Cara Membandingkan & Mengurutkan Bilangan Bulat | Matematika Kelas 6

Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Bulat

Di kisah kali ini, Made bermain kuis dengan Dafa dan Lulu. Namun, ia keliru saat membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat pada nilai yang diperolehnya. Ikuti ceritanya sampai selesai, ya!

--

Sepulang sekolah, Made, Dafa, dan Lulu bermain kuis di ruang kelas. Lulu yang berperan menjadi pembawa acara, kebingungan ketika Made senang mendapat nilai minus lima. Made kira, nilainya sama dengan Dafa yang mendapat nilai lima. 

“Horee!! Nilaiku sama kayak Dafa! Berarti skor kita seri, ya! Hehe.” tegas Made sambil mengangkat kertas skornya.

“Eh? Sepertinya kamu keliru, Made. Nilai minus lima itu gak sama dengan lima.” tegur Lulu kebingungan.

Haaah? Emang iya? Cara tahunya gimana?” balas Made heran.

Mmm… Lima dan minus lima itu sama-sama bilangan bulat, kita bisa cari tahu besar nilainya dengan membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat.” ucap Dafa.

Lulu yang berdiri di depan kelas setuju dan mulai menjelaskan.

“Betul! Untuk membandingkannya itu ada dua cara. Cara pertama yaitu, menggunakan garis bilangan. Pada garis bilangan, semakin ke kanan nilainya semakin besar. Sebaliknya, semakin ke kiri nilainya semakin kecil. Kalau dilihat pada garis bilangan, lima terletak lebih kanan dibandingkan minus lima. Artinya, lima nilainya lebih besar daripada minus lima.” sambung Lulu.

Cara Membandingkan Bilangan Bulat Menggunakan Garis Bilangan

 

Baca Juga: Apa Itu Bilangan Bulat? Yuk, Cari Tahu!

Made memperhatikan Lulu dengan sangat serius. Kemudian Lulu melanjutkan penjelasannya.

“Selanjutnya cara kedua yaitu, dengan menggunakan ketentuan membandingkan bilangan bulat!"

“Oh iya! Ketentuan untuk membandingkan bilangan bulat itu ada lima! Nih lihat…” tegas Dafa sambil menunjukkan buku catatannya.

 

Membandingkan Bilangan Bulat Menggunakan Ketentuan

 

“Betul! Berdasarkan ketentuan keempat, disebutkan jika bilangan bulat positif dibandingkan dengan bilangan bulat negatif dan sebaliknya, maka bilangan bulat positif selalu lebih dari bilangan negatif. Dengan demikian, lima lebih besar dari minus lima.” sambung Lulu.

Made mengangguk-angguk mengerti.

Baca Juga: Cara Menghitung Bilangan Bulat Negatif

Gimana, Made? Udah ngerti?” tanya Dafa.

Hehehe… Lumayan, lumayan. Ternyata menggunakan garis bilangan maupun ketentuan, hasilnya sama aja, ya?” jawab Made sambil menggaruk-garuk kepalanya.

“Iya, Made. Sekarang, coba deh kamu perhatikan lagi ketentuan dalam membandingkan nilai bilangan bulat yang tadi!” tegas Lulu.

Made memperhatikan ketentuan membandingkan nilai bilangan bulat sesuai arahan Lulu.

Nah, selain digunakan untuk membandingkan, ketentuan tadi juga bisa kita gunakan untuk mengurutkan bilangan bulat, loh. Contohnya seperti ini!”

Cara Mengurutkan Bilangan Bulat

 

Made mengangguk. Ia sudah paham sepenuhnya tentang cara membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat berkat penjelasan dari Lulu. Namun, ia tiba-tiba bersikap aneh.

“Wah mantap! Sekarang aku udah paham Lu.” Made terdiam sejenak. “Berarti…” 

“Berarti apa, Made?” tanya Lulu penasaran.

“Berarti aku kalah dong?! Skor aku kan minus lima dan skor Dafa lima! Iiih, padahal aku udah seneng ngira skor aku sama kayak Dafa!” tegas Made sambil memandangi Dafa dan Lulu dengan wajah cemberut. 

Dafa dan Lulu saling menatap karena kaget akan perkataan Made. Mereka berdua pun tertawa bersama berkat tingkah Made yang lucu.

Wah, seru ya belajar cara membandingkan dan mengurutkan bilangan bulat bareng Dafa, Lulu, dan Made? Eitss! Masih banyak loh materi Matematika kelas 6 yang bisa kamu pelajari dengan teman-teman lain! Daripada penasaran, ikuti Petualangan Dafa & Lulu di ruangbelajar, ya!

New call-to-action

Materi oleh: Hana Wibawanty Baihaki

Disunting oleh: Taufiq Radityadji

Profile

Alam Rizkiyansyah

Iya, namaku Alam sukanya main ke Alam. HIking, berenang di bawah air terjun, camping, liatin dan kasih makan hewan. Banyak deh! Gak diragukan lagi kalau namaku adalah Alam.