Menentukan Nilai 10 kali dan 1/10 dari Suatu Bilangan | Matematika Kelas 5

Menentukan Nilai 10 kali dan 1/10 dari Suatu Bilangan

Saat merangkai manik-manik, Lulu dan Puti jadi belajar menentukan nilai 10 kali dan 1/10 dari suatu bilangan. Penasaran? Yuk, baca ceritanya!

--

Di sore yang cerah, Lulu dan Puti tengah merangkai manik-manik di sebuah toko. Mereka akan membuat tirai dari manik-manik itu sebagai tugas kerajinan tangan.

“Duh! manik-maniknya kecil banget, ya, jadi susah buat dimasukkin ke benangnya!” protes Lulu. Ia mengambil penggaris dan mengukur panjang manik-manik tersebut. “Astaga! Panjangnya cuma 1,34 cm!”

“1,34 cm, ya? Eh, kalau kita membuat rangkaian dari 10 kali, 100 kali atau 1.000  kali manik-manik, panjangnya jadi berapa cm ya?” tanya Puti.

“Oh, itu kayak menentukan nilai 10 kali, 100 kali, dan 1.000 kali dari suatu bilangan, Put. Berarti, panjang rangkaian 10 manik-manik sama aja dengan 10 dikali 1,34 cm. Sedangkan, 100 kali panjang manik-manik sama aja dengan 100 dikali 1,34 cm. Begitu juga 1.000 kali panjang manik-manik sama aja dengan 1.000 dikali 1,34 cm,” jelas Lulu.

Baca Juga: Yuk, Cari Tahu Cara Menentukan Nilai Tempat Bilangan Bulat dan Desimal

“Itu kan bisa dihitung dengan cara perkalian bersusun seperti di kelas 4, ya?”

“Betul! Selain itu, ada beberapa cara lain juga, loh! Cara pertama adalah dengan menggunakan tabel nilai tempat.”

Gimana langkah-langkahnya, Lu?” tanya Puti penasaran.

“Untuk menentukan hasil perkalian dengan menggunakan tabel nilai tempat, ada 3 langkah yang perlu kamu lakukan, Put,” jawab Lulu.

Menentukan Nilai 10 kali dari Suatu Bilangan

 

“Oh, gitu ya! Berarti, panjang rangkaian 10 manik-manik adalah 13,4 cm, lalu panjang rangkaian 100 manik-manik adalah 134 cm, dan panjang rangkaian 1.000 manik-manik adalah 1.340 cm,” kata Puti.

“Betul! Oh iya, dengan menggunakan tabel nilai tempat, kita juga bisa menentukan nilai 1-Aug-25-2022-05-24-20-09-AM, 2-Aug-25-2022-05-24-20-09-AM, dan 3-Aug-25-2022-05-24-20-20-AM dari suatu bilangan, loh!”

“Wah, gimana, tuh? Ajari aku, dong!”

“Kita pakai contoh bilangan 134, ya. Caranya seperti ini!”

Menentukan Nilai 1/10 dari Suatu Bilangan

 

“Aku paham! Jadi,  1-Aug-25-2022-05-24-20-09-AM dari 134 adalah 13,4, lalu  2-Aug-25-2022-05-24-20-09-AM dari 134 adalah 1,34, dan  3-Aug-25-2022-05-24-20-20-AM dari 134 adalah 0,134,” ujar Puti.

“Betul! Nah, itu dia cara pertama menentukan nilai 10 kali dan  1-Aug-25-2022-05-24-20-09-AM dari suatu bilangan dengan menggunakan tabel nilai tempat!”

“Eh, tadi katamu ada beberapa cara untuk menentukan hasil perkaliannya, ya? Emang cara lainnya gimana?”

“Cara lainnya adalah dengan menggeser komanya! Kalau kamu perhatiin hasil perkalian tadi, ternyata hasilnya juga bisa didapat hanya dengan menggeser koma sesuai banyak angka 0 pada bilangan pengalinya, seperti ini!” jelas Lulu.

Menentukan Nilai 10 kali dari Suatu Bilangan

 

“Wah, gitu ya! Yeay, berarti kita sudah belajar semua cara menentukan nilai 10 kali dan  1-Aug-25-2022-05-24-20-09-AM  dari suatu bilangan dengan menggunakan tabel nilai tempat dan menggeser komanya!” seru Puti.

“Iya! Eh, aku udah selesai satu rangkaian manik-manik, tapi tolong taliin, dong! Gak bisa-bisa, nih!” kata Lulu menjulurkan rangkaian manik-maniknya ke Puti.

“Oke!”

Puti mengikat rangkaian manik-manik milik Lulu dengan serius. Mereka kemudian melanjutkan kegiatan mereka. 

Gimana, seru kan belajar bareng Lulu dan Puti? Kalau mau belajar lebih banyak lagi, yuk download aplikasi Ruangguru! Belajar jadi semakin asyik dengan banyak cerita menarik!

New call-to-action

Materi oleh: Hana Wibawanty Baihaki

Disunting oleh: Agung Aksara Putra

Profile

Erin Dharma Damayanti

Hai, Erin di sini! Selain senang jalan-jalan dan membaca komik, aku juga senang menulis. Baca tulisanku yang lain ya!