Kumpulan Doa Selamat Dunia & Akhirat: Bacaan Arab, Latin, Artinya

Fakta Seru - Kumpulan Doa Selamat Dunia dan Akhirat_Blog

Artikel ini berisi kumpulan doa selamat dunia dan akhirat yang dapat kamu praktikan sehari-hari. Disertai juga bacaan Arab, latin, dan artinya. Simak, yuk!

 

Sebagai manusia yang punya keyakinan terhadap Tuhan, sudah menjadi hal yang alamiah untuk selalu berdoa, memohon segala sesuatu kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Karena pada dasarnya, berdoa dalam Islam merupakan bagian paling mendasar dalam beribadah.

Berdoa dapat dipanjatkan oleh seorang muslim saat mengalami musibah (untuk meminta pertolongan dan kesabaran), atau saat diberi kemudahan dan rezeki di dunia (mengucap syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala).

Bersujud memohon keselamatan kepada Allah SWT. (Sumber: giphy)

 

Sepatutnya, kita berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk meminta ampunan agar kita diberikan keselamatan di dunia dan akhirat. Amalan tersebutlah yang akan menuntunmu pada kebaikan semesta. Sehingga, kamu akan mendapatkan kedamaian di dunia maupun di akhirat.

Di artikel ini, disediakan kumpulan doa selamat dunia akhirat, disertai dengan bacaan Arab, latin, dan artinya, yang bisa kamu praktikan dalam kehidupan sehari-hari:

 

Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

Doa selamat ini bisa kamu baca untuk meminta keselamatan dalam beragama, menuntut ilmu, mencari rezeki, maut, siksa kubur dan neraka, serta memohon rahmat dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

 

Doa Selamat Dunia dan Akhirat yang Pertama

 

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Bacaan Latin:

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari.

Artinya:

Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka.

Bacaan doa Rabbana aatina fiddunya hasanah… mungkin sering kamu ucapkan setelah selesai mengucapkan doa-doa yang lain, selesai mengaji, atau menyampaikan kajian. Lafadz ini disebut juga sebagai doa sapu jagat karena di dalamnya mengandung permohonan kebaikan di dunia maupun akhirat.

 

Doa Selamat Dunia dan Akhirat yang Kedua

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَ قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةً مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَعِنْدَ الْحِسَابِ، رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ، رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 

Bacaan Latin:

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti, allahummaa hawwin ‘alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzaa ban naar.

Artinya:

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.

Bacaan lafadz “Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diin…” merupakan doa untuk memohon keselamatan serta kenikmatan di dunia maupun akhirat. Doa ini sangat baik dan sangat dianjurkan untuk dibaca setelah menyelesaikan sholat.

Baca Juga: Bacaan Sujud Sahwi, Tata Cara, Alasan, Dalil & Hukumnya

 

Doa Selamat Dunia dan Akhirat  yang Ketiga

Adapun bacaan lafadz Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diin… yang lebih pendek, namun tetap memiliki keistimewaan dan arti yang luar biasa, yaitu:

 

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

 

Bacaan Latin:

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba’dal maut. Allahumma hawwin alaina fi sakaratil maut, wannajatan minannaari, wal afwa indah hisab.

Artinya:

Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan).

 

Doa Tolak Bala

Doa tolak bala bisa kamu panjatkan ketika ingin memohon perlindungan, keselamatan, atau kekuatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari segala bala (musibah), bencana, siksaan, atau ujian kehidupan. Berikut bacaan doa-doa tolak bala dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

 

Doa agar Terhindar dari Musibah

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bacaan Latin:

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya, tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

 

Doa agar Terhindar dari Penyakit Menular

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ

Bacaan Latin:

Allahumma inni Audzubika minal barasi wal jununi, wal judzami wa sayi’il asqam.

Artinya:

Ya Allah, Aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra, dan keburukan segala macam penyakit.

 

Doa Memohon Kebaikan dan Keselamatan

 

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

 

Bacaan Latin:

Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni’mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal ‘afiyah, wa abwabal jannah. Allahumma ‘afina min kulli bala’id dunya wa ‘adzabil akhirah, washrif ‘anna bi haqqil qur’anil ‘azhim wa nabiyyikal karim syarrad dunya wa ‘adzabal akhirah. Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil ;izzati ‘an ma yashifun, wa salamun a’alal mursalin, walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya:

Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hal Alquran yang agung dan derajat Nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Dzat yang maha pengasih. Maha suci Tuhan, Tuhan keagungan dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada Rasul. Segala puji bagi Allah, semesta alam.

