Ayo Daftar Liga Ruangguru 2021, Kompetisi Pelajar Terbesar di Indonesia

Shabrina Alfari Okt 26, 2021 • 13 min read


Liga Ruangguru

Ayo, ikut kompetisi pelajar terbesar di Indonesia, Liga Ruangguru 2021. Menangkan total hadiah milyaran rupiah.

--

"Pengen deh ikut kompetisi keren dan jadi pemenang.”

Kamu mau jadi juara? Ikut kompetisi taraf nasional bisa menjadi tolak ukur prestasi kamu, lho. Dengan kamu turut aktif menjadi peserta kompetisi, kamu bisa mengukur kemampuan diri dan mengembangkan potensi.

“Tapi, nilai pelajaranku di sekolah biasa-biasa aja kak.”

Eits, jangan patah semangat dulu dong. Walaupun kompetisi di sekolah biasanya didominasi oleh kompetisi di bidang akademik saja, berbeda halnya dengan yang satu ini.

Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Liga Ruangguru 2021 hadir memberikan wadah bagi seluruh pelajar di Indonesia untuk bisa mengaktualisasikan diri dan berkompetisi di bidang apapun yang mereka minati. Tak hanya akademik saja, namun kamu juga bisa mengembangkan hobinya melalui kompetisi non-akademik.

Mengusung tema #WaktunyaKamuJuara, kompetisi antar sekolah terbesar se-Indonesia ini, akan memperebutkan total hadiah milyaran rupiah, beasiswa, dan perjalanan mengunjungi kampus-kampus terbaik di dunia.

Menurut Kak Belva, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Liga Ruangguru hadir sebagai wadah aktualisasi diri dan pengembangan karakter para pelajar Indonesia. Ruangguru sendiri percaya bahwa setiap anak memiliki potensi diri dan keunggulannya masing-masing. Nah, potensi ini perlu ditemukan dan diasah dengan pendekatan yang berbeda-beda agar kamu bisa mengembangkan karakter dan bakat secara maksimal.

So, nggak hanya lomba akademik aja nih yang bisa diikuti di Liga Ruangguru. Ada banyak pilihan kompetisi sesuai dengan minat dan bakat kamu. Yuk, simak informasi lengkapnya!

 

Rangkaian Kompetisi di Liga Ruangguru

1. Ruangguru Arena

Ruangguru Arena

Kompetisi yang pertama adalah Ruangguru Arena, yaitu rangkaian kuis akademik harian yang bisa kamu akses dengan mudah di aplikasi Ruangguru. Setiap harinya, peserta akan mendapatkan pertanyaan. Setiap kamu menjawab benar, kamu akan mendapatkan poin yang akan diakumulasikan untuk menentukan juara harian, mingguan, dan umum. Jadi, kamu harus rajin-rajin ya cek aplikasi Ruangguru kamu dan kerjakan kuisnya!

2. Ruangguru Champion

Ruangguru Champion

Siapa nih yang sudah menunggu-nunggu Ruangguru Champion 2021? Ruangguru Champion adalah kompetisi cerdas cermat terbesar di Indonesia yang mempertandingkan siswa dan siswi terbaik dari berbagai sekolah di Indonesia. Setelah sukses dilaksanakan di tahun 2019 dan 2020, Ruangguru Champion kembali lagi di tahun ini dengan hadiah yang lebih menarik.

3. English Academy Champion

English Academy Champion

Jago bahasa Inggris? Kamu bisa ikutan English Academy Champion, yaitu kompetisi berbahasa Inggris yang meliputi:

  • English Quiz: Lomba cepat tepat berbahasa Inggris, menguji kemampuan dasar berbahasa Inggris.
  • English Essay Competition: kompetisi menulis dalam bahasa Inggris
  • English Speech Competition: kompetisi berpidato dalam bahasa Inggris
  • English Debate Competition: kompetisi debat bahasa Inggris antar sekolah

4. Ruangguru Social Challenge

Ruangguru Social Challange

Aktif di media sosial dan punya banyak followers? Kompetisi Ruangguru Social Challenge dapat diikuti oleh kamu, para content creation video Instagram/Tiktok. Melalui kompetisi ini, kamu ditantang untuk berani beropini secara kreatif di media sosial.

