Malam Lailatur Qadar: Pengertian, Ciri, Amalan & Keutamaan

malam lailatul qadr

Artikel ini memberikan informasi mengenai pengertian Malam Lailatul Qadar, tanggal terjadinya, ciri-ciri, amalan, hingga keutamaannya. Yuk, kita simak sama-sama!

 

Pada bulan Ramadan, salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim adalah mencari berkah Lailatul Qadar. Pasalnya, barang siapa yang mengerjakan ibadah, sholat malam, serta amalan baik lainnya pada Malam Lailatul Qadar, maka akan mendapat pahala yang berlipat ganda. 

Lalu, seperti apa Malam Lailatul Qadar itu? Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai arti Malam Lailatul Qadar, tanggal, ciri-ciri, amalan, serta keutamaan Malam Lailatul Qadar. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

 

Apa itu Malam Lailatul Qadar?

Secara bahasa, Lailatul Qadar terdiri dari dua kata Bahasa Arab yaitu lail atau lailah yang artinya malam hari, sedangkan kata qadar berarti ketetapan atau sesuatu yang ditentukan oleh Allah SWT dari urusan-urusan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Lailatul Qadar adalah malam ketika Allah menetapkan perjalanan hidup manusia.

Malam Lailatul Qadar juga dapat didefinisikan sebagai salah satu malam yang paling mulia di bulan Ramadan. Disebutkan pula dalam Al-Quran surat Al-Qadr ayat 3, bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik daripada malam seribu bulan. 

Baca Juga: Doa Niat Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan, Kapan Sebaiknya Dibaca?

 

Arti Malam Lailatul Qadar

Dalam Al-Quran, Lailatul Qadar memiliki beberapa arti seperti malam penetapan, malam kemuliaan, dan malam yang sempit. Ketiga arti tersebut memiliki makna yang berbeda-beda.

malam lailatul qadr

Malam Lailatul Qadr, Malam Seribu Bintang (Sumber: Freepik.com)

 

Pertama, Lailatul Qadar dianggap sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. Hal ini dijelaskan dalam Surat Ad-Dukhan (44:3) bahwa “Sesungguhnya kami (mulai menurunkannya pada malam yang diberkahi (Lailatul Qadar)). Sesungguhnya kamilah pemberi peringatan”. 

Kedua, penyebutan Lailatul Qadar sebagai malam kemuliaan didasarkan pada kejadian turunnya Al-Quran. Berdasarkan tafsir Al- Quran Al ‘Azhim (14:403) yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas dijelaskan bahwa Al Quran diturunkan sekaligus dari Lauh Al-Mahfuz ke Baitul Izzah pada malam Lailatul Qadar. Kemudian Allah menurunkan Al- Quran kepada Rasulullah SAW tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun.

Selain itu, kata Qadar yang berarti mulia juga dijelaskan dalam surat Al- An’am ayat 91 tentang kaum musyrik, bahwa mereka itu tidak memuliakan Allah sebagaimana kemuliaan yang semestinya, tatkala mereka berkata bahwa Allah tidak menurunkan sesuatupun kepada manusia.

Ketiga, Lailatul Qadar dianggap sebagai malam yang sempit dikarenakan pada malam itu banyak malaikat yang turun ke bumi. Dengan kata lain, keadaan pada malam Lailatul Qadar sempit karena para malaikat berhimpitan memenuhi bumi. Hal tersebut dijelaskan dalam Surat Al-Qadr (97): 1-5 bahwa pada malam itu turun malaikat dan ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.

 

Tanggal berapa Malam Lailatul Qadar?

Meskipun tidak ada yang mengetahui dengan pasti kapan Malam Lailatul Qadar terjadi, namun beberapa hadits mengatakan jika malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadan.  Hal tersebut tergambar dalam sabda Rasulullah SAW, “Carilah Lailatul Qadar pada tanggal ganjil dari sepuluh akhir bulan Ramadan,” (H.R. Bukhari). 

Rasulullah SAW memberi teladan pada umat muslim untuk meningkatkan ibadah dengan tujuan mendapatkan keistimewaan Malam Lailatul Qadar. Para umat muslim akan mencari Lailatul Qadar pada 10 hari terakhir Ramadan dengan melakukan I’tikaf di masjid. 

Baca Juga: Tata Cara Sholat Tarawih disertai Bacaan Niat & Doanya

 

Ciri Ciri Malam Lailatul Qadar

Memperoleh pahala pada Malam Lailatul Qadar merupakan impian semua umat muslim. Oleh karena itu, untuk menyambut terjadinya Malam Lailatul Qadar, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.

Rasulullah SAW sudah memberi petunjuk mengenai ciri-ciri Malam Lailatul Qadar kepada muslim. Adapun ciri-ciri alam yang terjadi pada Malam Lailatul Qadar, sebagai berikut:

 

1. Langit Pada Malam Lailatul Qadar Begitu Bersih

Kondisi langit Malam Lailatul Qadar begitu bersih, tidak mendung maupun berawan. Hal tersebut dijelaskan dalam hadits Riwayat Abdullah bin Abbas bahwa “Sesungguhnya Rasulullah bersabda tentang tanda-tanda Lailatul Qadar (yaitu) malam yang mudah, indah, tidak (berhawa) panas atau dingin, matahari terbit (pada pagi harinya) dengan cahaya kemerahan (tidak terik)” (H.R. Bukhari). 

