Membuat Laporan Hasil Diskusi Buku Fiksi dan Nonfiksi | Bahasa Indonesia Kelas 12

Bahasa Indonesia_12

Squad, apakah kamu pernah melakukan diskusi di kelas mengenai sebuah buku? Namun, apakah saat kamu dan teman-teman sekelas berbincang atau ngobrol mengenai sebuah buku sudah disebut dengan diskusi? Nah, mari kita lihat terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan diskusi ya.

Diskusi merupakan sebuah pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran. Biasanya diskusi dilakukan untuk membicarakan atau membahas suatu permasalahan dengan maksud untuk mencari solusi atau penyelesaian dari permasalahan yang sedang dibahas. Jadi, jika kamu dan teman-teman hanya berbincang-bincang biasa mengenai sebuah buku yang baru kalian baca bukan termasuk ke dalam diskusi ya Squad.

Dalam sebuah diskusi formal, akan menghasilkan laporan hasil diskusi. Laporan hasil diskusi ini merupakan hasil dari kegiatan diskusi yang berbentuk laporan tertulis. Laporan diskusi ini tidak hanya memuat hasil rumusan yang telah didiskusikan, tetapi juga memuat rincian-rincian mulai dari topik diskusi hingga pada lampiran peserta yang menghadiri diskusi.

Baca juga: Perbedaan Buku Fiksi dan Nonfiksi

Struktur Teks Laporan Hasil Diskusi

1. Pendahuluan

Pertama kita tulis bagian pertama yaitu latar belakang pelaksanaan diskusi, alasan mengapa diadakannya diskusi. Setelah itu kita tulis tujuan diskusi, apa yang akan dicapai dari diskusi yang diadakan. Setelah tujuan, kemudian langkah-langkah persiapan diskusi kita tulis apa saja yang perlu disiapkan dalam diskusi seperti pokok-pokok yang disampaikan dalam diskusi oleh narasumber, topik yang dibahas dalam diskusi. Topik yang dibahas harus berkesinambungan dengan materi yang disampaikan oleh narasumber.  

2. Uraian Pelaksanaan

Setelah pendahuluan, kita tulis tempat dan waktu pelaksanaan diskusi (hari, tanggal, bulan, tahun, jam dan tempat dilaksanakannya diskusi). Lalu kita tulis jumlah peserta dan sebagian besar peserta yang ikut diskusi berasal dari mana. Kemudian kita narasikan jalannya diskusi seperti apa, dimulai dari pembukaan diskusi, pengenalan moderator, lalu moderator yang memperkenalkan narasumber, kemudian narasumber menyampaikan materi, setelah itu sesi tanya jawab bersama peserta diskusi dan jumlah penanya berapa orang. Setelah itu tulis rumusan hasil diskusinya. Rumusan hasil diskusi biasanya berupa ringkasan selama diskusi.

3. Penutup

Pada bagian ini kita tulis kesimpulan dari diskusinya dan saran-saran bagi narasumber maupun peserta ataupun saran bagi yang lain.

4. Lampiran

Biasanya dalam lampiran berisi materi yang disampaikan narasumber. Materi yang disampaikan biasanya berupa makalah atau print out power point dari narasumber. Kemudian catatan notulen yang berisi poin-poin pertanyaan serta jawabannya saat sesi tanya jawab, kemudian daftar hadir peserta yang mengikuti diskusi saat itu.

teks laporan hasil diskusi

Bagaimana, kamu sudah paham membuat laporan hasil diskusi? Kamu sudah tahu ‘kan apa saja yang harus ada dalam laporan hasil diskusi? Semoga setelah kalian sudah tahu, kalian langsung bisa membuat laporan hasil diskusi berdasarkan unsur-unsur yang sudah dijelaskan tadi. Selamat mencoba membuat laporan hasil diskusi. Jika masih ada kesulitan, kalian bisa menonton video belajar beranimasi di ruangbelajar supaya #BelajarJadiMudah.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi
Darmawati, Uti dan Y. Budiarti. 2014. Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK Muatan Nasional. Jakarta: Intan Pariwara

Artikel diperbarui 3 Desember 2020

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D