Apa Itu Lucid Dream? Berikut Penyebab & Resiko Bahaya yang Bisa Timbul

seputar lucid dream - pengertian, penyebab, dan akibatnya

Kamu pernah mengalami lucid dream? Ternyata, lucid dream bisa dengan sengaja diusahakan untuk dilakukan, lho! Wah, gimana tuh caranya ya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Pernahkah kamu mengalami mimpi yang terasa sangat nyata? Di mana kamu sadar bahwa kamu sedang berada di alam mimpi dan dapat mengendalikan apa yang akan terjadi selanjutnya dalam mimpi tersebut?

Misalnya nih, kamu lagi bermimpi sedang bersepeda di area komplek perumahan kamu. Terus, tiba-tiba kamu pengen beli es krim. Akhirnya, kamu berusaha mengontrol pikiran kamu supaya di mimpi tersebut, kamu akan mengayuh sepeda ke arah minimarket terdekat untuk membeli es krim favorit kamu di sana.

Widih, keren banget nggak tuh! Kita bisa mengatur mimpi sesuai keinginan kita seolah sedang menjalani kehidupan nyata, padahal kita tuh lagi tidur dan lagi mimpi, lho!

Nah, jika kamu pernah mimpi semacam itu, mungkin kamu sedang mengalami fenomena lucid dream! Tahu nggak sih, apa itu lucid dream?

 

Apa itu Lucid Dream?

Lucid dream adalah fenomena yang berhubungan dengan kondisi kesadaran seseorang, di mana seseorang tersebut menyadari bahwa ia sedang bermimpi dan dapat mengendalikan mimpi tersebut. Kemampuan mengendalikan ini bervariasi, ada yang bisa mengendalikan aksi yang dilakukan dalam mimpi, bahkan ada juga yang bisa mengendalikan hingga environment yang ada di sekitarnya, seperti latar tempat dan suasana yang dialami.

Lucid dream terjadi bukan tanpa sebab, ya. Lalu, apa sih penyebab lucid dream itu? Berikut uraiannya!

Baca Juga: Terlalu Sering Rebahan? Ini Bahayanya bagi Tubuh Loh!

 

Penyebab Terjadinya Lucid Dream

Lucid dream sebenarnya bukan merupakan fenomena baru. Fenomena ini telah dipelajari selama bertahun-tahun dan berkaitan dengan REM (Rapid Eye Movement) sleep. REM sleep atau tidur REM merupakan fase tidur di mana mimpi biasanya terjadi. Ketika mengalami REM sleep, mata akan bergerak cepat, napas menjadi pendek, tekanan darah meningkat, dan gelombang otak akan sama seperti saat kita bangun atau terjaga.

Nah, karena gelombang otak saat kita mengalami REM sleep sama seperti saat kita terjaga, oleh karena itu, meskipun tubuh kita sedang tertidur, namun pikiran kita akan tetap aktif. Gelombang otak yang aktif ini akan membuat kita merasa seperti berada di antara tidur dan terjaga. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya fenomena mimpi, termasuk lucid dream.

Oke, masih ingat nggak, kalau di awal, disebutkan bahwa lucid dream juga bisa sengaja kita lakukan. Kamu mau coba, nggak? Ikuti step by step di bawah ini untuk tahu cara melakukan lucid dream, yuk!

 

Cara Melakukan Lucid Dream

Mayoritas orang mengalami lucid dream secara natural tanpa disengaja. Namun, ada juga lho, beberapa cara yang bisa diterapkan untuk melakukan lucid dream. Atau setidaknya, dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk mengalami lucid dream. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips untuk melakukan lucid dream berikut:

 

1. Teknik MILD (Mnemonic Induction of Lucid Dreams)

MILD adalah suatu teknik di mana seseorang dengan sengaja memberitahu dirinya sendiri bahwa ia akan bermimpi dan ia akan tahu tentang mimpi tersebut. Kamu bisa melakukan teknik MILD untuk mensugesti diri kamu supaya mengalami lucid dream.

