Kupas Tuntas Jurusan Sastra Perancis dan Prospek Kerjanya

Jurusan Sastra Prancis

Artikel ini mengulas tentang jurusan Sastra Prancis, mulai dari apa yang dipelajari, mata kuliah yang didapat, serta prospek kerjanya.

— 

Dikunjungi lebih dari 90 juta wisatawan di tahun 2019, Prancis dinobatkan sebagai negara favorit para turis. Tidak hanya terkenal cantik karena arsitektur dan keindahan kotanya, bahasa Prancis juga dianggap sebagai bahasa yang eksotis. Tentu kamu pernah mendengar ungkapan “Je t’aime”, ‘kanNah, ungkapan tersebut ternyata menjadi frasa yang paling sering diterjemahkan nih menurut survei dari Google Translate.

Ternyata tidak hanya diminati turis, peminat jurusan Sastra Prancis juga sangat banyak lho. Jumlah kursi yang tersedia dengan jumlah pendaftaran yang tidak sebanding membuat persaingan untuk masuk ke jurusan ini cukup ketat. Sebenarnya, seperti apa sih jurusan Sastra Prancis itu? Yuk, kita kenalan dulu dengan jurusan ini.

 

Mengenal Jurusan Sastra Prancis

Pada jurusan Sastra Prancis kamu nggak cuma belajar tata bahasa saja, tetapi juga akan dibekali dengan ilmu linguistik, kesusastraan, bahkan sejarah kebudayaan Prancis dan Frankofon, lho. Tujuannya agar kita dapat menganalisis dan memecah masalah yang berkaitan dengan ketiga ilmu tersebut. Jadi, itulah alasan kenapa kuliah di jurusan Sastra Prancis berbeda dengan kursus ya.

Frankofon? Apa tuh?

Perlu diketahui bahwa bahasa Prancis tidak hanya digunakan di negara Prancis saja. Masyarakat bahasa yang menggunakan bahasa ini disebut dengan Frankofon dan tersebar di berbagai belahan dunia, seperti Kanada, Kamboja, dan Vietnam.

Banyak hal menarik yang dapat dibahas dari negara yang dikenal dengan sisi romantisnya ini. Maka dari itu, tidak heran apabila ada jurusan khusus yang mempelajari tentang bahasa dan budaya Prancis.

 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Sastra Prancis?

Baik untuk jurusan Sastra atau Pendidikan Bahasa Prancis, hal yang akan menjadi titik utama pembelajaran kamu ialah tata bahasa. Dengan mempelajari mata kuliah ini, diharapkan kamu mampu menguasai penggunaan bahasa tersebut, baik lisan dan tulisan. Penggunaan bahasa ini meliputi penyusunan kata, frasa, bahkan memproduksi teks kompleks.

Tidak hanya meliputi penguasaan tata bahasa, namun kamu juga akan dibekali dengan teori linguistik, sastra, serta pengetahuan kebudayaan. Teori-teori yang diberikan ini kemudian digunakan untuk menganalisis karya sastra serta fenomena budaya Prancis atau Frankofon yang menjadi objek pembelajaran. Sebagai contoh, materi pengkajian Frankofon membahas isu-isu rasial, inferiorisme,  serta agama.

Baca juga: Perbedaan Sastra, Pendidikan Bahasa, dan Linguistik

 

Mata Kuliah Jurusan Sastra Prancis

Setelah mengetahui sedikit tentang dunia perkuliahannya, sekarang coba kita lihat yuk beberapa mata kuliah yang akan kamu temui di jurusan ini.

mata kuliah Jurusan Sastra Prancis

Dalam mata kuliah budaya, pembahasan yang diberikan bertemakan tentang fashion, media massa, olahraga khas Prancis Pétanque, hotel dan restauran, hingga membahas komik. Salah satu komik yang dibahas ialah  The Adventures of Tintin yang dikaitkan dengan teori imperialisme yang menjadi latar belakang cerita komik tersebut.

“Hal menarik lainnya yang gue dapat selama berkuliah di Sastra Prancis yaitu, mata kuliah leksikografi yang membahas tentang pembuatan kamus,” ungkap Bintang, alumni Sastra Prancis UI. 

Membahas komik The Adventures of Tintin dalam kelas kebudayaan PrancisLes Aventures de Tintin (Sumber: CNN.com)

Selain mata kuliah wajib, ada mata kuliah pilihan yang bisa kamu ambil setelah semester 3. Nah, biasanya mata kuliah pilihan akan berbeda-beda setiap universitas. Misalnya, di Universitas Indonesia memiliki tiga mata kuliah pilihan yaitu Bahasa Italia, Spanyol, dan Portugis, sedangkan di Universitas Gadjah Mada mata kuliah Bahasa Portugis diganti dengan Pengantar Gender.

