasana tersebut. Sama halnya ketika bulan ramadhan, atau momen-momen besar lainnya, ya.

Nah, itu tandanya, desain toko akan mengalami perubahan. Oleh karena itu, saat mendesain, penting untuk memperhatikan perlengkapan-perlengkapan toko yang dirasa cukup fleksibel, agar memungkinkan dilakukan perubahan di masa-masa yang akan datang.

c. Memudahkan Pemeliharaan Toko

Desain pada toko nggak cuma dibuat agar toko terlihat menarik aja di mata pengunjung, tapi juga bersih, supaya pengunjung merasa nyaman saat berbelanja. Jadi, kamu bisa buat desain yang simpel. Selain itu, pilih juga properti yang mudah dirawat dan dibersihkan.

d. Mendukung Pengamanan Toko

Desain toko juga harus mendukung pengamanan toko dari tindakan kejahatan atau pencurian. Ini penting banget nih, jangan sampai toko mengalami kerugian materi dan finansial. Salah satu contohnya, bisa dengan memasang kamera CCTV di beberapa area tertentu.

e. Memberikan Kenyamanan Berbelanja

Setiap pemilik toko pasti ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen atau pelanggannya, ya. Kalo pelanggan merasa mudah dan nyaman saat berbelanja, pasti mereka akan puas dan tertarik untuk datang kembali. Nah, oleh karena itu, kamu bisa nih membuat rancangan atau desain toko yang memberikan kemudahan itu. Misalnya aja, dengan membuat area parkir yang mudah diakses dan juga luas, menyediakan tempat ibadah (musholla), dan lain sebagainya.

 

Oke, setelah kamu memahami apa aja fungsi desain pada toko, kita lanjut ke hal-hal yang perlu diperhatikan saat mendesain bagian dalam dan luar toko.

 

Desain Bagian Dalam Toko (Interior)

Bagian dalam pada toko merupakan area terluas dalam menyusun produk. Nah, berikut ini beberapa bagian dalam toko yang harus diperhatikan saat membuat desain toko:

  • Pemilihan Lantai

Penentuan jenis lantai, warna, ukuran, dan desain (corak) tentunya akan mempengaruhi citra toko di mata konsumen. Misalnya, jika kamu ingin menampilkan nuansa yang etnik, klasik, dan hangat, maka kamu bisa gunakan lantai berbahan kayu. Beda lagi jika kamu ingin memberikan kesan yang modern dan kekinian, kamu bisa pilih lantai berbahan keramik dengan motif atau corak tertentu.

  • Warna dan Cahaya

Pemilihan warna dan cahaya juga mempengaruhi citra toko yang ingin ditampilkan. Warna dan pencahayaan yang terang tentu akan memberikan kesan yang berbeda dari warna yang lembut dan penerangan yang dibuat nggak terlalu terang. Pencahayaan yang baik dan tepat juga bisa membuat produk-produk yang ditawarkan terlihat lebih menarik, loh.

  • Dimensi Musik

Dimensi musik juga bisa kamu perhatikan saat mendesain sebuah toko. Kamu bisa memilih jenis musik sesuai dengan citra toko. Misalnya, musik-musik klasik atau musik dengan irama yang tenang itu cocok dengan tema warna putih, krem, hijau, atau biru. Beda lagi dengan musik up beat yang lebih cocok dengan tema warna merah, pink, atau hitam.

  • Peralatan

Properti atau peralatan penunjang toko bisa didesain nggak hanya berdasarkan kegunaannya aja, tapi juga dari estetika atau keindahannya. Pernah nggak sih mampir ke suatu toko, cafe, atau tempat makan yang perlengkapannya itu unik-unik atau instagramable banget. Nah, ini juga bisa jadi daya tarik pengunjung, lho!

  • Suhu Udara

Penentuan suhu udara akan mempengaruhi kenyamanan konsumen. Usahakan, suhu udara di dalam ruangan toko nggak terlalu dingin maupun panas. Kamu nggak mau kan, pelanggan tokomu jadi kedinginan atau kepanasan saat berbelanja. Hehe

  • Jarak Antar Rak

Nah, jarak antar rak juga perlu diperhatikan saat mendesain bagian dalam toko. Jangan terlalu dekat karena akan membuat pelanggan jadi kurang leluasa saat berbelanja. Atur sebaik mungkin untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi konsumen.

  • Karyawan

Pasti kamu suka sebel kan saat berbelanja di suatu tempat, kamu nggak mendapat pelayanan yang baik dari karyawannya. Kamu jadi nggak nyaman dan bahkan nggak mau belanja di tempat itu lagi. Nah, oleh karena itu, karyawan juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan.