5. Ruang Seni

Ruangguru Seni

Mana nih suaranya yang katanya “nyeni” banget? Bagi kamu yang punya kemampuan atau hobi di bidang ilustrasi, fotografi, hingga vokal dan musik bisa banget nih ikutan kompetisi ini. Sudah saatnya untuk tunjukkan bakat kamu di Ruang Seni.

6. Tryout Akbar UTBK Ruangguru

Tryout Akbar UTBK Ruangguru

Pejuang UTBK tahun 2020, kamu bisa ikuti uji kesiapan dalam menghadapi UTBK 2022 dengan mengikuti Tryout Akbar UTBK Ruangguru. Soal-soal tryout UTBK ini dibuat semirip mungkin dengan soal yang akan diujikan di UTBK aslinya. Penilaiannya juga sudah mengikuti sistem IRT, lho. Dengan begitu, kamu bisa benar-benar merasakan mengerjakan soal seperti sedang mengikuti UTBK. Jadi bisa lebih siap ‘kan?

7. Konferensi Pelajar Nasional

Last but not least, ada Konferensi Pelajar Nasional. Acara ini ditujukan untuk mempersiapkan kamu memasuki semester baru, memotivasi kamu, sekaligus memperkenalkan ragam profesi masa kini dari berbagai industri. Diharapkan kamu bisa lebih paham mengenai berbagai opsi dan jalur yang dapat kamu tekuni di masa depan.

 

Prosedur Kegiatan Liga Ruangguru

“Harus ke Jakarta ya kak buat ikutan? Duh, rumahku jauh di daerah.”

Tenang, semua siswa di seluruh Indonesia bisa mengikuti kompetisi ini kok. Rangkaian kegiatan Liga Ruangguru akan diadakan secara virtual melalui aplikasi Ruangguru, media sosial, dan platform Zoom.

Khusus untuk putaran final kompetisi Ruangguru Champion, peserta akan diundang untuk melakukan pertandingan final di Jakarta (acara juga akan disiarkan di televisi nasional). Seluruh rangkaian Liga Ruangguru bersifat GRATIS dan tidak dipungut biaya apapun.

Setiap perlombaan dalam rangkaian Liga Ruangguru akan menggunakan sistem akumulasi poin per sekolah yang berkontribusi bagi peringkat sekolah dalam Liga Ruangguru. Sekolah dengan peringkat tertinggi di akhir rangkaian acara Liga Ruangguru akan meraih penghargaan sebagai School of the Year. Untuk itu, semakin banyak perwakilan sekolah yang mengikuti Liga Ruangguru, akan semakin besar kemungkinan sekolah menjadi School of the Year.

 

Jadwal Kompetisi Liga Ruangguru

Seluruh rangkaian Liga Ruangguru tidak dipungut biaya apapun dan dapat diikuti oleh seluruh pelajar di jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK sederajat. Pendaftaran untuk seluruh kompetisi akan dibuka secara serentak pada 25 Oktober 2021 dan kompetisi akan dilaksanakan mulai 1 November 2021 hingga 28 Februari 2022.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran dan detail setiap kompetisi bisa kamu lihat di ruangbaca atau kunjungi liga.ruangguru.com.

--

Buruan daftar, jangan sampai kamu kelewatan kompetisi pelajar terbesar di Indonesia ini ya. Yuk, ajak juga teman-teman kamu untuk ikut keseruan Liga Ruangguru!

Liga Ruangguru

Profile

Shabrina Alfari

Senior Content Writer at Ruangguru

Beri Komentar