 

2. Teknik WILD (Wake Induced Lucid Dreaming)

Kemudian, kamu juga bisa melakukan teknik WILD. Apa lagi tuh ya? WILD merupakan teknik di mana seseorang akan tidur lebih awal, kemudian dengan sengaja bangun setelah tidur selama beberapa jam, kemudian kembali tidur lagi sembari mempertahankan kondisi kesadarannya agar ia bisa mengetahui transisi dari terjaga menuju tidur.

3. Dream Journaling

Dream journaling juga bisa membantumu berpotensi mengalami lucid dream. Dream journaling adalah kegiatan mencatat atau mendokumentasikan isi mimpi ke dalam suatu jurnal. Jurnal ini kemudian digunakan untuk membantu seseorang mengingat mimpi-mimpi apa yang pernah dialami dan seperti apa pattern mimpi yang telah dialami.

Baca Juga: Manfaat Journaling, Benarkah Baik bagi Kesehatan Mental?

 

4. Tidur Lebih Sering saat Fase REM

Tidur lebih sering saat fase REM dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang setiap malam. Selain itu, kualitas tidur juga bisa ditingkatkan dengan menciptakan suasana yang nyaman menjelang tidur, mengurangi konsumsi kafein, mengurangi bermain gadget sebelum tidur, serta menerapkan jadwal tidur yang teratur. Kualitas tidur yang meningkat dapat memungkinkan seseorang untuk mengalami mimpi yang lebih indah dan bisa diatur sesuai keinginan.

 

Apakah Lucid Dream Berbahaya?

Mengalami lucid dream memang terdengar seru dan menyenangkan. Namun, ternyata ada beberapa efek samping dan resiko yang bisa jadi bahaya jika seseorang terlalu sering mengalami lucid dream. Apa saja resiko bahaya yang bisa timbul akibat lucid dream? Di antaranya yakni sebagai berikut:

 

1. Gangguan tidur

Ketika seseorang lebih fokus ingin mengalami lucid dream dalam tidurnya, maka akan mengakibatkan kualitas tidur seseorang menjadi kurang bagus. Seseorang dapat mengalami gangguan tidur yang dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental seseorang secara keseluruhan.

2. Sleep paralysis

Lucid dream juga dapat memungkinkan terjadinya sleep paralysis. Sleep paralysis merupakan kondisi di mana tubuh seseorang tidak dapat digerakkan meskipun orang tersebut secara sadar ingin menggerakkan tubuhnya.

 

3. False awakenings

False awakenings merupakan kondisi di mana seseorang mengira dirinya sudah bangun padahal sebenarnya ia masih tertidur dan masih bermimpi. Hal ini juga dapat terjadi saat seseorang mengalami lucid dream.

 

4. Energi terkuras habis dan emosi yang tidak stabil

Ketika mengalami lucid dream, seseorang dapat merasakan emosi intens yang dapat terekam dalam memori, bahkan hingga seseorang tersebut terjaga. Ketika sudah terbangun dari tidur, seseorang akan merasa energinya seperti terkuras habis dan emosinya pun menjadi tidak stabil. Hal ini membuat seseorang mengalami overwhelming dan sulit memproses kejadian yang dialami.

Baca Juga: Kenapa Orang Bisa Tidur Ngorok? Begini Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Itu tadi penjelasan mengenai fenomena lucid dream, meliputi pengertian, penyebab, dan efeknya bagi tubuh kita. Fenomena ini memang terasa menyenangkan dan terkesan keren. Tapi, sebaiknya kita tidak terlalu sering berusaha untuk melakukan lucid dream saat tidur, terlebih jika tubuh kita sedang berada dalam kondisi yang kurang fit. Bagaimanapun tubuh kita tetap membutuhkan istirahat yang cukup serta tidur yang berkualitas. Berusaha melakukan lucid dream sesekali boleh saja, tetapi jangan terlalu sering, ya!

Selain istirahat yang cukup, kamu juga butuh belajar materi yang cukup, terutama saat mendekati musim ujian. Jangan lupa belajar bersama ruangbelajar supaya kamu bisa tetap keep up dengan berbagai materi pelajaran di sekolah!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Apa Itu Lucid Dream? Penyebab, Dampak, dan Manfaatnya

https://www.sehatq.com/artikel/lucid-dream

https://www.halodoc.com/artikel/ini-penyebab-terjadinya-lucid-dreams

Kenya Swawikanti