Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak Sejak Dini, Bagaimana Caranya?

Program English Academy Dasher

Kemampuan berbahasa Inggris menjadi penting di era globalisasi saat ini. Lalu, apa saja manfaat dan bagaimana membangun fondasi awal yang baik dalam mengajarkannya pada anak? Simak ulasan berikut!

Tahukah Anda, menguasai bahasa Inggris itu penting. Era globalisasi mengajarkan kita untuk bersaing dalam berbagai bidang, sebagai salah satu bentuk kontribusi kepada negara. Bahasa internasional ini akan mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan orang asing serta mencapai kesuksesan.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, perlu mengajarkan bahasa Inggris pada anak sejak dini. Sebab, anak cenderung lebih mudah mencerna dan belajar dengan cepat. Selain itu, mengajarkan bahasa Inggris pada sang buah hati sedari kecil, juga memiliki alasan penting lainnya, lho. Mari kita simak ulasan berikut!

 

Masa Golden Age (Usia Keemasan) Anak  

masa golden age anak

Golden age adalah masa optimal anak untuk tumbuh dan berkembang. (Sumber: ruangmom.com)

 

Golden age atau usia keemasan anak merupakan tahapan pertumbuhan dan perkembangan yang paling penting. Dilansir dari beberapa sumber, golden age terjadi saat anak berusia 0-5 tahun. 

Masa golden age merupakan masa yang optimal untuk menanamkan karakter serta mengajarkan anak berbagai kemampuan, termasuk salah satunya kemampuan berbahasa Inggris. Alasannya, pada masa ini, otak dan fisik anak sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jadi, mereka dapat lebih mudah menyerap apapun. 

 

Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak

Para ilmuwan mengatakan bahwa seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu, punya daya ingat yang lebih kuat. Hal ini tentu mempengaruhi kemampuan belajarnya. Mereka yang mampu menguasai bahasa Inggris dapat digolongkan sebagai anak yang cerdas. Kepercayaan dirinya pun akan tumbuh dengan baik. Anak yang percaya diri akan lebih maju dan lebih mudah mencari teman. 

 

Anak Berpeluang untuk Melanjutkan Pendidikan/Berkarier di Luar Negeri

Mengajarkan anak berbahasa Inggris sejak dini, kurang lebih sama dengan mengantarkan mereka meraih berbagai kesempatan, seperti melanjutkan studi di luar negeri, bersaing memperoleh pekerjaan terbaik di berbagai negara, dan juga kesuksesan dalam bidang bisnis internasional. Manfaat yang luar biasa, bukan?

pentingnya bahasa inggris untuk anak

Memiliki kemampuan bahasa Inggris meningkatkan peluang anak untuk memperoleh pendidikan di luar negeri. (Sumber: Oakhalli.com)

 

Di samping menempatkan anak di sekolah internasional, peran Anda di rumah juga sangat penting untuk mendukung mereka agar lancar berbahasa Inggris, lho! Ada beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan dalam mendukung belajar bahasa Inggris anak di rumah:

 

1. Ajak anak melakukan percakapan bahasa Inggris sederhana 

Pada usia 2-3 tahun, anak mampu mempelajari pola kalimat yang ia dengar dan sangat mudah menangkap kosa kata. Nah, sebagai orang tua, Anda dapat mulai membiasakan mengajaknya berbicara dalam bahasa Inggris. Misalnya, memberikan sapaan, seperti good morning, what do you feel?, atau give me five!. 

Contoh lain yang dapat digunakan adalah dengan mengenalkan si kecil dengan benda-benda yang ada di dalam rumah menggunakan bahasa Inggris. Pembelajaran ini bisa diberikan sambil menemani anak bermain, seperti memberikan tebak-tebakan, menyapa ketika bertemu, dan banyak cara pembelajaran lain yang dapat diberikan dan dikemas secara menyenangkan. Jadi, tidak akan membebani belajar anak, bukan?

Selain itu, anak yang berusia di bawah 6 tahun sangat mudah untuk meniru. Anda dapat memanfaatkan masa-masa ini dengan mengajari mereka aksen bahasa Inggris.