Baca Juga: Bacaan Sujud Tilawah, Tata Cara, Dalil & Hukumnya

 

Doa Keselamatan dari Bencana

Doa selamat ini juga bisa kamu panjatkan untuk memohon pertolongan serta keselamatan agar terhindar dari bencana, maupun takdir yang buruk. Berikut bacaan doa memohon keselamatan dari bencana dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

 

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوْءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

 

Bacaan Latin:

Allahumma innii a-‘uudzubika min jahdil balaa-i, wa darakisy syaqaa-i, wa suu-il qadhaa-i, wa syamaatatil a’daa-i.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bala (bencana), hinanya kesengsaraan, keburukan qadha’ (takdir), dan kegembiraan para musuh. (HR. Al-Bukhari no. 6347, 6616 dan Muslim no. 2707).

 

Doa Memohon Keselamatan dan Keteguhan Iman

Doa selamat ini bisa kamu baca untuk mendapatkan kerendahan hati agar diri selalu mempunyai keteguhan iman yang kuat, sehingga tidak mudah terjerumus ke hal-hal yang sesat.

 

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

 

Bacaan Latin:

Rabbanaghfir alaina shabran wa tsabbit aqdaamana wanshurna ala-qaumil-kaafirin.

Artinya:

Ya Tuhan kami, tumpahkanlah sekiranya ketabahan kepada kami, tetapkanlah sekiranya pendirian kami dan menangkanlah kami atas orang-orang yang kafir.

 

Doa Memohon Keselamatan dari Fitnah/Keburukan Orang-Orang Kafir

Doa keselamatan ini bisa kamu baca untuk memohon perlindungan dari fitnah atau kebencian orang-orang kafir terhadap kaum muslimin.

 

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَاغْفِرْ لَنَا رَبَّنَاۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْم

 

Bacaan Latin:

Rabbana laa taj’alnaa fitnatal lillaziina kafaruu waghfir lanaa rabbanaa innaka antal aziizul hakiim.

Artinya:

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang kafir dan ampunilah kami ya Tuhan. Sesungguhnya Engkaulah yang maha perkasa lagi maha bijaksana.

 

Doa Memohon Keselamatan dari Kedengkian

 

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

 

Bacaan Latin:

Rabbanaagfir lanaa wa li ikhwaaninalladzina sabaquunaa bil iimaani wa laa taj’al fii quluubinaa gilaa lilladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufur rahiim.

Artinya:

Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Hasyr ayat 10)

 

Doa Keselamatan Dunia Akhirat Nabi Luth AS

Nabi Luth Alaihis Salam pernah berdoa kepada Allah Subhannahu Wa Ta’ala agar terhindar dari orang-orang zalim, sebagaimana tertulis dalam surat As-Syu’ara ayat 169:

 

رَبِّنَجِّنِيوَأَهْلِيمِمَّايَعْمَلُونَ

 

Bacaan Latin:

Robbi najjinii wa ahlii mimmaa ya’maluun.

Artinya:

Ya Tuhanku, selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan. (QS. As-Syu’ara).

 

Doa Memohon Keselamatan untuk Orang Tua

Selain memohon keselamatan untuk diri sendiri, ada baiknya dalam berdoa, kita juga meminta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk memberikan ampunan kepada kedua orang tua kita. Berikut doa untuk kedua orang tua, lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan artinya:

 

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

 

Bacaan Latin:

Rabbighfir lii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shagiiran.

Artinya:

“Tuhanku, Ampunilah dosa-dosaku dan kedua orang tuaku, serta kasihanilah mereka berdua sebagaimana mereka telah mendidikku sewaktu kecil.”

Baca Juga: 15 Manfaat Dzikir bagi Umat Islam beserta Makna dan Caranya

Itu lah beberapa kumpulan doa untuk memohon keselamatan di dunia maupun akhirat. Doa-doa selamat ini bisa kamu amalkan setiap hari agar mendapat perlindungan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Semoga dengan melafadzkan doa-doa selamat dunia akhirat tersebut, kamu dan keluarga dapat diberi keselamatan dan kemudahan dalam menghadapi berbagai macam keadaan, ya.

Nah, jika kamu tertarik untuk belajar ilmu agama dan mengaji, kamu bisa loh mencari pengajar privat yang kompeten di Ruangguru Privat. Yuk, klik banner di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

IDN CTA Blog ruangguru privat

Referensi:

Kumpulan Doa Selamat di Dunia dan Akhirat, Lengkap Arab-Artinya (cnnindonesia.com)

Nurul Hidayah