Sikap karyawan yang ramah, sopan, berpenampilan menarik, dan mempunyai pengetahuan yang cukup terhadap produk yang dijual akan meningkatkan citra dan loyalitas konsumen pada toko. Sayang aja gitu kan, kalo kita udah mendesain toko sebagus mungkin, tapi sepi pelanggan cuma gara-gara pelayanan tokonya kurang maksimal.

  • Variasi Produk

Di artikel Tipe-tipe Penataan Produk (Display) pada Toko, kamu udah belajar cara mengelompokkan barang berdasarkan jenis dan kegunaannya dengan memperhatikan keindahan untuk menarik minat beli konsumen. Nah, ternyata, ilmu itu dibutuhkan untuk mendesain produk di bagian dalam toko. Jadi, produk-produk yang ingin ditampilkan harus disusun berdasarkan variasi, warna, ukuran, dan kualitasnya. Selain memberikan kesan yang rapi, hal ini juga bisa memudahkan konsumen saat mencari produk yang diinginkan.

  • Harga

Pernah nggak sih saat ingin membeli suatu barang, pas mau lihat harganya, kok nggak ada. Terus, karena takut mahal, akhirnya nggak jadi beli, deh. Hahaha… Saat mendesain produk, pastikan juga label harga ditampilkan di tempat yang mudah dilihat oleh konsumen, ya. Bisa ditempel pada rak, produk, atau kombinasi keduanya. Apalagi kalo ada potongan harga (diskon) yang masa berlakunya udah lewat. Itu harus cepat-cepat diganti, loh!

  • Kebersihan

Kebersihan pada toko bisa meningkatkan kenyamanan saat berbelanja. Buat apa toko menarik kalo tempatnya kotor. Nah, makanya, kebersihan toko juga harus selalu dijaga, ya.

Baca juga: Mempelajari Dasar Komunikasi Bisnis

 

Desain Bagian Luar Toko (Exterior)

Setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan saat mendesain bagian dalam toko, kita lanjut bahas bagian luar tokonya, ya. Berikut ini bagian-bagian luar toko yang harus diperhatikan saat mendesain toko:

  • Bagian Depan Toko

Bagian depan toko merupakan keseluruhan eksterior fisik toko, meliputi konstruksi gedung, pintu masuk, hingga pencahayaan di bagian luar toko. Nah, di sini, kamu bisa menyesuaikan desain luar toko dengan citra toko yang ingin kamu tampilkan. Mulai dari pemilihan warna hingga ornamen-ornamen pada gedung.

  • Papan Nama atau Simbol

Di jalan-jalan besar, kamu pasti sering melihat papan-papan bergambarkan logo atau nama suatu toko. Yap! Papan nama (marquee) merupakan tanda yang digunakan untuk memajang nama atau logo toko. Papan nama dapat dibuat dengan teknik pewarnaan, penulisan huruf, atau penggunaan lampu neon yang dapat menarik perhatian orang lain.

  • Pintu Masuk Toko

Jangan anggap sepele poin yang satu ini, ya. Pintu masuk toko juga harus didesain sebaik mungkin. Pintu masuk bisa dirancang agar konsumen jadi tertarik untuk masuk melihat ke dalam toko dan leluasa saat ingin keluar masuk toko.

  • Lingkungan Toko

Lingkungan toko terdiri dari demografi dan gaya hidup orang-orang yang tinggal di dekat toko. Nah, dari sini, kamu bisa menentukan target pasar yang tepat dan mengetahui kebutuhan produk apa aja yang paling banyak dibutuhkan untuk dijual nantinya.

  • Fasilitas Parkir

Menyediakan tempat parkir yang luas, gratis, dan dekat dengan pintu masuk toko tentunya akan menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk memilih berbelanja di toko tersebut, ya. Jangan lupa juga lengkapi dengan kamera CCTV untuk memberikan rasa aman kepada pengunjung yang datang.

desain bagian dalam dan luar toko
 

Nah, itu dia pembahasan kita mengenai desain pada toko. Sekarang, kamu jadi tau ya kalo desain toko itu sangat berpengaruh dalam penjualan. Saat membuat desain toko, kita nggak cuma perhatikan sisi estetikanya aja, tapi juga bisa memberikan rasa nyaman untuk dikunjungi.

Wah, menarik banget ya bahasan kali ini. Kalo kamu ingin belajar materi ini lebih dalam lagi, kamu bisa gunain ruangbelajar. Belajar jadi jauh lebih asik bareng Master Teacher yang keren dan berpengalaman!

Bimbel Ruangguru

Sumber referensi:

Sandia, VF. Determinan Citra Toko Ritel: Studi di DIY [Daring]. Tautan: https://core.ac.uk/download/pdf/35389838.pdf?repositoryId=886#:~:text=Menurut%20Simamora%20(2003)%2C%20citra,oleh%20konsumen%20terhadap%20toko%20tersebut. 

Hani Ammariah