 

2. Pilihlah lagu, film, dan cerita anak dalam bahasa Inggris 

Seperti yang kita ketahui, salah satu proses belajar bahasa Inggris pada anak yang akurat adalah dengan mendengar, melihat, dan membaca. Nah, memperdengarkan dan memperlihatkan lagu, film, dan cerita anak dalam bahasa Inggris akan menambah kosa kata anak dengan lebih cepat, sekaligus membiasakan mereka menggunakan tatanan bahasa yang tepat. Si kecil juga jauh lebih enjoy dan paham ketika belajar bahasa Inggris lewat film ataupun lagu.

belajar bahasa inggris lewat lagu-1

Salah satu cara mengajarkan anak bahasa Inggris yang menyenangkan adalah lewat lagu. (Sumber: eductall.com)

Baca juga: Tips Jitu Mengajarkan Dua Bahasa pada Anak

 

3. Berlatih mengenal warna, menghitung angka, dan membaca abjad dalam bahasa Inggris  

Metode pembelajaran lain yang cukup mudah dan membantu menambah wawasan anak dalam berbahasa Inggris adalah dengan mengenalkan mereka pada warna, angka, dan abjad dalam bahasa Inggris. Anda bisa menyiapkan mainan kartu dengan gambar huruf, angka, atau kartu polos berbagai warna, lalu ajak si kecil bermain tebak tebakkan dalam bahasa Inggris. Dengan begitu, vocabullary anak akan bertambah, dan kemampuan berbicara anak dalam bahasa Inggris dapat berkembang dengan baik. 

 

4. Mendaftarkan kursus online Bahasa Inggris

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendukung sang buah hati agar fasih berbahasa Inggris adalah mendaftarkan mereka untuk mengikuti program kursus Bahasa Inggris. Saat ini, banyak sekali platform penyedia kursus Bahasa Inggris offline maupun online yang ditujukan untuk berbagai jenjang, salah satunya English Academy by Ruangguru.

English Academy adalah kursus Bahasa Inggris online interaktif dengan kurikulum Cambridge, serta tutor dari luar maupun dalam negeri yang sudah bersertifikat internasional. Baru-baru ini, English Academy meluncurkan jenjang baru, yaitu program Dasher untuk anak usia 3-6 tahun, lho!

Melalui program Dasher, si kecil dapat belajar sambil bermain menggunakan games, lagu, cerita, dan dance, ditemani karakter lucu Pippa dan Pop. Tentunya, ini dapat membangun rasa penasaran anak dalam belajar. Selain materi yang lengkap, anak juga akan dibekali praktik yang mendukung perkembangan soft skill bahasa Inggris sehari-hari, seperti speaking, grammar, dan lain sebagainya.

EA - Dasher - Infografik-01

 

Nah, meskipun sistem belajarnya online, tapi terdapat Student Assistant yang selalu mendampingin dan membantu kebutuhan si kecil. Anak Anda juga bisa tanya jawab langsung dengan native dan lokal teacher sekaligus di setiap sesi. Untuk memantau perkembangan anak, terdapat parents-teachers meeting secara berkala. Jadi, Anda nggak perlu khawatir dengan perkembangan belajar sang buah hati. Menarik bukan, mom/dad?

Oke, itulah informasi mengenai pentingnya mengajarkan bahasa Inggris pada anak sejak dini, serta cara yang bisa orang tua lakukan untuk mendukung anak pandai berbahasa Inggris. Namun, perlu diingat, sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita juga jangan sampai meninggalkan bahasa Indonesia, ya! Jangan sampai anak-anak kita lancar belajar bahasa Inggris, tetapi kesulitan menggunakan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia adalah pemersatu bangsa. Jadi, tetap harus diseimbangkan. Yuk, daftarkan si kecil di English Academy Dasher sekarang juga. Klik banner di bawah untuk informasi lebih lanjut.

IDN CTA Blog English Academy Dasher 2022

Sumber Referensi:

Golden Age pada Anak dan Tahapan Pentingnya [Daring]. Tautan: https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/golden-age-pada-anak-dan-tahapan-pentingnya (Diakses pada 14 April 2022)

10 Keuntungan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Sejak Dini [Daring]. Tautan: http://lesinggrisku.blogspot.com/2018/11/mom-inilah-10-keuntungan-belajar-bahasa.html#:~:text=Anak%20%2D%20anak%20Lebih%20mudah%20untuk%20menangkap%20Bahasa%20baru&text=Dan%20dalam%20umur%20ini%20perkembangan,sangat%20mudah%20menangkap%20kosa%20kata. (Diakses pada 14 April 2022)

Sumber Gambar:

Gambar ‘Anak Menari’ [Daring]. Tautan: https://www.educatall.com/page/950/Dance-and-movement.html (Diakses pada 14 April 2022)

Gambar ‘Anak Memakai Toga’ [Daring]. Tautan: https://oakhalli.com/how-to-hold-an-at-home-kindergarten-graduation-for-your-child/ (Diakses pada 14 April 2022)

Gambar ‘Anak Menggambar’ [Daring]. Tautan: https://www.ruangmom.com/golden-age.html (Diakses pada 14 April 2022)

Ruangguru