Cara Mencari Keliling Segi Empat | Matematika Kelas 6

keliling segi empat

Di cerita kali ini, Puti dan Abinya harus menentukan keliling pagar untuk kebun mereka yang berbentuk segi empat! Bagaimana ya caranya? Yuk, kita simak kisahnya di mata pelajaran Matematika kelas 6 berikut!

Di hari yang cerah, Abi Khadafi mengajak Puti membuat pagar untuk kebun mereka yang berbentuk segi empat. Namun, Puti kebingungan.

“Abi, kita butuh berapa meter pagar ya untuk kebun ini?” tanya Puti.

“Coba Puti lihat. Kebun kita berbentuk apa ya?” tanya Abi.

Puti melihat sekelilingnya. “Bentuknya segi empat, Abi.”

“Betul. Jadi, untuk mencari panjang pagar yang dibutuhkan, kita harus mencari keliling segi empat,” kata Abi. “Nah, segi empat itu merupakan bangun datar yang memiliki 4 sisi. Maka, kelilingnya bisa didapat dengan menjumlahkan keempat sisinya.”

Baca Juga: Cara Mudah Belajar Rumus & Menghitung Keliling Segitiga

rumus keliling segi empat

“Wah! Ternyata, panjang pagar yang dibutuhkan untuk mengelilingi seluruh kebun kita adalah 9 m,” kata Puti bersemangat. 

“Untuk segi empat tertentu, seperti persegi, kita bisa mencari kelilingnya dengan langsung menghitung 4 dikali panjang sisinya. Sementara itu, untuk persegi panjang, kita bisa menghitung 2 dikali hasil penjumlahan panjang dengan lebarnya,” jelas Abi.

keliling persegi dan persegi panjang

“Abi! Abi! Aku jadi penasaran. Kalau segi empatnya berbentuk persegi, tapi yang diketahui hanya keliling perseginya, yaitu 72 cm, apakah kita bisa mencari panjang sisinya?”

“Tentu saja bisa, yaitu dengan memakai persamaan keliling persegi! Kita masukkan nilai kelilingnya, terus tinggal cari sisinya, deh,” kata Abi.

Baca Juga: Cara Membandingkan & Mengurutkan Bilangan Bulat

mencari sisi persegi dengan keliling

Yeayy! Sekarang, aku jadi bisa bantu Abi, karena aku udah tau cara mencari keliling segi empat. Terus, aku juga tau cara mencari panjang sisi persegi kalau kelilingnya diketahui. Seru, ya!” ujar Puti.

Abi Khadafi mulai membuat pagar untuk kebunnya dan Puti pun turut membantu.

“Selagi aku membantu Abi, kalian kerjakan soal berikut ini, yuk! Jangan lupa tulis jawabannya di kolom komentar, ya!”

Berapakah lebar persegi panjang, jika diketahui panjangnya 20 cm dan kelilingnya 60 cm?

Begitulah cerita Puti membantu Abi Khadafi membuat pagar yang mengitari kebunnya! Penasaran dengan keliling bangun datar lainnya? Ada banyak materi seru lainnya yang bisa kamu pelajari bersama teman-teman, loh! Yuk berpetualang seru sambil belajar bersama Dafa, Lulu, dan teman-teman melalui ruangbelajar sekarang juga!

IDN CTA Blog Dafa Lulu Ruangguru 2022

 

Materi oleh: Eka Sobiatin

Disunting oleh: Erin Dharma Damayanti & Salsabila Perdita Putri

 

Nada Amelia