Berbeda dengan kedua universitas, Universitas Padjadjaran memiliki banyak mata kuliah pilihan seperti Metode Penelitian Sastra, Metode Penelitian Linguistik, Kajian Drama Perancis, Kajian Prosa Perancis, dan Kajian Puisi Perancis. Gimana, udah ada pandangan masuk universitas yang mana?

Kupas Tuntas Jurusan Sastra Perancis dan Prospek KerjanyaBelajar bahasa Perancis, Spanyol, dan Italia (Sumber: Quora.com)

 

Peminatan Jurusan Sastra Prancis

Selain itu, peminatan yang disediakan setiap universitas berbeda-beda, tergantung kebijakannya. Sebagai contoh, di jurusan Sastra Perancis Universitas Indonesia menyediakan tiga peminatan yang bisa kamu ambil, yaitu Sastra, Linguistik, dan Sejarah Kebudayaan. Bagi kamu suka membaca dan menganalisis film, maka kamu cocok mengambil peminatan sastra. Nah, bagi kamu yang tertarik terhadap isu-isu sosial terkini, kamu bisa ambil sejarah kebudayaan ya.

“Menariknya di jurusan ini, nggak hanya membahas tentang Prancis saja,  tapi juga negara protektorat Perancis di semua benua,” ungkap Bintang, alumni Sastra Prancis UI. Hal tersebut pun yang akhirnya menjadi latar belakang Bintang menulis tugas akhir dengan judul Nilai-Nilai Humanisme dalam Film Le Temps des Aveux Pada Masa Rezim Khmer Rouge di Kamboja.

 

Apa yang akan Didapatkan Setelah Lulus?

Lalu, apa sih yang akan didapatkan ketika kamu lulus nanti? Di tiap universitas tentunya memiliki kebijakan dan harapan masing-masing untuk mahasiswanya. Mengambil contoh dari prodi Prancis di Universitas Indonesia, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan bahasa Prancis setara dengan level B2 menurut standar CECR (Cadre Europeen Commun des References). Kemampuan tersebut merupakan standar minimum bahasa sebagai persyaratan melanjutkan studi jurusan saintek di sana. Nah, jika kamu ingin mengambil studi lanjutan soshum, maka kamu perlu untuk mengambil sertifikasi bahasa Prancis level C1. 

Pengalaman kuliah di jurusan Sastra Prancis

Setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa menguji kemampuan Bahasa Perancismu dengan mengikuti tes DELF (Diplôme d’Etudes en Langue Française). Sertifikasi bahasa dari tes ini, bisa kamu pakai untuk melanjutkan studi di luar negeri, lho.

 

Prospek Kerja Jurusan Sastra Prancis

Banyak yang menganggap kalau kuliah jurusan sastra, nanti punya masa depan suram. Jangan percaya yaaa. Lulusan prodi Prancis memiliki kesempatan karier yang luas, seperti menjadi tenaga kerja profesional di institusi pemerintah atau nonpemerintah negara-negara Frankofon.

Sebagai lulusan Sastra Prancis, kamu juga bisa bekerja sebagai editor tulisan, penerjemah, pemandu wisata, jurnalistik, dan tenaga pengajar. Bahkan, kamu juga bisa kok bekerja di instansi pemerintah seperti Kementerian Luar Negeri sebagai seorang diplomat. Menarik bukan?

 

Daftar Kampus Terbaik dengan Jurusan Sastra Prancis

Semakin yakin mau daftar ke jurusan ini? Berikut adalah beberapa kampus terbaik untuk jurusan Sastra Prancis di Indonesia.

  • Universitas Indonesia
  • Universitas Padjadjaran
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Pendidikan Indonesia
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Hasanuddin

Nah, itu tadi ulasan mengenai jurusan Sastra Prancis. Kamu berminat memilih jurusan ini? Yuk, belajar yang rajin mulai dari sekarang dan jangan lupa untuk berlangganan ruangbelajar ya. Ada latihan soal dan rangkuman infografis menarik yang bisa kamu pelajari.

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Referensi:

Mata Kuliah Jurusan Sastra Prancis UI [daring]. Tautan: https://prancis.fib.ui.ac.id/mata-kuliah/ (Diakses: 11 Juli 2022)

Jurusan Sastra Prancis [daring]. Tautan: https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-sastra-perancis/ (Diakses: 11 Juli 2022)

Most Visited Countries 2022 [daring]. Tautan: https://worldpopulationreview.com/country-rankings/most-visited-countries (Diakses: 11 Juli 2022)

Ruangguru