15 Hadits Menuntut Ilmu (Bacaan Arab-Arti) & Keutamaannya

Fakta Seru - Hadits Menuntut Ilmu

Bagi seorang muslim, menuntut ilmu adalah suatu kewajiban. Hal ini telah disampaikan dalam Al-Qur’an dan hadits. Nah, di artikel ini, akan dijelaskan berbagai kumpulan hadits menuntut ilmu. Mari kita simak sama-sama!

 

Pernahkah kamu mendengar peribahasa, “Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina”. Artinya apa, ya? Apakah kita harus pergi ke Cina dahulu untuk dapat menuntut ilmu? Hohoho… nggak juga ya.

Peribahasa tersebut memiliki arti untuk menuntut ilmu pendidikan sejauh apapun itu. Negara Cina digunakan sebagai peribahasa karena memiliki berbagai macam kemajuan dan keunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan.

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam mewajibkan manusia agar tidak pernah berhenti belajar selama hidupnya melalui Al-Qur’an, sunah, maupun hadits tentang menuntut ilmu.

Selain termasuk pahala beribadah, menuntut ilmu termasuk amalan baik yang tidak akan terputus. Hal ini juga telah disampaikan oleh Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam:

 

لِاَنْ تَغْدُوَ فَتَعَلَّمَ اٰيَةً مِنْ كِتَابِ اللهِ خَيْرٌ مِنْ عِبَادَةِ سَنَةٍ

“Sungguh sekiranya engkau melangkahkan kaki di waktu pagi (maupun petang) kemudian mempelajari satu ayat dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka pahalanya lebih baik daripada ibadah satu tahun”.

Nah, sebenarnya, masih banyak dalil dalam Al-Qur’an dan hadits yang menjelaskan tentang pentingnya belajar atau mencari ilmu pengetahuan. Apa saja ya? Yuk, simak!

Baca Juga: Lengkap! Kumpulan Doa Selamat Dunia dan Akhirat: Bacaan Arab, Latin & Artinya

 

Kumpulan Hadits Menuntut Ilmu

Berikut beberapa kumpulan hadits tentang menuntut ilmu dalam bahasa Arab disertai dengan artinya:

 

تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ

Artinya: “Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu.(HR Thabrani).

 

 وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

Artinya: “Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim, no. 2699).

 

 مَنْخَرَجَفِىطَلَبُالْعِلْمِفَهُوَفِىسَبِيْلِاللهِحَتَّىيَرْجِعَ

Artinya: “Barangsiapa yang keluar untuk menuntut ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia pulang. (HR Tirmidzi).

 

تَعَلّمُواالعِلْمَ وَتَعَلّمُوْا لِلْعِلْمِ السّكِيْنَةَ وَالْوَقَا رَ وَتَوَاضَعُوْا لِمَنْ تَتَعَلّمُوانَ مِنْهُ

Artinya: “Belajarlah kalian ilmu untuk ketentraman dan ketenangan serta rendah hatilah pada orang yang kamu belajar darinya.” (HR Thabrani).

 

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Jika seorang manusia mati, maka terputuslah darinya semua amalnya kecuali dari tiga hal; dari sedekah jariyah atau ilmu yang diambil manfaatnya atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR Muslim no. 1631).

 

 طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ

Artinya: “Mencari ilmu adalah kewajiban setiap muslim, dan siapa yang menanamkan ilmu kepada yang tidak layak seperti yang meletakkan kalung permata, mutiara, dan emas di sekitar leher hewan.” (HR Ibnu Majah).

 

العلم قبل القول و العمل

Artinya: “Berilmulah sebelum kamu berbicara, beramal, atau beraktivitas.” (HR Bukhari).

 

 مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

Artinya: “Barangsiapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barangsiapa menginginkan akhirat hendaklah ia menguasai ilmu, dan barangsiapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat) hendaklah ia menguasai ilmu.(HR Ahmad).

 

 فضل العلم خير من فضل العبادة وخير دينكم الورع

Artinya: “Keutamaan ilmu itu lebih baik dari keutamaan ibadah, dan sebaik-baik keberagaman kalian adalah sikap wara’.(HR Turmidzi).

 

 مَنْ تَعَلَّمَ عِلْمًا مِمَّا يُبْتَغَى بِهِ وَجْهُ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ لاَ يَتَعَلَّمُهُ إِلاَّ لِيُصِيبَ بِهِ عَرَضًا مِنَ الدُّنْيَا لَمْ يَجِدْ عَرْفَ الْجَنَّةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya: “Barangsiapa yang mempelajari ilmu yang dengannya dapat memperoleh keridhoan Allah SWT, (tetapi) ia tidak mempelajarinya kecuali untuk mendapatkan kesenangan duniawi, maka ia tidak akan mendapatkan harumnya surga di hari kiamat nanti.(HR Abu Daud).

