Dampak Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) bagi Indonesia | Geografi Kelas 8

dampak mea bagi perekonomian indonesia

Artikel IPS kelas VIII ini akan membahas dampak Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) bagi Indonesia

Apa sih dampak positif dan negatif dari keterlibatan Indonesia tergabung dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Oya, sebelumnya apakah kamu sudah tahu apa sih MEA itu?

MEA merupakan singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN yang merupakan salah satu perwujudan dari kerja sama antaranggota ASEAN terutama di bidang ekonomi. Wih, keren ya? Untuk mewujudkan MEA, ASEAN sudah melaksanakan 3 kali Konferensi Tingkat Tinggi (KTT), lho yaitu KTT pada tahun 1997, KTT tahun 2003, dan KTT tahun 2006.

Hasil dari ketiga KTT ini, MEA mulai dibentuk dan diberlakukan pada tahun 2015. Pembentukan MEA ini dilandaskan pada empat pilar, yaitu:

empat pilar masyarakat ekonomi asean

Keempat pilar inilah yang merupakan tujuan dari diadakannya MEA. Kembali ke topik utama kita, bagaimana sih dampak MEA ini bagi Indonesia? Hmm, pasti ada dampak positif maupun negatifnya ‘kan?

dampak positif mea bagi indonesia

Aspek perdagangan

Dampak positif setelah kedatangan MEA dirasakan oleh aspek perdagangan. Kok bisa gitu? Karena dengan adanya MEA, segala hambatan perdagangan menjadi berkurang bahkan tidak ada. Tidak hanya itu, dengan dilaksanakannya MEA, terutama di indonesia, akan terjadi peningkatan kapasitas ekspor produk lokal ke mancanegara dan meningkatkan devisa negara.

Nah, devisa negara ini berguna untuk membayar utang-utang negara kita, lho. Jadi lama-kelamaan utang negara kita akan lunas. Mantap!

Aspek investasi

Lanjut, aspek yang terkena dampak positif lain dari MEA ini adalah aspek investasi. MEA memberikan akses lebih mudah untuk para investor agar secara langsung dan tanpa hambatan dapat menjalankan investasinya di berbagai sektor, terutama sektor ekonomi. Selain itu, kehadiran MEA menyebabkan semakin luas dan lebarnya peluang wirausaha yang kreatif dan berdaya saing tinggi.

Bidang ketenagakerjaan

Bidang ketenagakerjaan juga terkena dampak positif dari MEA. Dengan kehadiran MEA, maka masyarakat akan berusaha meningkatkan kualitas serta keterampilan pribadi agar dapat bersaing dengan masyarakat dari negara ASEAN lainnya. Selain itu, masyarakat Indonesia juga “di[paksa” untuk berpikir lebih terbuka terhadap perubahan sosial budaya yang ada.

Nah, kamu sudah tahu kan dampak positifnya? Tidak hanya dampak positif yang diberikan oleh MEA, tetapi ada juga beberapa dampak negatif terutama bagi mereka yang tidak siap terhadap suatu pasar bebas di kawasan Asia tenggara. Yuk, sekarang kamu pelajari juga dampak negatifnya!

dampak negatif mea bagi indonesia

Segi kompetisi

Dampak negatif yang pertama dari MEA adalah meningkatnya kompetisi/persaingan terhadap produk-produk dalam negeri dan luar negeri. Tahukah kamu kenapa alasannya? Hal ini terjadi karena berkurangnya hambatan dan tidak ada lagi batasan wilayah terhadap barang dan jasa yang beredar di kawasan Asia Tenggara.

Jadi, bakalan banyak produk impor yang akan ada di pasar tradisional kita nantinya lho. Hal ini akan berdampak pada terancamnya posisi industri lokal, karena tidak sedikit produk luar negeri yang memiliki kualitas lebih baik dibanding dengan produk lokal.

Segi eksploitasi

Kamu tadi sudah baca ‘kan dampak positif MEA terhadap peningkatan dan kemudahan investasi asing? Nah, masuknya investasi asing bagi tiap negara ini mempunyai dampak negatif lho. Yaitu karena pasti adanya suatu eksploitasi terhadap sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Terutama di indonesia, yang memiliki banyak sumber daya alam namun tidak mampu diolah sendiri, hal ini akan dieksploitasi oleh perusahaan asing yang ada.

 

Bidang ketenagakerjaan

Memang dengan adanya MEA berdampak pada peningkatan peluang kerja, tetapi kondisi ini memberikan dampak negatif. Dampak negatif di bidang ketenagakerjaan adalah seperti meningkatnya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan terutama di dalam negeri. Karena para pencari kerja bukan hanya akan bersaing dengan masyarakat lokal, tapi juga dengan masyarakat internasional. Sehingga, kualitas dan keterampilan yang dimiliki oleh setiap masyarakat indonesia harus dapat bersaing dengan masyarakat luar.

dampak positif dan negatif masyarakat ekonomi asean

Nah, Squad. Inilah beberapa dampak positif dan negatif MEA bagi indonesia. udah makin tahu ‘kan sekarang? Jadi, supaya kita dapat bersaing dan menjadi bagian dari MEA. Yuk, belajar lebih giat dengan Ruangguru. Cukup dengan tonton lewat ruangbelajar, kamu bisa dapetin video pembelajaran beranimasi menarik, lengkap dengan contoh soalnya, lho!

 IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru 

Referensi:

Mukminan, Endang Mulyani, M. Nursa’ban, dan Supardi. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Artikel ini diperbarui pada 8 Desember 2020

Zara Larasati