 

2. Pagi Hari Lailatul Qadar Terlihat Cerah

Setelah melewati malam dengan langit yang bersih, fajar Malam Lailatul Qadar terasa sejuk dan matahari terbit dengan jelas, serta tidak menyilaukan. Sebagaimana riwayat dari Ubay bin Ka’ab, Rasulullah bersabda bahwa “Pada pagi hari (dari) Malam Lailatul Qadar, matahari terbit berwarna putih tanpa sinar yang terik menyilaukan” (H.R. Muslim). 

 

Amalan Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa di bulan Ramadan dan amalan yang kita lakukan pada malam tersebut akan mendapatkan pahala yang besar dan sangat dianjurkan untuk dilakukan. Lalu apa yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kemuliaan Malam Lailatul Qadar?

Sebagai umat muslim, adapun amalan yang dapat kamu lakukan pada malam Lailatul Qadar, antara lain melakukan ibadah dan memperbanyak amalan kebaikan seperti sholat malam, tadarus Al-Quran, mengikuti kajian agama, berdzikir, bersedekah, serta berbuat baik antar sesama umat.

Baca Juga: 15 Manfaat Zikir bagi Umat Islam beserta Makna dan Caranya

malam lailatul qadr

Salah satu ibadah di Malam Lailatul Qadar adalah membaca Al-Quran (Sumber: Freepik.com)

 

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Salah satu keistimewaan Malam Lailatul Qadar adalah ibadah yang kamu lakukan pada malam itu akan mendapatkan kemuliaan dan ganjaran yang lebih baik dari ibadah seribu bulan. Malam Lailatul Qadar memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan, sehingga disebut malam paling utama di bulan Ramadan. 

Adapun beberapa keutamaan Malam Lailatul Qadar bagi kamu, di antaranya sebagai berikut:

1. Malam yang Penuh Berkah dan Rezeki

Umat mulsim yang beribadah pada Malam Lailatul Qadar akan mendapatkan keberkahan dan rezeki berlimpah. Hal tersebut dijelaskan dalam surat Ad-Dukhan (44: 2-3) bahwa sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.

2. Malam yang Lebih Baik dari 1.000 Bulan

Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Apabila umat muslim beribadah pada waktu tersebut, maka ibadahnya lebih baik daripada amalan selama 1.000 bulan. Makna seribu bulan sendiri bukanlah untuk menentukan bilangan, namun menyatakan banyaknya ibadah yang tidak terhingga.

3. Malam Penuh Keselamatan

Menurut penafsiran Mujahid dalam Tafsir Al-Quran Surah Al ‘Azhim (14: 407) Allah SWT mengaruniai Lailatul Qadar dengan kesejahteraan dan keselamatan, sehingga pada malam tersebut setan tidak mampu mengganggu manusia.

4. Malam Diturunkannya Al-Quran

Malam Lailatul Qadar adalah waktu dimana Al-Quran diturunkan pertama kalinya oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Quran menjadi kitab penyempurna kitab sebelumnya dan mukjizat terbesar bagi Rasulullah SAW.

5. Malam Turunnya Para Malaikat

Dalam Surah Al-Qadr ayat 4 dijelaskan bahwa pada malam itu, turun malaikat-malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat termasuk Jibril turun ke bumi sebagai tanda bahwa Allah juga menurunkan berkah dan rahmat-Nya.

6. Malam Saat Dosa Manusia Diampuni Allah SWT

Dalam hadits Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barang siapa yang melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (H.R. Bukhari). Dengan kata lain, pada malam Lailatul Qadar memberikan kesempatan bagi umat muslim untuk mendapatkan ampunan Allah SWT.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti Malam Lailatul Qadar, tanggal, ciri-ciri, amalan, hingga keutamaan Malam Lailatul Qadar. Dari penjelasan tersebut, semoga kita dapat dipertemukan dengan malam Lailatul Qadar dan mendapatkan keberkahannya. Untuk kamu yang ingin belajar lebih banyak tentang agama, yuk cari guru terbaiknya di Ruangguru Privat. Kamu bisa bebas pilih guru dan atur sendiri jadwal belajarmu, lho.

cta ruangguru privat

Referensi:

https://baznas.jogjakota.go.id/detail/index/27016 (Diakses pada 2 Februari 2024)

https://www.detik.com/sumut/berita/d-6663698/malam-lailatul-qadar-pengertian-ciri-ciri-keutamaan-cara-mendapatkannya (Diakses pada 2 Februari 2024)

https://baznas.go.id/artikel/baca/Arti-dan-Makna-Malam-Lailatul-Qadar/181 (Diakses pada 2 Februari 2024)

https://islam.nu.or.id/bahtsul-masail/hukum-membaca-al-qur-an-secara-berjamaah-oEqDK#google_vignette (Diakses pada 2 Februari 2024)

Sumber Gambar:

https://www.freepik.com/free-photo/vertical-shot-beautiful-starry-sky_11818437 (Diakses 20 Maret 2024)

https://www.freepik.com/free-photo/quran-being-held-hands-close-up_6897564 (Diakses 20 Maret 2024)

Olivia Yunita