 

إِذَا مَاتَ اِبنُِ اَِدَمَِ اِنْ قَطَعَ عَِنْوُ عَِمَلُوُ إِِ لا مِِنْ ثَِلََثَةٍ :ِ إِِ لا مِِنْ صَِدَقَةٍ اََِرِيَةٍ، أَِوْ عِِلْمٍ يِ نُْتَ فَعُ بِِوِ، أَِوْ وَِلَدٍ صَِالِحٍ يَِدْعُو لَِوُِ (رواه اِلترمذى

Artinya: “Apabila anak adam telah meninggal dunia maka terputuslah semua amalannya kecuali tiga amalan: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakan.” (H.R. at-Turmudzi).

 

وَإِنَّ فَضْلَ الْعَالِمِ على الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ على سَائِرِ الْكَوَاكِبِ

Artinya: “Sesungguhnya keutamaan seorang yang berilmu dibanding ahli ibadah, seperti keutamaan bulan di malam purnama dibanding seluruh bintang-bintang.” (HR.Abu Dawud (3641), Ibnu Majah (223), dari hadits Abu Darda’ Radhiallahu Anhu).

 

وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فيه عِلْمًا سَهَّلَ الله له بِهِ طَرِيقًا إلى الْجَنَّةِ

Artinya: “Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR.Muslim:2699)

 

مَنْ خَرَجَ فِيْ طَلَبِ الْعِلْمِ فَهُوَ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ حَتّٰى يَرْجِعَ. (رواه الترمذى)

Artinya: “Barangsiapa yang pergi untuk menuntut ilmu, maka dia telah termasuk golongan sabilillah (orang yang menegakkan agama Allah) hingga ia pulang kembali.” (HR. Tirmidzi).

 

وَكُلُّ مَنْ بِغَيْرِ عِلْمٍ يَعْمَلُ اَعْمَالُهُ مَرْدُوْدَةٌ لَا تُقْبَلُ

Artinya: “Siapa saja yang beramal (melaksanakan amal ibadah) tanpa dilandasi ilmu, maka segala amalnya akan ditolak, yakni tidak diterima”.

Baca Juga: Bacaan Sujud Tilawah, Tata Cara, Dalil, dan Hukumnya

 

Keutamaan Menuntut Ilmu

Selain itu, karena ilmu merupakan suatu hal yang berharga, kamu harus mengetahui juga nih, tiga keutamaan dalam menuntut ilmu. Di antaranya:

  1. Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan meninggikan derajat orang yang berilmu. Hal ini telah dijelaskan dalam arti surat Al-Mujadalah ayat 11, yaitu “Allah mengangkat orang-orang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.”
  2. Ilmu adalah warisan para nabi dan rasul. Hal itu karena ilmu adalah sesuatu yang abadi, sedangkan harta hanya bersifat fana yang tidak kekal dan dapat habis kapan saja.
  3. Ilmu akan memberikan manfaat meskipun kita telah meninggal. Hal ini karena ilmu tersebut tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, melainkan juga berguna bagi orang lain.

 

Penerapan Hadis Menuntut Ilmu dalam Kehidupan Sehari-hari

Melalui kumpulan hadits menuntut ilmu ini, ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  1. Memanfaatkan masa muda untuk menuntut ilmu, baik secara formal maupun non formal;
  2. Menunjukkan kesungguhan dalam belajar, baik ketika berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah;
  3. Belajar menyisihkan biaya (menabung) demi tercapainya suatu ilmu;
  4. Rajin menghadiri majelis ilmu;
  5. Menyetujui dan mendukung setiap usaha untuk meningkatkan ilmu pengetahuan.

Nah, itu dia kumpulan hadis menuntut ilmu serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang kamu jadi tahu kan, bahwa dengan menuntut ilmu, kita dapat mengetahui yang benar dan yang salah. Selain itu lebih menghargai waktu untuk digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat sehingga menjadi bekal kita di akhirat.

Kalau kamu ingin belajar banyak tentang agama, langsung aja yuk cari guru terbaiknya di Ruangguru Privat Mengaji. Bisa bebas pilih guru dan atur sendiri jadwal belajarmu, lho!

IDN CTA Blog ruangguru privatReferensi:

Ima Walz. ND. Scribd. Penerapan Kandungan Hadis Tentang Menuntut Ilmu Dan Menghargai Waktu Dalalam Kehidupan Sehari (Penerapan Kandungan Hadis Tentang Menuntut Ilmu Dan Menghargai Waktu Dalalam Kehidupan Sehari | PDF (scribd.com))

Hadist Tentang menuntut Ilmu Untuk Meningkatkan Semangat Belajar (gramedia.com)

10 Hadist Menuntut Ilmu dalam Islam dan Keutamaannya (cnnindonesia.com)

10 Hadits Menuntut Ilmu: untuk Memudahkan Jalan ke Surga (detik.com)

Nurul Hidayah